Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Story

Pentingnya dalam Melakukan Start yang Baik di MotoGP

Dika Cielers by Dika Cielers
21 April 2020
in Story
Reading Time: 3 mins read
329 3
0
1.1k
SHARES
5.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Di MotoGP, awal start yang bagus bisa mengubah jalannya balapan bagi pembalap. Start yang bagus berarti saat pembalap dapat masuk ke tikungan pertama di depan sekumpulan pembalap, dan tidak membuang buang energi untuk berjuang menyalip mereka pada lap pertama. Hal ini juga bisa mengurangi resiko terlibat kecelakaan yang bisa saja terjadi pada tikungan pertama.

Pembalap MotoGP pada setiap seri balapnya, dituntut harus bisa mengendalikan motor dengan mesin yang bertenaga lebih dari 240 horsepower, 22 liter bensin dan ban yang masih dingin saat start dimulai. Ini merupakan saat saat yang beresiko yang harus diatasi para pembalap, karena semua pembalap menginginkan mendapat posisi yang bagus pada saat memasuki tikungan pertama. Meskipun start yang bagus tidak menjamin kemenangan atau mendapat tempat podium, namun membuat kesalahan kecil saat start bisa menghancurkan kesempatan untuk meraih kemenangan.

Pembalap harus menyatu dengan motornya, dan kendali pembalap pada respon mesin harus sempurna. Beberapa prosedur harus dilakukan para pembalap untuk mendapatkan start yang bagus.

Pembalap harus melakukan latihan start selama sesi latihan bebas berlangsung, dan mekanik juga harus melakukan penyesuaian terhadap settingan motor.

kemudian pada hari minggu, dilakukan pengecekan untuk menjamin mesin motor akan bekerja dengan baik. Sebelum balapan benar benar dimulai, para pembalap menggunakan sesi ‘warm up lap’ untuk mengecek tenaga maksimal mesin, untuk memastikan mesin bekerja dengan baik, dan perangkat remnya di setting dengan benar. Ini sangat penting dalam memanaskan ban dan rem selama sesi ini.

Saat para pembalap berada di posisi masing masing di lintasan, pembalap lalu mengaktifkan ‘launch control’, sebuah sistem elektronik yang membantu motor berakselerasi dengan efisien tanpa kehilangan traksi saat melakukan start dari posisi stasioner.

Para pembalap lalu menunggu waktu yang dibutuhkan pengawas balapan untuk mengecek semua pembalap sudah berada di posisi yang benar, setelah semuanya berada di posisi yang benar, dinyalakanlah lampu. Disaat itulah para pembalap bersiap siap untuk melepaskan kopling secepat mungkin saat lampu merah padam, dan berusaha mendapatkan posisi terbaik di beberapa meter saat balapan dimulai.

Setiap pembalap tahu bahwa dalam beberapa meter ini mereka sedang bersaing untuk mendapatkan posisi yang bagus untuk melakukan tikungan pertama, jadi start yang bagus dan bisa menghindari masalah yang bisa terjadi di tikungan pertama ini adalah hal yang paling penting.

Bagaimana mereka bisa masuk ke tikungan pertama tentunya akan bisa mempengaruhi jalannya balapan di lap lap berikutnya, bisa dibilang ini merupakan momen yang paling beresiko dalam balapan, dengan jumlah pembalap yang banyak saling bersesak sesakan ditambah lagi dengan kondisi motor yang masih dingin dan masih terisi bensin yang penuh.

Ada beberapa kejadian dimana saat pembalap memulai start dari grid paling belakang atau bahkan dari pit lane, dan berhasil memperbaiki posisi dengan baik setelah itu,,,bahkan bisa memenangkan balapan.

Contohnya yang dilakukan Dani Pedrosa, dalam sebuah balapan yang basah dan rumit di seri balap Valencia tahun 2012, dimana ia sebenarnya start di ‘pole position’, ia memutuskan untuk masuk ke pitlane setelah sesi warm up lap, dan lalu mengganti motornya dengan ban kering. Atas manuvernya ini memaksa Pedrosa harus start dari pit lane. Meski begitu dia berhasil mengalahkan 21 pembalap dan bisa memenangkan balapan, ia mengalahkan pembalap yang dibelakangnya dengan margin waktu yang sangat besar, yaitu 37 detik.

kemudian Di tahun 2015, saat Marc Marquez melakukan start yang sangat bagus yang mana ini patut dikenang. Pembalap asal Cervera ini memulai start di posisi ke 13 di starting grid, tapi setelah tikungan pertama dilewati ia sudah berada di posisi ke enam. Sayangnya pembalap bernomor 93 ini kemudian tidak bisa menyelesaikan balapan, namun demikian dia meninggalkan kesan kuat dengan startnya yang hebat.

Secara umum, berada di posisi yang bagus di starting grid itu penting dalam mempertahankan posisi setelah tikungan pertama, yang mana itu merupakan sebuah elemen penting untuk memastikan peluang dalam memenangkan balapan. Inilah sebabnya semua pembalap MotoGP sangat menyadari pentingnya bisa melakukan start yang bagus.

 

 

Share421Tweet263Pin95Scan
Previous Post

Seberapa Lamakah Komponen Komponen Motor MotoGP Dapat Bertahan?

Next Post

Emilia-Romagna, Surga Otomotif dan Gudangnya Jago-Jago Balap Italia

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Next Post

Emilia-Romagna, Surga Otomotif dan Gudangnya Jago-Jago Balap Italia

Motocross, Berbahaya tapi Punya Segudang Manfaat untuk Pembalap MotoGP

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In