Seperti yang kita tau, Rossi mengawali karirnya di kelas 500cc pada tahun 2000 dengan motor honda NSR500 nya. Saat itu Rossi menjadi pembalap pendatang baru dan berusaha untuk membuktikan kemampuannya bersaing dan memperebutkan gelar juara dunia GP500. Nama MotoGP itu baru digunakan tahun 2002 atau ketika ada perubahan regulasi pemakaian mesin dari 500cc 2tak menjadi 990cc 4tak.
Meskipun di akhir klasemen musim 2000 Rossi menempati posisi ke 2 dan belum mampu mendapatkan titel juara dunia, namun prestasinya sangat luar biasa mengingat ia baru naik kelas dikelas 500cc dimana motor 500cc dikenal sangat susah dikendalikan dan memiliki power yang liar.
Di musim debutnya, Valentino Rossi meraih 10 kali podium dari 13 seri balap yang diadakan dimana 2 di antaranya adalah kemenangan yang diraih Rossi. Itu terjadi pada sirkuit Donington Park inggris dan Rio de Janeiro Brazil. Total Rossi mengumpulkan 209 poin,atau selisih 49 angka dari juara dunia waktu itu, Kenny Robert Jr dari tim Suzuki.
Di tahun berikutnya atau tahun 2001 barulah Rossi akhirnya bisa meraih gelar juara dunia pertamanya di kelas para raja. Sejak saat itulah namanya semakin terkenal di seantero dunia karena Rossi berhasil juara dunia dengan motor team satelit.
Lalu Apakah benar Honda NSR500 Rossi Itu merupakan Motor Team Satelit?
Padahal kalau kita lihat di berbagai berita, ada yang mengatakan kalau belum pernah ada team satelit yang bisa juara dunia MotoGP atau pada saat itu GP500. Disini Ada informasi yang membuat kita bingung, tapi akan jelas bila di runut dari awal kedatangan Valentino Rossi di kelas GP500.
Pada Tahun 2000 Honda sudah punya team Pabrikan bernama Repsol Honda Team. Mereka terkesan dengan prestasi Valentino Rossi muda di kelas 125cc dan 250cc dan ingin memasukannya ke tim pabrikan honda di kelas GP500. Namun tim Pabrikan Honda sudah punya 3 pembalap saat itu yakni : Tadayuki Okada, Sete Gibernau dan Alex Criville. Jadi tempat untuk Rossi di tim ini sudah penuh sehingga tak memungkinkan bagi Rossi untuk menjadi pembalap Repsol Honda, karena team itu sudah memiliki kontrak dengan 3 pembalap tadi.
Nah, akhirnya dibentuklah team khusus yang dinamai Nastro Azzurro Honda. Popularitas Rossi nampaknya menjadi alasan utama kenapa Honda begitu membutuhkan Rossi. Karena kepopulerannya itu, Rossi bisa mendatangkan banyak sponsor dan Honda akan punya keuntungan lebih jika Rossi bergabung dengan mereka.Maka Kemudian di buatlah opsi lain,yaitu dengan menempatkan Valentino Rossi di tim Nastro Azzurro Honda.
Secara aturan yang berlaku, hanya diperbolehkan ada 1 team pabrikan. Maka Nastro Azzurro bisa di sebut sebagai team satelit. Tapi secara teknis motor yang disediakan untuk Rossi, tidak bisa di sebut motor untuk tim satelit..Kenapa? Karena Honda memberikan Valentino Rossi motor Honda NSR500 dengan spesifikasi sama dengan motor Tim Pabrikan. Dilengkapi dengan peralatan pendukung terbaik, dan di support penuh oleh Honda, Rossi juga mendapat mekanik khusus Tim Pabrikan yang bernama Jeremy Burgess. Dia adalah orang penting yang membawa Mick Doohan juara dunia 5 kali berturut-turut bersama Honda selama musim 1994 sampai 1998.
Di kelas GP500, semua tim memakai spesifikasi motor Prototype yang sama sehingga kemampuan motor tidak terlalu jauh berbeda. Tapi tetap saja motor team Pabrikan punya tenaga yang lebih besar karena dukungan peralatan yang lebih canggih ketimbang tim satelit.
Kalau begitu, Apakah Valentino Rossi bisa juara dunia tahun 2001 dengan motor Pabrikan?
Tidak bisa di sebut dengan motor Pabrikan juga. Kalau timnya jelas team satelit, tapi spesifikasi motornya itu setara dengan motor team Pabrikan. Entah apa istilah yang tepat untuk menyebut ini. Kalau di era MotoGP sekarang ada sebutan team Satellite Factory Support. Itu adalah motor Tim Satelit yang sama dengan Tim Pabrikan, namun hanya untuk mesin dan sasisnya saja. Sementara suspensi,rem dan settingannya berbeda. Jadi kemampuannya tetap masih dibawah tim pabrikan. Tapi motor Honda NSR500 yang ditunggangi Rossi itu berbeda. Spesifikasi Motornya sama persis dengan motor Pabrikan, sehingga performanya sama dengan motor Pabrikan, hanya saja itu ada di Tim Satelit.
Honda NSR500 Valentino Rossi menjadi motor dari team Satelit terbaik di dunia karena sampai saat ini belum ada motor Tim Satelit yang punya kemampuan seperti itu, dan mendapat support penuh dari pabrikan. Bisa dibilang motor NSR500 dan tim Nastro Azzurro ini khusus di rancang untuk Valentino Rossi.
Kalau saja masih ada tempat kosong di kubu Repsol Honda Team, pasti ditahun 2000 ketika Valentino Rossi naik kelas di GP500 ia langsung menjadi pembalap di tim itu. Terbukti 2 tahun kemudian Rossi benar-benar ada di Repsol Honda. Itu karena kontrak dengan pembalap Pabrikan Repsol Honda lainnya sudah habis, jadi Rossi bisa menggantikan tempat pembalap itu di tim utama Honda.
Honda NSR500,tim Nastro Azzurro dan Jeremy Burgess sebagai mekanik adalah paket khusus untuk Valentino Rossi agar bisa merasakan kondisi sebagai pembalap Pabrikan, meskipun statusnya ada di Tim Satelit.