Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Tugas Penting Para Mekanik dan Teknisi Tim MotoGP

Dika Cielers by Dika Cielers
6 November 2020
in Inside GP, MotoGP, Story
Reading Time: 3 mins read
349 4
0
1.1k
SHARES
5.9k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Selama minggu MotoGP kita bisa mengamati setiap aksi-aksi para pembalap, tapi apa yang sedang para mekanik dan teknisi kerjakan di garasinya tidak banyak terlihat. Padahal Yang sebenarnya terjadi adalah seluruh anggota tim bekerja tanpa henti di garasi dari waktu pertama mereka datang pada hari rabu hingga balapan MotoGP berakhir di hari minggu.

Kalian mungkin sudah sering melihat para teknisi dari tim tim para pembalap MotoGP yang sedang bekerja keras di garasi mereka sedang melakukan sesuatu yang dengan mudah kalian lihat seperti; mengganti ban, mengisi tangki bahan bakar, mempersiapkan motor sebelum balapan, dll. Namun sebenarnya ada banyak pekerjaan yang terjadi dibelakang layar yang mungkin kalian tidak menyadarinya,

Lalu hal apa saja yang dilakukan para mekanik dan teknisi MotoGP ?

  • Yang pertama adalah membongkar pasang komponen komponen motor MotoGP

Ketika sebuah motor MotoGP sampai di Granprix, penyesuaian tertentu pasti sangatlah penting. Setelah mempersiapkan garasi tim, para teknisi tim MotoGP mulai mempersiapkan dan bekerja pada setingan motor. Ini tidak hanya sekali terjadi, ini terjadi selama Grand Prix berlangsung dan tergantung pada bagaimana situasi yang sedang terjadi, beberapa bagian mungkin harus diganti karena mengalami keausan dan diganti dengan bagian-bagian lain yang pas dengan situasi yang sedang terjadi.

Tim-tim MotoGP memiliki suku cadang lengkap di garasi motornya, dimana mereka dapat menyimpan suku cadang dan memeriksa komponen komponen motor itu untuk memastikan bahwa komponen ini dalam kondisi yang baik. Setiap saat komponen motor ini butuh untuk diganti, oleh karena itu seorang teknisi ditugaskan untuk mengambil bagian itu di garasi, dimana komponen itu akan dipasang ke motor.

Ketika pembalap terjatuh dan motor rusak parah, para mekanik dapat membangun ulang sebuah motor utuh kurang dari 2 jam. Ini memungkinkan berkat disain ergonomi dari mesin MotoGP, yang berarti mayoritas dari komponen komponen motor yang harus dibongkar, diganti, ataupun disetting dapat diakses dengan mudah. Faktor lainnya yang membuat pekerjaan ini lebih mudah adalah beberapa bagian yang dibawa itu sudah dirakit sebelumnya, contohnya seperti mesin.

  • Kemudian yang kedua, pemeliharaan motor

Untuk Memastikan motor bekerja secara maksimal tentunya membutuhkan perhatian penuh.  Biasanya karena komponen-komponen motor MotoGP didesain untuk performa yang baik tetapi tidak bertahan lama. Salah satu mekanik tim bertanggung jawab untuk membawa velg motor ke stand Michelin, dimana disana ban ban dipasang sehingga ban ini siap langsung digunakan. Tim juga membongkar komponen dari suspensi untuk memastikan komponen ini dalam kondisi yang baik dan bisa dengan mudah melakukan berbagai penyesuaian yang dibutuhkan pembalap.

Motor motor  yang kita saksikan di TV selalu mengkilat karena tim memiliki tempat pencucuian di belakang garasi motor mereka yang berfungsi untuk membersihkan komponen komponen motor itu.

Di samping itu, ada juga beberapa pemeliharaan rutin seperti penggantian oli, mengisi bahan bakar, mengganti rantai dan sproket, cakram rem, atau ban, dan memasang penghangat ban, yang itu semua merupakan pekerjaan sehari-hari di garasi motor.

  • Berikutnya pengaturan Elektronik dari motor MotoGP

Di setiap akhir rangkaian sesi balap, para mekanik tim akan memasukan data data yang diambil dari sensor-sensor motor ke computer untuk mengevaluasi performa motor. Mereka menganalisis data sebelum menyesuaikan pengaturan elektronik motor dengan memrogram sistem dengan ECU. Insinyur data lah yang melakukan proses ini, juga insinyur data ini seringkali bekerja dalam koordinasi dengan pembalap. Tujuannya adalah untuk memberikan masukan agar pembalap bisa memanfaatkan pengaturan sistem elektronik motor mereka melalui tombol-tombol yang ada pada handlebar motor.

Lalu tugas tambahan yang tak kalah pentingnya selain semua pekerjaan terkait mensetting merakit,  dan merawat motor, teknisi tim juga membantu pembalap merencanakan sebuah strategi untuk balapan. Mereka berbagi informasi dan menjaga garasi motornya dengan baik dan bersih untuk memastikan anggota tim dapat bergerak dengan nyaman seperti yang mereka kerjakan. Terakhir, kru tim pembalap adalah sumber dukungan moral pembalap, dan seperti yang kita lihat setelah balapan, mereka jugalah orang pertama yang merayakan kemenangan saat pembalap mereka meraih kemenangan.

Share446Tweet279Pin100Scan
Previous Post

Ketika Semua Podium MotoGP Di Sapu Bersih Oleh Tim Honda Repsol

Next Post

Saat Kondisi Hujan, Settingan Motor MotoGP Apa yang Harus Diganti ?

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Next Post

Saat Kondisi Hujan, Settingan Motor MotoGP Apa yang Harus Diganti ?

5 Teknik Penting Dalam Mengendarai Motor MotoGP

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Analisa Perbandingan Kecepatan Mesin 2-tak Vs 4-tak Di MotoGP, Mana yang Lebih Cepat?

Analisa Perbandingan Kecepatan Mesin 2-tak Vs 4-tak Di MotoGP, Mana yang Lebih Cepat?

4 Mei 2023
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In