Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Mengenal MotoE, Motor Balap Masa Depan MotoGP

Dika Cielers by Dika Cielers
13 Oktober 2020
in Inside GP
Reading Time: 2 mins read
310 23
0
1.1k
SHARES
5.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Era elektrifikasi kendaraan mulai merambah ke arena balap dunia dalam beberapa tahun terakhir. Setelah hadirnya Formula E pada tahun 2014, kendaraan bertenaga listrik juga mulai diperlombakan di kejuaraan balap motor dunia MotoGP mulai 2019.

Di arena MotoGP, kelas motor listrik diberi nama Moto-E. Untuk saat ini, motor balap yang diperlombakan dipasok dari satu pabrikan yang sama, yakni Energica, produsen motor listrik yang berbasis di Italia. Jadi Motornya akan identik satu dan lainnnya tetapi beberapa bagian, misalnya spring, boleh disesuaikan tergantung pada preferensi pengendara. Semua mesin MotoE akan di-charge menggunakan panel surya yang disediakan oleh Enel, yang secara terus menerus diisi ulang antara setiap sesi.

Ada beberapa perbedaan yang mencolok antara MotoE dengan motor bermesin konvensional. Karena bertenaga listrik, motor ini tak memiliki knalpot. Jadi, tak ada emisi yang dihasilkan motor, sehingga motor ini dinilai sangat ramah lingkungan.

Jika dilihat dari bagian depan, terutama di bagian kemudi, tak ada sama sekali kopling di bagian setang kiri. Hal ini sangat berbeda dengan motor balap pada umumnya yang memiliki kopling karena bertransmisi manual.

MotoE juga tak memiliki gearbox. Sebaliknya, motor ini menggendong baterai berkapasitas 20 Kwh. Dikutip dari laman MotoGP, baterai tersebut mampu menghasilkan power mencapai 120 KwH, atau setara 160 Horse power. Adapun torsinya mencapai 200 Nanometer. Kecepatan maksimalnya mampu mencapai 270 Km/jam, dengan akselerasi yang mampu dicapai dari 0 sampai 100 km/jam hanya 3 detik saja. Untuk bobot, motor balap MotoE memiliki berat minimum 260 kilogram.

Selain itu ada perbedaan lainnya, Dalam 1 seri balapan, pembalap kelas MotoE ini hanya menyelesaikan balapan sekitar 7 lap atau sepanjang 29 sampai 30 kilometer dengan durasi balapan selama 10 sampai 12 menit. ini mungkin karena baterai yg digunakan belum mampu untuk membuat motor menempuh jarak yang jauh sperti ajang MotoGP

Saat ini Kelas MotoE belum digelar rutin seperti halnya MotoGP dan dua kelas pendukung lainnya, yakni Moto2 dan Moto3.

Pada musim 2019 lalu, ajang ini hanya digelar sebanyak enam seri, masing-masing di Jerman, Austria, dua kali di San Marino, dan dua kali di Valencia. Untuk tahun 2020, MotoE dihelat sebanyak tujuh seri, masing-masing di Spanyol 2 kali, Perancis 2 kali, dan 3 kali di San Marino

Tahun ini ajang MotoE baru saja memunculkan juara dunia baru yang diraih oleh mantan pembalap Superbike, Jordi Torres. Pembalap yang membela tim Pons racing 40 tersebut berhasil memaksimalkan perolehan poin di seri Perancis 2020.

Pada Race 2 MotoE Perancis 2020 pembalap asal Spanyol tersebut hanya finish di posisi ke 6. Namun posisi 6 sudah cukup untuk mengokohkan keunggulan pointnya dari kejaran juara dunia musim lalu Matteo Ferrari untuk merebut mahkota.

 

 

Tags: MotoE
Share422Tweet264Pin95Scan
Previous Post

Kenapa Valentino Rossi Sering Crash ?

Next Post

Jika Motor V4 itu Sulit Dikendarai, Kenapa Danilo Petrucci Bisa Menang di Balapan Hujan MotoGP Le Mans ?

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Next Post

Jika Motor V4 itu Sulit Dikendarai, Kenapa Danilo Petrucci Bisa Menang di Balapan Hujan MotoGP Le Mans ?

Drama Tukar Motor Bikin Jack Miller Marah Besar Gagal Finis di MotoGP Le Mans

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In