Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Analisa

Peluang KTM Dalam Meraih Gelar Dunia di MotoGP 2023

Dika Cielers by Dika Cielers
5 Januari 2023
in Analisa, Inside GP, MotoGP
Reading Time: 3 mins read
322 3
0
Peluang KTM Dalam Meraih Gelar Dunia di MotoGP 2023
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

KTM dan GasGas kemungkinan besar akan menjadi pabrikan penantang gelar di 2023 ini.

Setelah tes Valencia lalu, Brad Binder melontarkan komentar dengan rasa percaya diri. Binder mengatakan bahwa motor KTM di 2023 ini berada dalam kondisi yang jauh lebih baik ketimbang tahun 2022.

Dengan hadirnya Jack Miller di tim pabrikan KTM, Pol Espargaro serta juara dunia Moto2 Augusto Fernandez di tim Tech3 GasGas, KTM dan GasGas tentu punya potensi besar untuk meraih hasil lebih bagus dari tahun tahun sebelumnya di kelas MotoGP.

Rasa optimis yang besar muncul di kubu KTM untuk tahun depan, setelah hasil yang sangat positif di akhir musim lalu, dan ditambah hasil bagus di tes Valencia lalu.

sasis yang dipakai Brad Binder di GP Valencia

Brad Binder menggunakan sasis baru ini di GP Valencia lalu dan berhasil meraih runner up. Binder mengatakan dia mendapat feeling yang lebih baik saat keluar tikungan serta mendapat grip yang lebih baik dengan sasis ini, namun juga menyebut jika ada hal negatif dari sasis ini. Salah satu yang paling membuatnya kesulitan adalah Binder merasa benar benar berada pada batasnya di area fornt end motor. Meski begitu, saat Binder dan timnya menjalani pekan balap di Valencia lalu, tampaknya mereka berhasil menemukan sedikit solusi untuk permasalahannya ini.

Tapi langkah yang sangat positif di 2023 datang dari sesi uji coba setelah GP Valencia. Sekali lagi Binder menguji coba sasis ini, tapi dia juga menguji coba sasis baru yang tampak identik namun berbeda. Di sasis baru ini, Binder mengatakan bahwa sisi negatif dari sasis lamanya sudah hampir hilang dengan sasis baru yang telah diupdate ini.

Tentu ini kemajuan yang sangat positif. Bila KTM sudah bisa membangun sasis yang memungkinkan pembalapnya mengerem lebih lambat, menikung lebih baik serta grip yang bagus saat akselerasi, maka penampilan pembalap KTM patut ditunggu tunggu di 2023 ini.

Perubahan terbesar motor KTM 2023 ada pada bagian belakangnya, dan sepertinya perubahan ini akan mengantarkan KTM ke arah yang lebih positif di musim ini.

motor KTM 2023 di kiri, motor KTM 2022 di kanan

Bisa dilihat disini, motor KTM RC16 2022 yang ada di kanan dan KTM RC16 2023 di sebelah kiri. Bagian jok motor dan tail unit motor 2023 berbeda. Tampaknya KTM telah mendesain ulang bagian ini untuk mengubah distribusi bobot motor agar bisa mengatasi kelemahan motor yang diderita beberapa musim terakhir.

KTM sekarang kedatangan wajah baru yaitu Jack Miller.  Meski beberapa orang berpendapat bahwa KTM seharusnya lebih memilih Oliveira ketimbang Miller, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa Miller adalah pembalap yang sangat cepat dan juga kaya pengalaman di kelas MotoGP, yang mana pengalamannya ini akan dibawa ke KTM. Miller tentunya punya pengalaman selama bertahun tahun di Ducati, ditambah saat ini Ducati sudah menjadi motor terbaik di MotoGP, KTM pastinya tak sabar mendapat input positif dari Miller.

Satu hal lagi yang membuat orang penasaran tentang kiprah KTM nantinya di tahun ini adalah tentang kerja samanya dengan Red Bull Technologies. Ini artinya KTM sedang bekerja sama dengan orang orang yang mendesain dan mengoperasikan mobil F1 Red Bull.

Kerja sama ini tentunya akan membantu KTM dalam pengembangan aerodinamika di musim 2023 . Mungkin saja paket aero baru yang kita lihat di tes Valencia lalu adalah semacam desain pengembangan pertama aeronya, sebelum kita bisa melihat aero baru yang dirumorkan akan cukup berbeda saat KTM membawa pake aero baru 2023 di sesi uji coba Sepang nanti.

Sementara itu tim Tech3 akan dibranding dengan nama GASGAS di musim 2023. Motornya masih akan identik dengan motor pabrikan KTM, namun nantinya motor GASGAS akan dikelir merah bukan orange seperti KTM pabrikan.

Tentu ini kabar baik bagi tim Tech3, karena ini berarti tim Tech3 akan dikenal sebagai tim pabrikan GASGAS, dan juga akan mendapat update komponen yang sama seperti tim KTM pabrikan. Pada dasanya di musim 2023 ini akan ada 4 motor pabrikan KTM di grid MotoGP.

Di motor GASGAS nantinya akan ada Pol Espargaro dan bila kita lihat reaksinya di tes Valencia lalu, kita bisa melihat betapa senangnya Espargaro bisa kembali ke motor KTM.

Perku diketahui, sebelum Pol Espargaro meninggalkan KTM demi hijrah ke Honda, dia bisa meraih 5 kali podium di 2020.  Bila Pol Espargaro bisa mendapat kecepatannya seperti saat dia di KTM, tentunya penampilannya tidak akan mengecewakan di musim 2023 ini.

Sementara itu rekan setim Pol Espargaro adalah juara dunia Moto2, Augusto Fernandez.

Dengan tidak adanya pembalap rookie lain tentunya ini kesempatan bagus bagi Augusto untuk bisa fokus pada dirinya sendiri dan bisa fokus meningkatkan kecepatannya.

Banyak yang beranggapan bahwa talenta Augusto akan lebih cocok bila membalap di motor yang lebih besar, jadi patut dinanti kiprah pembalap rookie ini saat dia mencoba untuk meraih poin sebisa mungkin di 2023.

Saat ini muncul rasa optimis tinggi di kubu KTM dan GASGAS. Dengan motor baru yang menunjukan potensi yang menjanjikan dan banyak faktor yang mendukungnya dari sisi pembalap dan tim. Penampilan KTM yang berkelir orange dan GASGAS yang berkelir merah di MotoGP 2023 patut dinantikan.

Tags: jack millerKTMMotoGP
Share412Tweet257Pin93Scan
Previous Post

Seberat Apa Beban G-Force yang Dialami Pembalap MotoGP ?

Next Post

Apa yang Membuat Motor MotoGP Bisa Menikung Sangat Rebah ?

Related Posts

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano
Honda

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Next Post
Apa yang Membuat Motor MotoGP Bisa Menikung Sangat Rebah ?

Apa yang Membuat Motor MotoGP Bisa Menikung Sangat Rebah ?

Superleague Formula: Balapannya klub sepakbola!

Superleague Formula: Balapannya klub sepakbola!

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023

Mengenal Sesi Free Practice & Qualifying Practice dalam MotoGP

3 September 2020
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

19 Mei 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1301 shares
    Share 520 Tweet 325
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In