Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Analisa

Melihat Lebih Dalam Update Komponen Terbaru yang Dipakai di MotoGP Inggris

Melihat Lebih Dalam Update Komponen Terbaru yang Dipakai di MotoGP Inggris

Dika Cielers by Dika Cielers
6 Agustus 2023
in Analisa, Ducati, Honda, Inside GP, MotoGP, Suzuki, Yamaha
Reading Time: 4 mins read
315 9
0
Melihat Lebih Dalam Update Komponen Terbaru yang Dipakai di MotoGP Inggris
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Di pekan balap MotoGP Inggris kali ini, banyak tim tim memanfaatkan pekan balap di sirkuit Silverstone untuk menguji komponen komponen baru, terutama aero. Karena seperti yang kita tahu sirkuit Silverstone dikenal memiliki tikungan tikungan yang mendukung untuk dilakukan uji coba aero dan komponen lainnya.

Lalu apa saja komponen komponen baru yang dipakai pabrikan pabrikan MotoGP ? Simak ulasannya

  • YAMAHA

Yamaha meluncurkan paket aero baru di pekan balap GP Inggris ini. Kita bisa melihatnya di motor Yamaha M1 milik Fabio Quartararo. Bagian atasnya kini lebih besar dan bertumpuk dua, seperti desain yang digunakan pada Ducati dan KTM.

Kita juga bisa melihat bahwa sayap sidepod berada cukup jauh di atas fairing samping dan lebih tinggi daripada yang ada pada paket aero normal . Bentuknya juga telah diperbarui. Ada juga downwash duct di bagian bawah fairing. Kita telah melihat Ducati menggunakan downwash duct selama beberapa musim, tetapi ini adalah pertama kalinya kita melihat Yamaha menggunakannya di akhir pekan balap.

Dan ini adalah aero standar pada motor Franky Morbidelli sebagai perbandingan. Hal yang paling menonjol adalah kita bisa melihat ketiadaan downwash duct dan letak sayap sidepod yang rendah.

 

  • HONDA

Honda juga membawa paket aero yang benar-benar baru. Paket aero mereka bahkan lebih besar dan perubahannya jauh lebih besar

Pertama, mereka telah mengubah bentuk fairing depan. Fairing ini lebih lebar di bagian atas untuk memberikan penutup yang lebih luas kepada pembalap. Sayap bagian atas kini berukuran besar dan sangat mirip dengan milik KTM dan Ducati. Di bagian bawah, Honda telah menambahkan satu set sayap sidepod. Ini adalah pertama kalinya kita melihat Honda menggunakan satu set sidepod sejak Pol Espargaro menggunakannya sepanjang musim 2022.

Kemudian bagian bawah fairing samping telah sepenuhnya diupdate. Fairing ini memiliki area permukaan yang jauh lebih besar dan bahkan melebar seperti ground effect fairing yang digunakan Aprilia, Ducati, dan KTM. Namun, tidak terlalu menonjol keluar seperti itu.

Mari kita lihat gambar berikutnya untuk melihat bagaimana perbandingannya dengan paket aero Honda yang standar. Lihatlah bentuk fairing depan, perbedaan besar dengan set sayap bagian atas, penambahan sayap sidepod dan kemudian juga Honda meniadakan downwash duct untuk fairing samping yang lebih menyerupai ground effect.

Dan inilah motor Iker Lecuona dengan paket aero standarnya. Lecuona saat ini sedang menjadi topik hangat, dengan rumor yang beredar bahwa ia akan bergabung dengan LCR Honda secara semusim penuh tahun depan.

Terakhir, Honda masih mencoba untuk mencari basis setup motor dengan menguji opsi sasis yang berbeda. Mir, seperti yang terlihat pada gambar di sini memakai sasis ketiga Honda

Rekan setimnya, Marc Marquez, menggunakan sasis kedua dari Honda. Kita bisa melihat perbedaannya di sini. Sasis Marquez memiliki lebih banyak material di sekitar baut dudukan mesin dan poros swingarm. Sejauh ini Marc lebih menyukai sasis ini dibandingkan dengan sasis yang digunakan Mir. Marquez merasa lebih baik dengan front end motor yang sesuai dengan gaya balapnya.

 

  • DUCATI

Jorge Martin menggunakan paket aero yang berbeda kali ini dan salah satu perbedaannya adalah dua komponen baru dari Ducati

Yang pertama adalah winglet yang dipasang di fork depan, yang merupakan tiruan dari winglet yang sudah dimiliki Aprilia sejak awal musim. Kabarnya, winglet ini membantu stabilitas pengereman dan memberi feeling lebih baik saat mengubah arah motor .

Jadi masuk akal jika Ducati ingin mencobanya di pekan balap kali ini, karena Silverstone memiliki banyak tikungan chicane yang berubah arah dan beberapa area yang mengharuskan pembalap mengerem dengan mengandalkan sisi samping ban.

Komponen baru kedua adalah bagian kecil dari komponen dari karbon yang menggantung di bagian belakang roda depan, kita bisa melihat komponen ini terpasang di bagian samping roda. Lagi-lagi komponen ini adalah hasil jiplakan dari Aprilia, dan Aprilia sudah memilikinya sejak awal musim.

Komponen ini dikabarkan dapat membantu mengalirkan udara lebih lancar ke fairing samping ground efek. Tetapi yang menarik, kita bisa melihat di sini bahwa Martin yang biasanya menggunakan fairing samping ground effect milik Ducati, ternyata tidak menggunakannya kali ini.

Sebaliknya, dia memasang downwash duct untuk pertama kalinya tahun ini sejak sesi uji coba, dan sepertinya Ducati telah membuat pintu masuk udara downwash ductnya sedikit lebih tinggi.

Ini adalah downwash duct pada motor Enea Bastianini dan bila dilihat lubang bukaannya sedikit lebih pendek ketimbang milik Jorge Martin.

 

  • APRILIA

Aprilia juga telah melakukan update kecil pada fairing samping ground effect mereka. Aprilia telah menambahkan semacam ‘pagar’ kecil di bagian atas fairing samping. Kita bisa melihatnya menonjol keluar di area di mana bagian putih stiker Aprilia berada. Menambahkan fitur ini bisa membantu fairing samping ground effect Aprilia mendapatkan efek yang lebih kuat dan membantu mereka menghasilkan cengkeraman yang lebih baik di tikungan.

 

  • KTM

Untuk pertama kalinya sejak balapan pembuka musim ini, Pol Espargaro kembali ke lintasan

Selain itu, GP Inggris adalah pertama kalinya motor GASGAS memiliki paket aero terbaru dari KTM, jadi mereka akan mencobanya untuk mengetahui bagaimana rasanya dan membantu. Dan hasilnya di balapan sprint kemarin Fernandez tampil sangat bagus.

 

Tags: ApriliaFabio QuartararoHondaYamaha
Share411Tweet257Pin92Scan
Previous Post

Teknologi-Teknologi Motogp yang Ada di Motor Jalan Raya

Next Post

Aprilia Bakal Pakai Sasis Karbon di Austria, Ini Keunggulan Sasis Karbon Dibanding Alumunium

Related Posts

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang
Analisa

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Next Post
Aprilia Bakal Pakai Sasis Karbon di Austria, Ini Keunggulan Sasis Karbon Dibanding Alumunium

Aprilia Bakal Pakai Sasis Karbon di Austria, Ini Keunggulan Sasis Karbon Dibanding Alumunium

Rahasia Dibalik Dominasi Pecco Bagnaia di MotoGP Austria Red Bull Ring

Rahasia Dibalik Dominasi Pecco Bagnaia di MotoGP Austria Red Bull Ring

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In