Daya tarik sebenarnya dari tes Jerez kemarin adalah soal motor masing-masing tim, di mana banyak komponen baru yang dicoba pada tes usai gelaran MotoGP Spanyol 2023 ini.
- Honda
Satu hal yang paling ditunggu di tes Jerez kemarin adalah kehadiran sasis baru Honda buatan Kalex.
Penampakan pertama dari sasis baru Kalex yang diorder Honda bisa dilihat disini. Bila dilihat dari luar bentuknya cukup mirip dengan sasis yang biasa kita lihat dari Honda sejauh ini, namun tetap ada ciri khas tersendiri dari Kalex.
Pada bagian atas sasisnya hampir memanjang lurus, mirip dengan sasis Honda.


Namun pada bagian sekitar headstocknya ada perbedaan besar. Pada bagian dekat air intakenya sangat berbeda. Pada sasis Kalex potongan framenya lebih ke belakang. Sangat berbeda dengan sasis Honda selama ini.
Di tes Jerez kemarin Honda juga menguji aero baru. Kali ini Joan Mir menguji aero baru yang telah dipakai Stefan Bradl pekan balap lalu. Aero ini punya bagian tersendiri yang terletak di atas downwash duct.
Selain itu ada juga inovasi di bagian swingarm. Swingarm winglet ini mungkin menjadi ide asli pertama yang Honda ciptakan dalam beberapa musim terakhir. Hingga saat ini kita sering melihat Honda mengcopy ide desain aero dari pabrikan lain, tapi sekarang Honda mengeluarkan inovasi baru di area swingarm.
Sangat positif melihat Honda datang dengan membawa komponen yang pabrikan lain bahkan belum pernah membuatnya, dan menunjukan bahwa sekarang Honda mulai serius dalam perang aero di MotoGP.
Komponen swingarm winglet ini sangat menarik karena punya area di atasnya yang menukik ke atas untuk membuang udara ke atas. Namun yang lebih menariknya lagi adalah ada semacam pintu lubang kecil yang akan semakin membesar ke belakang, yang mana ini semacam buangan angin agar lebih cepat keluar, ini hamper mirip seperti gaya aero diffuser.
Kemungkinan besar fungsi dari swingarm winglet ini adalah untuk menciptakan area udara bertekanan rendah agar bisa lebih menarik ban belakang ke aspal dan membantu meningkatkan grip ketika menikung.
Karena seperti yang kita tahu, grip ban belakang dan kemampuan menikung sudah lama menjadi titik lemah Honda, jadi semoga saja swingarm winglet ini bisa meningkatkan performa Honda.
Ketika ditanya mengenai swingarm winglet ini, Joan Mir memberikan tanggapan positif atas efek yang dihasilkan dari swingarm winglet ini, meskipun Mir tidak secara spesifik menyebutkan bagaimana perangkat ini membantunya. Namun sebelumnya Mir menyebutkan bahwa Honda punya kelemahan dalam menikung dan lemahnya grip ban belakang. Jadi kemungkinan besar kelemahan Honda ini paling tidak sedikit teratasi.


Kemudian Honda juga mengupdate downwash ductnya. Honda sekarang memiliki pintu masuk downwash duct yang lebih besar dan desain yang lebih tertutup, sangat berbeda dari versi sebelumnya yang punya lubang besar di sisinya.
Bentuk ini sangat mirip seperti versi downwash duct milik Ducati. Kemungkinan besar Honda sedang mengejar efek yang lebih besar dari komponen ini. Karena seperti yang kita tahu, downwash duct ini untuk meningkatkan ground effect, yang mana membantu menarik motor ke bawah pada saat menikung, yang akan berdampak pada meningkatnya grip dan meningkatkan kemampuan menikung.
- Yamaha
Sementara itu di kubu Yamaha juga tak ketinggalan untuk menguji aero baru. Kali ini sayap depannya hanya memanjang dari fairing depan dan tidak menyambung ke bagian sayap bawah. Bentuk sayap seperti ini mirip seperti yang dipakai Aprilia dan Honda. Yamaha juga mengupdate sayap sidepodnya dan tampaknya sayap sidepod ini terlihat lebih besar.
Di tes Jerez kemarin juga terlihat Yamaha sempat menguji aero baru ini tanpa sayap sidepod, mungkin saja penggabungan sayap depan baru dan sayap side pod yang lebih besar memberikan efek hambatan angin yang terlalu besar, yang menyebabkan topspeed menurun.
Kemudian Yamaha juga menguji knalpot baru di tes Jerez kemarin, yang sebenarnya juga sudah dipakai sepanjang pecan balap GP Spanyol lalu. Franco Morbidelli sempat mencobanya di Practice 1, namun tidak mengujinya lagi sampai hari senen kemarin ketika Quartararo mengujinya.
Setelah menguji knalpot baru ini, kedua pembalap Yamaha tampak tidak antusias terhadap knalpot ini. Quartararo bahkan menilai knalpot ini tidak ada perbedaan dengan knalpot sebelumnya, dan tidak akan menggunakannya lagi. Morbidelli juga sependapat bahwa dia juga tidak akan menggunakannya lagi. Namun memang knalpot ini menurut Morbidelli memberikan sedikit perbedaan pada power motor, namun dari penilaiannya hal itu bukanlah yang mereka cari.
- KTM
Sementara itu, di kubu KTM menguji elemen yang sangat menarik dari aero baru mereka. Binder terlihat menggunakan aero baru yang Dani Pedrosa gunakan sepanjang pekan balap Jerez kemarin. Namun, ada update lain dan update ini berupa elemen yang memanjang sampai ke bawah. Sidepod baru KTM ini sekarang tidak lagi menempel di fairing seperti biasanya, tapi sekarang memanjang sampai ke bawah.
Tujuan dari sidepod baru ini adalah ketika motor sedang menikung sangat rebah, sidepod ini akan berfungsi layaknya sayap yang bisa menekan motor ke bawah, dan juga untuk tetap mengalirkan udara ke samping motor yang terhubung ke fairing samping.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari sudut ini, bagaimana sidepod ini memanjang ke bawah dan menempel di bagian bawah air scoop tengah.
sebelumnya KTM sudah membawa update sayap belakang di GP Spanyol kemarin saat Dani Pedrosa menggunakannya sepanjang pekan balap. Pada tes hari senin kemarin, para pembalap KTM & GASGAS bisa mencobanya.



Bisa dilihat disini sayap belakang baru bentuknya lebih kotak, sedangkan versi lamanya lebih berbentuk segitiga. Salah satu perubahan terbesarnya adalah sudut kemiringan sayap atasnya yang berubah lebih tajam, dan pada versi barunya juga ada sedikit tonjolan kecil pada ujung sayapnya.
Sementara itu Pabrikan Eropa khususnya Ducati dan Aprilia tak banyak mencoba komponen aerodinamika mereka. Mereka lebih berkonsentrasi menyelesaikan beberapa masalah di area lain, khususnya Aprilia yang penampilannya masih belum begitu menggigit di beberapa seri awal MotoGP 2023.
Ducati hanya menguji semacam air inlet kecil di bawah motor Johann Zarco. Mungkin saja komponen ini untuk menyalurkan udara masuk guna mendinginkan ride height device agar tidak overheat.