KTM dan GasGas kemungkinan besar akan menjadi pabrikan penantang gelar di 2023 ini.
Setelah tes Valencia lalu, Brad Binder melontarkan komentar dengan rasa percaya diri. Binder mengatakan bahwa motor KTM di 2023 ini berada dalam kondisi yang jauh lebih baik ketimbang tahun 2022.
Dengan hadirnya Jack Miller di tim pabrikan KTM, Pol Espargaro serta juara dunia Moto2 Augusto Fernandez di tim Tech3 GasGas, KTM dan GasGas tentu punya potensi besar untuk meraih hasil lebih bagus dari tahun tahun sebelumnya di kelas MotoGP.
Rasa optimis yang besar muncul di kubu KTM untuk tahun depan, setelah hasil yang sangat positif di akhir musim lalu, dan ditambah hasil bagus di tes Valencia lalu.

Brad Binder menggunakan sasis baru ini di GP Valencia lalu dan berhasil meraih runner up. Binder mengatakan dia mendapat feeling yang lebih baik saat keluar tikungan serta mendapat grip yang lebih baik dengan sasis ini, namun juga menyebut jika ada hal negatif dari sasis ini. Salah satu yang paling membuatnya kesulitan adalah Binder merasa benar benar berada pada batasnya di area fornt end motor. Meski begitu, saat Binder dan timnya menjalani pekan balap di Valencia lalu, tampaknya mereka berhasil menemukan sedikit solusi untuk permasalahannya ini.
Tapi langkah yang sangat positif di 2023 datang dari sesi uji coba setelah GP Valencia. Sekali lagi Binder menguji coba sasis ini, tapi dia juga menguji coba sasis baru yang tampak identik namun berbeda. Di sasis baru ini, Binder mengatakan bahwa sisi negatif dari sasis lamanya sudah hampir hilang dengan sasis baru yang telah diupdate ini.
Tentu ini kemajuan yang sangat positif. Bila KTM sudah bisa membangun sasis yang memungkinkan pembalapnya mengerem lebih lambat, menikung lebih baik serta grip yang bagus saat akselerasi, maka penampilan pembalap KTM patut ditunggu tunggu di 2023 ini.
Perubahan terbesar motor KTM 2023 ada pada bagian belakangnya, dan sepertinya perubahan ini akan mengantarkan KTM ke arah yang lebih positif di musim ini.

Bisa dilihat disini, motor KTM RC16 2022 yang ada di kanan dan KTM RC16 2023 di sebelah kiri. Bagian jok motor dan tail unit motor 2023 berbeda. Tampaknya KTM telah mendesain ulang bagian ini untuk mengubah distribusi bobot motor agar bisa mengatasi kelemahan motor yang diderita beberapa musim terakhir.
KTM sekarang kedatangan wajah baru yaitu Jack Miller. Meski beberapa orang berpendapat bahwa KTM seharusnya lebih memilih Oliveira ketimbang Miller, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa Miller adalah pembalap yang sangat cepat dan juga kaya pengalaman di kelas MotoGP, yang mana pengalamannya ini akan dibawa ke KTM. Miller tentunya punya pengalaman selama bertahun tahun di Ducati, ditambah saat ini Ducati sudah menjadi motor terbaik di MotoGP, KTM pastinya tak sabar mendapat input positif dari Miller.
Satu hal lagi yang membuat orang penasaran tentang kiprah KTM nantinya di tahun ini adalah tentang kerja samanya dengan Red Bull Technologies. Ini artinya KTM sedang bekerja sama dengan orang orang yang mendesain dan mengoperasikan mobil F1 Red Bull.
Kerja sama ini tentunya akan membantu KTM dalam pengembangan aerodinamika di musim 2023 . Mungkin saja paket aero baru yang kita lihat di tes Valencia lalu adalah semacam desain pengembangan pertama aeronya, sebelum kita bisa melihat aero baru yang dirumorkan akan cukup berbeda saat KTM membawa pake aero baru 2023 di sesi uji coba Sepang nanti.
Sementara itu tim Tech3 akan dibranding dengan nama GASGAS di musim 2023. Motornya masih akan identik dengan motor pabrikan KTM, namun nantinya motor GASGAS akan dikelir merah bukan orange seperti KTM pabrikan.
Tentu ini kabar baik bagi tim Tech3, karena ini berarti tim Tech3 akan dikenal sebagai tim pabrikan GASGAS, dan juga akan mendapat update komponen yang sama seperti tim KTM pabrikan. Pada dasanya di musim 2023 ini akan ada 4 motor pabrikan KTM di grid MotoGP.
Di motor GASGAS nantinya akan ada Pol Espargaro dan bila kita lihat reaksinya di tes Valencia lalu, kita bisa melihat betapa senangnya Espargaro bisa kembali ke motor KTM.
Perku diketahui, sebelum Pol Espargaro meninggalkan KTM demi hijrah ke Honda, dia bisa meraih 5 kali podium di 2020. Bila Pol Espargaro bisa mendapat kecepatannya seperti saat dia di KTM, tentunya penampilannya tidak akan mengecewakan di musim 2023 ini.
Sementara itu rekan setim Pol Espargaro adalah juara dunia Moto2, Augusto Fernandez.
Dengan tidak adanya pembalap rookie lain tentunya ini kesempatan bagus bagi Augusto untuk bisa fokus pada dirinya sendiri dan bisa fokus meningkatkan kecepatannya.
Banyak yang beranggapan bahwa talenta Augusto akan lebih cocok bila membalap di motor yang lebih besar, jadi patut dinanti kiprah pembalap rookie ini saat dia mencoba untuk meraih poin sebisa mungkin di 2023.
Saat ini muncul rasa optimis tinggi di kubu KTM dan GASGAS. Dengan motor baru yang menunjukan potensi yang menjanjikan dan banyak faktor yang mendukungnya dari sisi pembalap dan tim. Penampilan KTM yang berkelir orange dan GASGAS yang berkelir merah di MotoGP 2023 patut dinantikan.