Sirkuit Motorland Aragon merupakan sirkuit keenam yang pernah menyelenggarakan ajang balap dunia. Setelah Montjuic, Jarama, Jerez, Catalunya dan Ricardo Tormo Valencia. Sirkuit yang diresmikan pada September 2009 dibuat dengan tujuan sebagai sirkuit cadangan untuk Grand Prix MotoGP.
Sirkuit ini di desain oleh arsitek kelas dunia Herman Tilke, yang juga merancang Circuit of The America dan Sepang. Untuk proses mendesain lintasannya, Tilke juga mendapat nasehat dari mantan pembalap Formula 1, Pedro de la Rosa
MotorLand Aragon mulai masuk ke kalender balap MotoGP di tahun 2010 sebagai pengganti dari sirkuit BalatonRing yang mana sirkuit yang dibangun di Hungaria ini tidak tepat waktu dalam pembangunannya. Setelah menjalani musim pertamanya sebagai bagian dari sirkuit Grand Prix MotoGP, Motorland Aragon pernah dinobatkan menjadi penyelenggara Grand Prix terbaik. Itu merupakan pertama kalinya sebuah sirkuit bisa meraih penghargaan ini di musim debutnya. Semenjak itu sirkuit Aragon kembali mendapatkan penghargaan yang sama di dua musim berikutnya
Sirkuit Aragon ini memiliki beberapa keunikan yang mana sirkuit ini bisa dimodifikasi dengan memperpanjang atau memperpendek jalur lintasannya, juga jumlah tikungannya, termasuk di lintasan lurusnya bisa diperpanjang hingga 2km. Tujuan memperpanjang lintasan lurus ini biasanya untuk uji coba perangkat aerodinamika motor ataupun mobil
Disamping itu Sirkuit Aragon ini memiliki perbedaan ketinggian tanah hingga 50 meter antara titik terendah dan tertingginya, oleh sebab itu Aragon merupakan salah satu sirkuit dengan variasi ketinggian terhebat dalam kalender balap MotoGP
Sirkuit Aragon ini juga didalam areanya menambahkan beberapa sirkuit untuk balapan Karting, Motocross maupun supermoto. Bahkan di sirkuit ini dibangun TecknoPark Motorland, sebuah tempat dimana perusahaan otomotif dapat mengembangkan teknologi canggihnya , melatih staf mereka, dan melakukan riset dan inovasi. Salah satu yang memanfaatkan fasilitas ini adalah suplier mesin yang digunakan di kelas Moto2 yaitu Triumph
Salah satu sektor dari sirkuit yang meliputi tikungan ke 8 dan 9 menjadi salah satu ikon dari sirkuit Aragon ini karena memliki kesamaan dengan tikungan ‘Corkscrew’, yang merupakan salah satu tikungan yang melegenda di sirkuit Laguna Seca, Amerika
Kemudian di tikungan 10 pengelola sirkuit memberikan nama tikungan itu ‘Marc Marquez corner’. Bahkan di sekitar tikungan itu dibuatkan sebuah monumen untuk menghormati kehebatan Marc Marquez di sirkuit Aragon
Marc Marquez bisa dibilang menjadi pembalap paling sukses di sirkuit MotorLand Aragon dengan total meraih 6 kemenangan, 5 diantaranya di kelas MotoGP dan 1 di kelas Moto2. Juga menjadi paling banyak meraih pole position, 5 dilakukan di MotoGP, 1 di kelas 125cc dan 1 di kelas Moto2. Marc Marquez juga masih memegang rekor lap time tercepat di Aragon sejak 2015 dengan catatan waktu 1 menit 46,635 detik, yang hingga kini belum terpecahkan
MotorLand juga Aragon dikenal sebagai sirkuitnya Honda karena dari 10 gelaran Grand Prix yang sudah di selenggarakan, 7 diantaranya dimenangkan oleh pembalap Honda; dimulai dari Casey Stoner di 2011, Dani Pedrosa di 2012 dan Marc Marquez di 2013, 2016 sampai 2019
Untuk tahun 2020 ini harapan besar Honda tentunya bertumpu pada Alex Marquez yang minggu lalu mampu meraih podium pertamanya. Lalu Apakah Alex Marquez mampu meraih kemenangan di sirkuit Aragon seperti yang dilakukan kakaknya di tahun tahun sebelumnya ?