Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Analisa

Melihat Lebih Dalam, Apa Saja yang Honda Uji di Tes Valencia Agar Motornya Kembali Cepat ?

Honda membawa motor baru ini di tes Valencia. Motor ini tidak terlalu berbeda dari motor standard 2022, tapi ada beberapa komponen yang dilakukan perubahan besar.

Dika Cielers by Dika Cielers
23 November 2022
in Analisa, Honda, Inside GP, MotoGP
Reading Time: 4 mins read
301 23
0
Melihat Lebih Dalam, Apa Saja yang Honda Uji di Tes Valencia Agar Motornya Kembali Cepat ?

RC213V 2023

1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Sudah terlihat jelas bahwa saat ini Honda sedang kesulitan dalam beberapa musim terakhir. Pembalap andalan Honda, Marc Marquez secara terbuka mengakui bahwa mereka tidak mampu untuk memperebutkan gelar dunia dengan motor RC213v saat ini. Respon keputusasaan ini mengemuka saat Honda bersiap memasuki jeda musim dingin yang merupakan waktu dimana Honda berbenah.

Sebelum membahas apa saja yang dilakukan Honda di tes Valencia lalu, mari kita bahas dulu motor Honda di awal 2022. Seperti yang kita tahu Honda membawa motor yang telah didesain ulang besar besaran di 2022. Motor 2022 ini karakternya lebih mengandalkan bagian belakang, yang mana sangat berbeda dari konsep motor 2021 yang lebih mengandalkan bagian depan.

Di awal tahun, tampaknya motor ini hampir berhasil dengan konsep ini, karena hasil pertama yang didapat dari motor ini cukup bagus. Namun saat tim HRC mulai menggali lebih dalam dan mencoba menemukan perbaikan di area motor yang kurang, di situlah mereka menemukan banyak masalah .

Solusi yang dilakukan Honda tidak semudah mengembalikan settingan motor yang sudah meraih hasil bagus di awal musim lalu, karena motor itu tidak akan cukup untuk bersaing dengan motor rival saat ini. Honda harus meningkatkan dan membuat motornya bekerja dengan baik. Tapi pada akhirnya yang mereka sadari adalah dengan motor ini mereka merasa tidak akan mungkin bisa meningkat performanya dengan motor 2022. Jadi, solusi Honda hanya satu, yaitu membangun motor baru yang lebih bagus.

RC213V 2023
RC213V 2022

Dan akhirnya Honda membawa motor baru ini di tes Valencia. Motor ini tidak terlalu berbeda dari motor standard 2022, tapi ada perubahan besar yang dilakukan di beberapa komponen  .

Yang pertama sasis, Honda telah mengembangkan beberapa konsep sasis yang berbeda, bahkan sebelum Honda membangun motor RC213V 2022 di awal musim ini. Dan ternyata sasis di motor 2023 adalah evolusi dari sasis yang Honda telah kembangkan sejak tes pramusim 2022. Pada bagian mainbeam sasisnya lebih tebal, dengan lokasi las lasan yang berbeda dari versi 2022.

Perubahan besar yang kedua adalah bagian tail unit motor. Kita belum pernah melihat tail unit ini sampai dilaksanakannya tes Valencia lalu. Tail unit baru ini lebih kecil, pendek dan secara keseluruhan lebih kompak.

Apakah ini upaya Honda untuk sedikit memusatkan bobot motor lebih sedikit ke depan dari motor 2022 ? mungkin saja. Namun yang tahu pasti hanya pihak Honda sendiri, yang bisa kita lakukan hanya bisa menduga duga saja, karena Manajer Teknis Honda, Takeo Yokoyama, pernah mengatakan bahwa motor RC213V 2023 akan lebih mencari keseimbangan antara motor 2022 yang lebih mengandalkan bagian belakang motor dan motor 2021 yang lebih mengandalkan bagian depan motor.

Juga tampaknya motor baru RC213V ini mendesain ulang fuel (baca: fyul) tank nya. Seperti yang kita tahu, Ducati juga telah memodifikasi fuel tanknya untuk motor Ducati GP23 dengan tujuan untuk bermain dengan distribusi bobot motor, jadi kemungkinan besar Honda juga ingin melakukan hal yang sama.

Selain perubahan besar pada komponen tadi, komponen yang lainnya juga ada perubahan tapi tidak besar.

downwash duct 2022

Bisa dilihat disini adalah downwash duct yang Marc Marquez gunakan di race seri akhir musim 2022. Bisa dilihat pada ujung bawah ‘duct’ atau salurannya tidak benar benar melebar atau menutup ventilasi pembuangan udara yang datang dari belakang radiator.

Komponen ini tampaknya bekerja hampir seperti diffuser dengan menciptakan area udara bertekanan rendah, yang kemudian bisa menarik motor ke bawah ketika menikung dengan kemiringan tinggi.

Dan tampaknya sudah jelas bahwa apapun sensasi yang dirasakan pembalapnya di atas motor dari komponen ini, Honda merasa mereka masih ingin mendapat efek lebih dari komponen ini. Oleh karena itu Honda kembali mengembangkan downwash duct yang lebih besar di tes Valencia.

downwash duct Honda RC213V 2023

Ini adalah downwash duct yang telah diupdate. Bisa dilihat pada bagian ujung bawah duct atau salurannya sekarang lebih mengarah ke bawah dan benar benar menutupi ventilasi pembuangan udara dari radiator.

tail unit 2022

Seperti yang telah kami sampaikan tadi, bagian belakang motor Honda telah dilakukan update di Valencia. Bisa dilihat disini adalah motor standar 2022 dengan tail unit yang besar dan bentuknya lebih kotak, dan juga knalpot standar yang menonjol keluar dari samping dan belakang.

tail unit 2023

Dan ini adalah tail unit yang baru. Memang sulit melihat bagian mana yang berubah dari tail unit ini, apakah berat tail unitnya dipindahkan lebih ke belakang atau lebih ke tengah, meskipun bila dilihat dari samping tampaknya beratnya dipindahkan lebih ke tengah.

Sementara itu di bagian knalpot, perbedaanya bisa dilihat dengan jelas. Knalpot bagian atas lebih panjang dan yang bawah punya semacam sedikit bibir kecil pada ujungnya. Knalpot ini beberapa kali pernah diuji oleh Stefan Bradl dan akhirnya Honda memasangnya untuk persiapan pada balapan sesungguhnya.

air intake baru 2023

Honda juga menguji air intake baru. Seperti yang kita tahu Honda sedang mencari sedikit tenaga lebih pada motor karena mereka menyadari bahwa balapan di Malaysia lalu, motor RC213V kesulitan mendapat kecepatan di lintasan lurus dibanding motor Ducati. Namun kurangnya top speed di lintasan lurus mungkin juga dipengaruhi oleh kurangnya traksi ban belakang motor Honda saat akan keluar tikungan.

air intake 2022

Supaya mudah membandingkan perbedaannya, ini adalah air intake yang dipakai Marc Marquez pada 4 balapan terakhirnya di musim ini.

Tes yang dilakukan Honda di Valencia lalu memang banyak menguji komponen baru, namun hanya sedikit hasil positif yang didapat.

Ini tercermin dari para pembalap Honda dan Alberto Puig yang tidak antusias pada situasi Honda saat ini. Komentar blak blakan Marc Marquez merupakan ungkapan yang jujur pada keadaan Honda saat ini bahwa motor Honda memang belum cukup bagus.

Sementara Puig mengatakan situasi Honda saat ini dengan komentar yang lebih berhati hati, tidak blak blakan seperti Marquez. Puig mengatakan Honda menemukan beberapa hal bagus pada tes Valencia kemarin dan ada sedikit arah pengembangan yang akan dituju, tapi Honda belum menemukan langkah besar dalam menemukan arah pengembangan yang benar seperti yang biasa mereka lakukan.

Di jeda musim dingin ini akan menjadi momen yang krusial bagi Honda. Dengan Nakagami yang belum 100% fit di tes Valencia, maka Marquez menjadi satu satunya pembalap yang bisa menguji motor dengan benar. Dengan masukan Marquez, Honda berharap mereka bisa membuat langkah besar dan bisa membawa motor baru itu di tes selanjutnya yaitu tes pramusim 2023 agar pembalap baru Honda, Joan Mir dan Alex Rins bisa merasakan performa motor baru Honda yang lebih menjanjikan.

Tags: Honda RepsolMarc MarquezMotoGPtes valencia
Share410Tweet256Pin92Scan
Previous Post

Apa Saja yang Ducati Uji di Valencia Lalu Agar Desmosedici Tetap Jadi Motor Terbaik ?

Next Post

Kupas Tuntas 100 km de Campioni, Balapan Dirt Bike MotoCross Karya Valentino Rossi

Related Posts

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang
Analisa

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Next Post
Kupas Tuntas 100 km de Campioni, Balapan Dirt Bike MotoCross Karya Valentino Rossi

Kupas Tuntas 100 km de Campioni, Balapan Dirt Bike MotoCross Karya Valentino Rossi

Kenapa Ban Mobil F1 Jaman Dulu Beralur, Sedangkan Sekarang Pake Ban Slick ?

Kenapa Ban Mobil F1 Jaman Dulu Beralur, Sedangkan Sekarang Pake Ban Slick ?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In