Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Analisa

Kunci Kebangkitan KTM di MotoGP

Dika Cielers by Dika Cielers
25 Agustus 2020
in Analisa, MotoGP
Reading Time: 3 mins read
310 16
0
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Di beberapa olahraga balap motor KTM seringkali mendominasi selama bertahun tahun seperti di Motocross dan rally Dakar, namun ketika memutuskan untuk masuk ke MotoGP, KTM mendapatkan tantangan baru yang cukup berat. Selama 5 tahun lamanya KTM sudah menggelontorkan investasi yang sangat besar di teknologi dan para insinyurnya.

Lalu bagaimana pabrikan asal Austria ini mulai menapaki puncak kesuksesan di MotoGP ?

KTM diketahui sudah menggelontorkan dana sebesar 40 juta Euro atau setara hampir 700 milyar rupiah setahun. Dana ini salah satunya digunakan untuk mengakuisisi para personil kunci dan riset teknologi, ini tentu membuat KTM mendapat kepercayaan diri yang mendorongnya untuk meraih kemenangan pertama di MotoGP yang diraih Brad Binder di GP Ceko dan kemenangan kedua yang diraih Miguel Oliveira di GP Styria kemarin

Kebangkitan motor yang identik berwarna orange ini termasuk sangat cepat. Jika dilihat, KTM hanya membutuhkan waktu 5 tahun sejak motor versi prototyope pertamanya RC16 melakukukan pengujian pertama di sirkuit RedBull Ring.

Investasi yang sangat besar dalam proyek MotoGP, pemilihan personil tim yang tepat dan determinasi yang tinggi telah menjadi faktor utama yang  membuat KTM meraih pencapaian bersejarah di MotoGP

Jalan KTM untuk mencapai puncak memang tidak mudah, dan tidak akan pernah mudah di MotoGP. Bahkan tidak seorang pun di paddock MotoGP mengira  bahwa pabrikan Austria ini bisa menang di GP Ceko. Ditambah lagi pembalap yang meraih kemenangan pertama itu adalah seorang pembalap rookie yang baru melakukan 3 kali balapan di kelas premier Grand Prix

Pertanyaannya sekarang adalah apakah kesuksesan KTM di tahun ini karena didukung berbagai faktor yang  menguntungkan, seperti absennya Marc Marquez di tahun ini, masalah teknis pada mesin yang diderita semua pembalap Yamaha dan menurunnya performa dari Ducati,,atau ini adalah memang sebuah terobosan besar bagi KTM yang  nantinya kita akan melihat datangnya kesuksesan lain pada KTM

Hasil hebat sudah dibuktikan KTM di sirkuit RedBull Ring kemain, sirkuit dimana KTM sudah melakukan banyak uji coba dengan putaran lap yang tak terhitung disana, ini berkat hak konsesi yang diberikan kepada pabrikan baru seperti KTM

Pada sisi pengembangan motor, KTM memiliki komponen kunci yang membuatnya sukses di Brno dan Red Bull Ring kemarin, tak lain adalah karena kehadiran Dani Pedrosa. Semenjak bergabung ke KTM sebagai Test Rider di tahun 2019, pembalap spanyol ini mendapatkan peran sentral dalam pengembangan motor RC16 dan juga mengoptimalkan pekerjaan yang dilakukan di departemen balap KTM.

Pengalamannya sebagai pembalap dengan koleksi 31 kemenangan bersama Honda antara tahun 2006 hingga 2018, membuatnya mengerti bagaimana motor balap ini harus bekerja, dan dia menjalankan peran yang krusial ini dalam pengembangan motor prototype KTM RC16, yang mana Pedrosa berani melakukan perubahan secara radikal di tahun ini. Perubahan itu seperti; meninggalkan konsep sasis tubular konvensional lalu mengganti ke sasis yang penampangnya lebih besar ketimbang motor versi 2019 dan juga mulai mengembangkan top speed pada mesinnya.

Dalam mengambil perubahan ke pendekatan seperti itu, ini memperjelas bahwa KTM mau berkompromi pada filosofi balapnya dengan mau memodifikasi sasis tubular konvensionalnya demi meraih kemenangan

Kehadiran Pedrosa di KTM sangat berpengaruh, dan juga orang orang yang berada disekitar Pedrosa sebelumnya. Beberapa diantaranya bahkan direkrut langsung dari HRC, tentunya orang orang ini punya pengalaman bertahun tahun di MotoGP, seperti manajer balap Mike Leitner yang pernah bekerja bersama Pedrosa sebagai crew chief di kelas yang lebih rendah dan di tahun tahun pertamanya di kelas premier bersama Honda

Pedrosa juga punya feeling yang sangat sensitif dalam mengenali motor, hal ini kemudian dikombinasikan dengan bakatnya dan komitmennya dalam membantu pengembangan yang juga dilakukan kompatriotnya Pol Espargaro.

Mungkin inilah yang menjadi pendongkrak utama dari performa luar biasa dari KTM RC16 di MotoGP 2020 ini

 

Tags: Dani PedrosaKTMMotoGPPol Espargaro
Share413Tweet258Pin93Scan
Previous Post

Apa yang Membuat Rem Depan Yamaha Bermasalah di GP Styria ?

Next Post

KTM Akan Kehilangan Status Konsesi Untuk Tahun 2021, Lalu Apa Artinya ?

Related Posts

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano
Honda

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Next Post

KTM Akan Kehilangan Status Konsesi Untuk Tahun 2021, Lalu Apa Artinya ?

Mengenal Miguel Oliveira, Pemenang MotoGP Terbaru di GP Styria

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

19 Mei 2023

10 Gaya Selebrasi Kemenangan Valentino Rossi Paling Dikenang

4 Maret 2020
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1301 shares
    Share 520 Tweet 325
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In