Di MotoGP Jepang kemarin ada banyak komponen baru yang bisa disoroti.
Yang paling utama adalah KTM menggunakan sasis serat karbon baru sepenuhnya yang membuat Brad Binder berhasil memecahkan rekor lap yang dicetak Jorge Lorenzo di 2015 lalu.
Namun di kesempatan lain, Honda juga menggunakan sasis yang berbeda, atau setidaknya salah satu pembalapnya menggunakan sasis yang berbeda. Tetapi mereka juga membawa beberapa hal dari motor 2024 yang mereka uji coba di Misano ke motor 2023 di Motegi
Baik Brad Binder dan Jack Miller masing-masing memiliki satu sasis serat karbon baru KTM di MotoGP Jepang kemarin.
Kedua pembalap berkomentar bahwa sasis tersebut mengatasi titik lemah terbesar KTM, yaitu grip belakang. Binder menjelaskan bahwa hal tersebut membantu mengurangi spining berlebih pada ban belakang motor saat keluar dari tikungan, yang mana ini adalah sesuatu yang sudah lama ia cari.
Joan Mir menggunakan satu motor yang dilengkapi dengan komponen motor 2024 yang diluncurkan di Tes Misano beberapa minggu lalu. Salah satu motornya yang ada di dalam garasinya memiliki sasis 2024 yang baru dan jauh berbeda, serta knalpot dan tail unit yang berbeda.
Joan Mir tampaknya melakukan sebagian besar percobaannya dengan motor 2023 dan bahkan sempat terjatuh dengan motor 2024 saat dia mengendarainya di FP1 .
Hal yang menarik adalah Honda membawa satu komponen khusus dari motor 2024 ke motor 2023.
Bagian yang dimaksud adalah spacer perak yang berada di bawah triple clamp bagian atas. Pada motor 2024, spacer ini jauh lebih besar daripada yang ada di motor 2023. Oleh karena itu, triple clamp bagian atas berada jauh lebih tinggi di atas fork .
Simon Crafar menyebutkan bahwa mungkin dengan posisi triple clamp yang lebih tinggi, hal ini akan mengubah bagaimana flexibilitas garpu depan di mana garpu tersebut menempel pada sasis motor sehingga mengubah feeling dari bagian depan motor.
Hal lain yang mungkin berubah adalah bahwa hal itu memungkinkan mekanik untuk memposisikan setang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan posisi setang pada motor 2023, sehingga memungkinkan mekanik untuk mengatur posisi yang lebih ergonomis pada motor untuk membantu para pembalap Honda.
Berikut adalah foto kokpit normal motor 2023 sehingga kalian bisa melihat betapa kecilnya jarak di bawah triple clamp di sini.
Marc Marquez sudah mencoba satu motor dengan spacer normal yang lebih pendek dan satu motor dengan spacer 2024 yang lebih tinggi. Kemudian, dilanjut dengan menggunakan spacer 2024 yang lebih tinggi pada kedua motornya, jadi tampaknya perubahan apa pun yang terjadi pada feeling motornya akan berdampak positif.
Terakhir, inilah foto keren dari bagian bawah roda depan Pecco Bagnaia. Selain penambahan aero terbaru pada roda depan, kalian bisa melihat bahwa Pecco menggunakan cakram berukuran 355 milimeter. Motegi adalah salah satu sirkuit yang paling sulit dalam kalender untuk komponen pengereman. Sebagian besar pembalap memilih untuk menggunakan cakram sebesar mungkin di sirkuit ini untuk memberikan daya pengereman yang mereka butuhkan dan untuk mencegah rem menjadi terlalu panas.