Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

Ini toh kerjaannya opa Gigi dkk

Yudha Stya Nugraha by Yudha Stya Nugraha
19 Mei 2023
in Analisa, News
Reading Time: 4 mins read
331 3
0
Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya
1.1k
SHARES
5.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Di balik pembalap hebat, ada tim yang kuat. Mungkin kita lebih terbiasa atau familiar melihat pembalap di lintasan daripada melihat tim yang membantu mereka dibalik layar.

Tidak dipungkiri bahwa kinerja tim menjadi salah satu faktor paling besar pada performa pembalap di lintasan.

Tanpa tim yang solid dan bekerja dengan baik, maka sudah bisa dipastikan pembalap akan kesulitan tampil baik di lintasan.

Tanpa tim yang baik, performa pembalap bisa amburadul. Sumber: Motogp.com

Setiap tim di Motogp memiliki struktur tim yang berbeda satu sama lain, namun biasanya tim akan dibagi menjadi tiga bagian.

Pertama ada Technical Division, divisi ini sesuai dengan namanya bekerja pada bagian teknikal motor dan juga management tim. Pada divisi inilah insinyur-insinyur utama tim bekerja.

Kedua ada Rider’s Division, divisi ini berisikan kepala mekanik dan kru-kru pribadi pembalap. Biasanya tersusun dari satu kepala mekanik, satu teknisi data dan tiga sampai empat mekanik.

Ketiga ada hospitality crew yang mengurusi perkara makanan, tempat menginap, komunikasi dan kebutuhan harian lainnya.

 

Technical Division

Divisi ini diisi oleh beberapa posisi penting dalam tim Motogp. Pada divisi ini, tidak hanya terdapat insinyur-insiyur utama tim namun juga terdapat jajaran direksi tim yang berhubungan langsung dengan induk merek tim tersebut.

  1. General Manager

Setiap tim memiliki general manager sebagai tanduk kepemimpinan paling atas pada operasional tim. Tugas dari general manager adalah mengatur tim supaya bekerja dengan efektif.

Beberapa general manager paling terkenal di Motogp yakni seperti Gigi Dall’gna, Lin Jarvis dan Livio Suppo.

Gigi Dall’gna. Sumber: Motogp.com

Sebagai pucuk kepemimpinan di sebuah tim biasanya general manager begitu dihormati di dalam tim.

Tugas mereka antara lain, menentukan arah pengembangan motor, menerima input dari pembalap dalam mengembangkan motor dan hal-hal teknikal lainnya.

 

  1. Sporting Director

Saat ini diketahui hanya Ducati yang memiliki posisi Sporting Director, posisi ini diisi oleh Paolo Ciabatti.

Posisi Ciabatti ini lebih kepada hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi, sponsor, kontrak pembalap dan kelengkapan selama pekan balapan.

Paolo Ciabatti bersama Pecco Bagnaia. Sumber: Motogp.com

Sporting director juga bisa dikatakan sebagai bendahara utama sebuah tim, karena mereka mengatur keuangan seperti budget hospitality sampai budget perbaikan motor. Kalau Sporting director tidak bilang iya, crew tidak bisa seenaknya memakai uang tim.

 

  1. Technical Director

Tugas dari Technical Director adalah memimpin pengembangan motor sesuai arah pengembangan yang ditetapkan oleh general manager.

Salah satu Technical Director paling terkenal di Motogp adalah Ken Kawauchi, Masao Furuzawa dan Davide Barana.

Ken Kawauchi, Technical Director Honda yang baru. Sumber: Motogp.com

Kalau kita melihat bentuk winglet baru atau perangkat baru, bentuk body yang baru, penggunaan tipe mesin yang berbeda dan efektifitas elektronik, itu adalah hasil kerja dari Technical Director.

Technical director bertanggung jawab untuk berinovasi dalam pengembangan motor supaya arah pengembangan motor yang ditentukan berhasil tercapai.

 

  1. Team Manager

Team Manager mengurusi segala yang dibutuhkan tim selama pekan balap berlangsung. Team manager bertanggung jawab memimpin garasi selama pekan balap dari awal hingga selesai.

Jadi, inti pekerjaan dari team manager adalah memastikan team bekerja tanpa kendala selama pekan balap. Adalah tugas team manager untuk mendengarkan keluh kesal pembalap dan kru.

Team Manager Ducati, Davide Tardozzi. Sumber: Motogp.com

Team manager juga bertanggung jawab pada strategi balapan yang digunakan selama pekan balapan. Saat ini team manager paling mencolok di lintasan Motogp adalah Davide Tardozzi.

 

  1. Warehouse

Warehouse coordinator mengurusi parts dan penyimpanan serta pengiriman motor dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya.

Warehouse coordinator bertanggung jawab atas penyimpanan parts motor, alat mekanik dan pengiriman motor dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya.

Divisi warehouse Ducati. Sumber: Motogp.com

Jika terdapat kesalahan di warehouse, bisa jadi team tidak memiliki part, alat atau bahkan motornya tidak akan siap pada gelaran balap yang akan dilakukan.

 

Rider’s Division

Adalah kru-kru pribadi pembalap yang membantu selama akhir pekan balap berlangsung. Kru ini yang mempersiapkan dan menyetel motor sesuai dengan input dari pembalap.

  1. Crew Chief

Pertama ada Crew Chief atau kepala mekanik pembalap. Kepala mekanik adalah pemimpin dari kru mekanik pembalap dan dia bertugas untuk membantu pembalap menemukan settingan yang pas.

Di saat yang bersamaan crew chief harus mampu memahami input pembalap secara technical dan juga secara psikologis, karena mood pembalap juga mempengaruhi cara pembalap berkomunikasi.

Valentino Rossi dan Crew Chief legendarisnya, Jeremy Burgess. Sumber: Motogp.com

Crew chief yang baik harus dapat mengerti pembalap walau sedang berada pada mood paling jeleknya.

Crew chief juga harus mampu mengatuur irama kerja para mekanik yang lain, sehingga menciptakan suasana yang nyaman.

 

  1. Data Engineer

Data engineer atau teknisi data adalah orang yang bertanggung jawab dalam mengunduh, menganalisis kemudian menerjemahkan data dari motor.

Teknisi data akan menganalisis apa yang dirasakan oleh pembalap lewat data yang mereka dapatkan, dan kemudian memberikan arahan dan saran pada bagian mana yang harus diperbaiki.

Matteo Flamigni, manta teknisi data Valentino Rossi yang sekarang ada di team VR46. Sumber: Motogp

Teknisi data ini bertanggung jawab pada setidaknya 60 sensor yang mencatat berbagai parameter yang terjadi saat pembalap melakukan putaran.

 

  1. Mechanic

Biasanya terdiri dari tiga sampai empat orang yang merupakan regu kecil untuk mempersiapkan motor pembalap.

Mekanik bertanggung jawab untuk membongkar pasang motor yang akan digunakan oleh pembalap, dan menyetel motor tersebut sesuai dengan arahan crew chief.

Mereka juga bertugas untuk membersihkan part-part motor sesudah digunakan, seperti membersihkan sisa aspal pada ban, menguras oli dan membersihkan piringan rem.

Crew Legendaris Valentino Rossi. Sumber: Motogp.com

Saat ini di Motogp, biasanya ada satu mekanik yang berspesialis dalam membongkar pasang perangkat elektronik, mengingat sekarang banyak sekali perangkat elektronik yang terpasang pada motor Motogp.

 

Hospitality Crew

Mengurusi bagian makanan, tempat menginap, PR dan juga social media tim selama akhir pekan balap.

  1. Kitchen

Terdiri dari chef dan para koki yang memasak untuk para crew tim dan pembalap selama akhir pekan.

Chef juga dibutuhin di Motogp lho!. Sumber: Okezone.com

Kitchen juga mempunyai koordinator yang memastikan menu untuk semua crew dan pembalap memiliki gizi dan kalori yang seimbang untuk kebutuhan selama pekan balap.

 

  1. Press Manager & Press Officer

Bertanggung jawab dalam merekam dan mendampingi pembalap saat melakukan wawancara atau sesi media.

Artur Vilata, Press Manager Ducati bersama Jorge Lorenzo. Sumber: Motogp.com

Tugas dari press manager dan officer dalah memastikan bahwa yang dikatakan oleh pembalap sudah “politically correct” sehingga tidak membuat tersinggung beberapa pihak terutama sponsor.

 

  1. Personal Crew/Trainer

Pembalap juga biasanya memiliki kru pribadi, bisa manager, bisa roadman dan bisa juga trainer untuk kebugaran.

Tugasnya bermacam-macam tergantung bagaimana pembalap memberikan mereka pekerjaan. Uccio Saluci misalnya, dia bertanggung jawab membantu Valentino Rossi mempersiapkan diri sebelum balapan.

Uccio Saluci, personal crew Valentino Rossi. Sumber: Motogp.com

Sebelumnya Luca Cadalora juga pernah menjadi pelatih balap Valentino Rossi pada tahun 2016-2017, bertugas untuk membantu Rossi mengambil strategi balap paling baik.

Carlo Pernat adalah contoh dari beberapa manager pribadi pembalap yang bertugas untuk membantu, negosiasi kontrak, management jadwal dan melobby tim.

 

Tags: DucatiHondaHonda RepsolJorge LorenzoMotoGPPecco BagnaiaRossiSuzukiValentino RossiYamaha
Share424Tweet265Pin95Scan
Previous Post

Mampukah Sasis Kalex BIisa Mengembalikan Kejayaan Honda ?

Next Post

Melihat Lebih Dalam Sangarnya Knalpot Motor MotoGP

Related Posts

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang
Analisa

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Next Post
Melihat Lebih Dalam Sangarnya Knalpot Motor MotoGP

Melihat Lebih Dalam Sangarnya Knalpot Motor MotoGP

Bukan Horse Power Besar, Arah Pengembangan Dovizioso Ini Bisa Membuat Yamaha Berjaya Lagi

Bukan Horse Power Besar, Arah Pengembangan Dovizioso Ini Bisa Membuat Yamaha Berjaya Lagi

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023

Sirkuit Laguna Seca dan Tikungan Corkscrew yang Legendaris

17 Februari 2020

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In