Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Analisa

Mesin Yamaha yang Rusak dan Disegel Apakah Boleh Diganti Spare Partnya?

Dika Cielers by Dika Cielers
5 Agustus 2020
in Analisa
Reading Time: 2 mins read
313 10
0
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Tiga mesin Yamaha diberitakan mengalami kekagalan fungsi di Jerez. Yang disebabkan oleh bagian mesin yang tidak bekerja dengan baik. Syarat pertama yang paling mudah adalah: Jika mesin yang sudah dalam kondisi disegel akan diperbaiki, semua tim pabrikan lawan harus setuju.

Yamaha Motor Racing memang berjaya dalam dua balapan terakhir. Namun mereka harus kehilangan 3 mesin yang dikeluarkan dari alokasi. Pertama mesin milik Rossi di GP Jerez, Morbidelli di GP Andalucia dan Vinales saat sesi Free Practice 3 GP Andalucia. Menurut aturan dalam satu musim hanya boleh menggunakan lima mesin yang untuk setiap pembalap . Masalahnya sekarang ada tambahan balapan ke 14 di Portimao Portugal.

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, mengatakan bahwa cacat mesin yang terjadi ini tidak ada hubungannya dengan panas trek di Jerez kemarin, dan tidak ada hubungannya dengan peningkatan top speed mesin Yamaha. Bos tim Yamaha itu memberitahukan bahwa mereka mengalami kondisi: ada salah satu komponen mesin yang rusak

Jarvis menambahkan, para insinyur Yamaha sudah menemukan masalahnya dan sedang mengerjakan solusinya. Dan Yamaha tidak perlu menyelesaikan masalah ini hanya dengan mengurangi kecepatan top speed mesin motor. karena memang Bukan itu masalahnya.

Lalu Apakah setelah ditemukan komponen yang rusak, komponen itu langsung bisa diganti?…

Jika ‘penyakit’nya sudah ditentukan berikut tindakannya, direktur teknis MotoGP, Danny Aldridge harus mendapatkan persetujuan tim lawan untuk penggantian suku cadang tersebut, karena spesifikasi mesin Yamaha untuk tahun 2020 dan 2021 sebenarnya sudah dihomologasikan pada bulan Maret, termasuk untuk Honda, Suzuki dan Ducati. Dan Yamaha sudah menyegel semua mesin YZR-M1 nya, dan juga sudah digunakan.

Segel hanya dapat dilepas oleh teknisi dari IRTA atau asosiasi tim MotoGP, Jordi Perez , jika motor tidak pernah meninggalkan pit lane dengan mesin ini.

Mike Leitner, Manajer tim KTM, tidak bisa memastikan apakah Yamaha akan mendapatkan izin dari mereka untuk penggantian.. Namun dalam hal ini, jika demi alasan keamanan tidak menjadi masalah.

Contohnya jika suku cadang tidak diganti dan suatu saat mesin Yamaha meledak di lintasan dan kemudian oli tumpah di lintasan, seperti yang terjadi dengan Pecco Bagnaia dengan mesin Ducatinya. Kondisi oli di lintasan akan menyebabkan terganggunya balapan dan korban kecelakaan akibat lintasan licin pun tidak bisa dihindari..

Di masa lalu, semua pabrikan seperti Honda, KTM, dan Mahindra, melakukan penggatian suku cadang selama musim berjalan di kelas Moto3. Demi alasan keamanan tindakan itu diperbolehkan contoh spare-part yang diganti adalah: per klep, gear wheel, dll..

 

Namun sekali lagi langkah-langkah penggantian ini harus selalu didiskusikan dengan Danny Aldridge dan disetujui oleh pabrikan lain. Yamaha harus meminta aliansi pabrikan atau MSMA untuk menyetujui penggantian suku cadang ini. Tentu saja, bagian seperti itu hanya dapat diganti jika tidak berkontribusi pada peningkatan performa mesin.

apakah kondisi Yamaha ini akan mempengaruhi musim balap 2020 ini ?.. Dimana kerusakan part mesinnya bisa menjadi batu sandungan jika tim lain mempersulit penggantian suku cadangnya…

Namun nampaknya tim Yamaha sedang menjajaki semua opsi tentang cara menghilangkan cacat atau kerusakan itu. Dan tentunya Yamaha sudah mempelajari secara mendalam aturan terkait hal ini.

 

Tags: Valentino RossiYamaha
Share409Tweet256Pin92Scan
Previous Post

Beda dengan Marc Marquez, Fabio Quartararo akan Diterima oleh Fans Valentino Rossi

Next Post

Inilah 4 Kandidat Pengganti Andrea Dovizioso di Ducati Team 2021

Related Posts

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang
Analisa

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Honda Rela Bayar Mahal Kontrak Zarco, Apa Istimewanya Zarco Bagi Honda ?
Analisa

Honda Rela Bayar Mahal Kontrak Zarco, Apa Istimewanya Zarco Bagi Honda ?

25 Agustus 2023
Next Post

Inilah 4 Kandidat Pengganti Andrea Dovizioso di Ducati Team 2021

Inilah Sosok di Balik Sukses Para Pembalap MotoGP

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In