Di tes Jerez kemarin, banyak tim tim memanfaatkan sesi tes resmi di sirkuit Jerez untuk menguji komponen komponen baru, terutama aero. Karena seperti yang kita tahu sirkuit Jerez dikenal memiliki tikungan tikungan yang mendukung untuk dilakukan uji coba aero dan komponen lainnya.
Lalu apa saja komponen komponen baru yang dipakai pabrikan pabrikan MotoGP ? Simak ulasannya
- Yamaha
Yamaha telah banyak memperbarui aero mereka dan banyak yang sangat mirip dengan apa yang telah digunakan oleh pabrikan lain. Ada juga sasis yang diperbarui.
Hal pertama yang berubah dari YZR-M1 adalah sayap depan mereka. Sayap ini sebenarnya mengikuti pola yang sangat mirip dengan apa yang telah ada sebelumnya, namun kini memiliki tiga elemen, bukannya dua.
Fairing depan juga jauh lebih ramping dibandingkan dengan yang Yamaha gunakan saat ini.
Bisa dilihat perbandingannya dengan fairing depan yang saat ini digunakan di sini.
Kemudian untuk sayap depannya bila dilihat dari samping, seperti inilah sayap depan tiga elemen yang diuji di tes Jerez.
Sangat berbeda dengan sayap 2 elemen Yamaha sebelumnya.
Bagian dari aero mereka yang benar-benar menarik adalah fairing samping. Ini sangat mirip dengan apa yang digunakan KTM. Yamaha telah memasukkan saluran yang membentang sepanjang fairing samping di belakang sidepod.
Fairing samping itu sendiri juga condong keluar, yang berarti bahwa ketika merebah di tengah tikungan, permukaan fairing samping harus sejajar satu sama lain dan dengan demikian menghasilkan ground efek guna menarik motor ke aspal, yang mana ini akan membebani ban, menghasilkan cengkeraman, dan pada akhirnya membantu motor menikung. Itu teorinya.
Sama seperti KTM, dan sekarang juga Ducati, mereka juga memasangkan fairing samping dengan downwash duct.
Bila dilihat dari sisi lain, terlihat bagaimana fairing samping meluncur keluar dari motor, semakin jauh ke atas fairing samping motor.
Dan bila dilihat dari depan, dapat secara jelas terlihat bagaimana sidepod bertindak sebagai saluran masuk udara yang diteruskan ke saluran di belakangnya.
Ada juga pembaruan sasis. Tampaknya Yamaha telah mengupdate bagian headstock dari sasis mereka.
Ini adalah foto dari Portimao di awal musim ini. dan Tampaknya las lasannya sudah berpindah
- Aprillia
Di Aprilia, Aleix Espargaro memiliki salah satu update yang diuji coba oleh Luca Savadori di tes Jerez kemarin. Kami yakin itu adalah update pada ride-height device dan pipa hidrolik untuk perangkat tersebut. Kalian bisa melihat tuas kecil yang berada di atas handlebar di sebelah grip adalah tuas baru, dan ada juga bentuk yang sedikit lebih bulat di bagian atas fairing samping.
Pada motor sebelumnya, bentuk bulatan itu tidak ada dan begitu pula dengan tuas tekan kecil di samping grip.
Selain itu Aprilia telah memulai debutnya dengan tail unit baru. Ini adalah perpaduan antara tail unit 2023 dan tail unit 2024.
Motor ini memiliki diffuser bagian bawah tetapi tidak memiliki bidang datar yang sedikit mengepak di sisi atas, melainkan memiliki permukaan bulat seperti tail unit 2023 yang akan memberikan lebih sedikit downforce.
Kemudian Kita bisa melihat Maverick Viñales dan Miguel Oliveira kembali menggunakan tail unit 2023 untuk tahun ini. Namun tampaknya Aprilia masih berpikir bahwa ada beberapa keuntungan yang bisa diambil dari diffuser di bawahnya, jadi mereka membuat versi kedua tail unit ini
Di sini kalian bisa melihat perbedaannya dengan versi pertama. Permukaan atas memiliki tepi yang agak mengepak, yang ditujukan untuk menciptakan downforce dari sisi atas
Di tim Trackhouse, seperti yang dikatakan oleh bos tim Davide Brivio menjelang akhir pekan, Raul Fernandez melakukan tes pertamanya dengan RS-GP 2024. Menariknya, motor ini tidak memiliki diffuser jok belakang seperti yang digunakan Aleix, melainkan menggunakan tail unit versi 2023 seperti yang digunakan Maverick Viñales dan Miguel Oliveira
- Honda
Berbicara tentang aero belakang, Luca Marini telah memilih untuk kembali ke versi awal sayap belakang saat tes pramusim . Ia memilih kembali ke downforce yang lebih rendah.
Namun, ia tetap mempertahankan aero depan yang lebih besar. Tampaknya Luca telah menemukan keseimbangan yang sedikit berbeda dengan motor Honda yang mungkin bekerja sedikit lebih baik untuknya.
Berbicara tentang aero depan. Update aero Honda pada motor barunya memiliki sayap depan yang sangat kecil. Kalian bisa melihatnya di sini pada motor terbaru Taka Nakagami.
bila Dibandingkan dengan aero saat ini, elemen bawah sayap baru jauh lebih kecil.
- KTM
Di KTM, ada update kecil pada tuas tekan ride-height device pada motor Miller.
Rekan satu tim Miller juga menggunakan setup suspensi yang sedikit berbeda. Motor Jack Miller di sini memiliki garpu WP normal, tetapi Binder menggunakan spesifikasi yang berbeda.
Binder di sini menggunakan tambahan kecil di atas. Dia menyebutkan akhir pekan ini bahwa mereka mengubah sesuatu dengan garpu depan dan tiba-tiba Binder memiliki feeling bagian depan yang dia sukai kembali
- Ducati
Di kubu Ducati, Franco Morbidelli sangat gembira di tes Jerez kemarin. Ia akhirnya menjalani hari tes pertamanya dengan Ducati setelah melewatkan semua tes pramusim. Di tes Jerez kemarin ia mengerjakan beberapa hal mendasar, salah satunya adalah cover tangki ergonomis yang berbeda untuk menemukan posisi yang membuatnya nyaman. Cover tangki ini memiliki ‘bibir’ yang sedikit lebih tinggi agar Franco dapat mengaitkan kakinya di bawah saat menikung
Dapat dilihat pada cover tangki ini, bahwa bentuknya sangat berbeda. Mereka juga menambahkan beberapa busa untuk cengkeraman ekstra.
Franky Morbidelli dengan cepat memutuskan bahwa ia lebih menyukai setup tangki bahan bakar yang ergonomis ini dan dengan cepat memasangnya pada kedua motornya. Ini sangat berbeda dengan setup rekan setimnya Jorge Martin
Jorge Martin menggunakan versi ini