Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Mengenal Sirkuit Sepang, Sirkuit Indah Kebanggaan Malaysia

Dika Cielers by Dika Cielers
2 November 2020
in Inside GP
Reading Time: 2 mins read
303 23
0
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Setelah seri balap di Sirkuit Philip Island yang dingin dan berangin, Grand Prix MotoGP selanjutnya akan menggelar balapan di sirkuit dimana cuaca yang panas dan lembab selalu menjadi tantangan para pembalap, serta kemungkinan terjadinya balapan dengan intensitas hujan tinggi yang tidak bisa diabaikan para pembalap.

Sirkuit sepang dibangun dalam waktu sekitar 14 bulan saja dan diresmikan pada 7 Mret 1999. Sirkuit yang Memiliki panjang 5,5 km ini, menjadikan sepang merupakan sirkuit terpanjang kedua di kalender balap Grand Prix, panjang lintasannya hanya kalah oleh sirkuit Silverstone.

Sepang merupakan sirkuit pertama yang di desain oleh Herman Tilke, yang juga membuat Sachsensing, Circuit Of The America di Austin dan MotorLand Aragon.

Letaknya bersebalahan dengan bandara Kuala Lumpur. Kedua insfratruktur ini dibangun dalam waktu yang sama.

Desain dari tribun utama yang berlokasi di 2 lintasan lurus sirkuitnya terinspirasi dari bunga hibiskus yang merupakan bunga nasional malaysia

Tribun utama ini dibangun sedemikian rupa sehingga penonton tidak terkena panasnya cahaya sinar matahari.

Sirkuit ini dapat menampung 130.000 penonton. Tribun yang ada di 2 lintasan lurus utamanya sendiri dapat mengakomodasi 50.000 orang.

Sirkuit Sepang didesain seperti stadion. Untuk mencapai ini, lebih dari 9 juta kubik tanah diambil. namun begitu Untuk tetap menjaga lingkungan tetap hijau, lebih dari 5000 pohon sawit di tanam di area sirkuit ini.

Fasilitas balap kelas dunia ini merupakan bagian dari program insfrastruktur ekstensif yang diprakarsai oleh Perdana Menteri Tun Dr Mahatir Bin Mohammad. Proyek itu disebut ‘Vision 2020’ dan diciptakan dengan tujuan mengubah malaysia menjadi negara Maju pada 2020.

Sebelum pembukaan sirkuit Sepang, Gran Prix Malaysia pernah diadakan di dua sirkuit lainnya: yang pertama di Sirkuit Shan Alam di tahun 1991-1997 dan sirkuit Johor di tahun 1998. Balapan di Johor menyajikan pemandangan tidak biasa dalam sejarah Grand Prix yaitu ketika ular cobra melewati lintasan dan pembalap 125cc Gino Borsoi tidak dapat menghindari hal itu.

Balapan di Sepang, Hujan biasanya turun selama pekan balap. Seperti yang terjadi Tahun 2009, 2012 dan 2016 balaan diadakan dalam kondisi basah.

Pada tahun 2012 balapan diadakan ketika hujan lebat sehingga terpaksa balapan harus di hentikan setelah berjalan 14 lap.

Selain itu, Suhu panas extreme dan kelembapan yang tinggi membuat Grand Prix malaysia menjadi salah satu balapan yang paling menuntut fisik para pembalap. Selama seri balap ini, temperatur udara mencapai 30 derajat celcius dan 80% kelembapan udaranya. Temperatur lintasannya juga bisa mencapai 50 derajat celcius pada siang hari.

Bersama  dengan – sirkuit catalunya di barcelona dan motegi di Jepang,, Sirkuit Sepang adalah sirkuit yang paling menuntut dalam hal pengereman motor. Pada satu putaran lap, para pembalap bisa menghabiskan waktu sekitar 37 detik hanya untuk melakukan pengereman, dengan rem yang digunakan lebih dari 30% dari total waktu balapan. Kekuatan yang terkumulasi pada penggunaan Tuas rem dari awal sampai akhir balapan dengan 20 lap bisa mencapai 1 Ton.

Tak mengherankan bila banyak para pembalap setelah selesai balapan di Sepang sangat kelelahan dan bahkan berat badannya bisa turun sampai 2-3 kg karena kehilangan banyak cairan di tubuhnya

Share413Tweet258Pin93Scan
Previous Post

Inilah Perbedaan Perawatan Motor MotoGP dan Motor Sport Jalanan

Next Post

Tito Rabat, Pembalap yang Kegigihannya Terlupakan

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Next Post

Tito Rabat, Pembalap yang Kegigihannya Terlupakan

Twin Ring Motegi, Sirkuit Buatan Honda yang Sangat Menyiksa Rem Motor MotoGP

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In