Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Brand Honda

Ketika Semua Podium MotoGP Di Sapu Bersih Oleh Tim Honda Repsol

Dika Cielers by Dika Cielers
13 Oktober 2020
in Honda, MotoGP, Story
Reading Time: 3 mins read
329 10
0
1.1k
SHARES
5.7k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Saat  ini, pembalap resmi Repsol Honda diisi oleh 2 pembalap, yaitu Marc Marquez dan Alex Marquez , tapi dulunya tim Repsol Honda pernah memiliki 4 pembalap resmi dalam satu musim balap selama kejuaraan dunia motogp.  Hasil luar biasa dari keempat pembalap ini telah dibuktikan dengan keberhasilan mereka dalam menyapu bersih tiga podium di 6 balapan.

Sedikit tim yang bisa menempatkan 3 pembalapnya di podium saat akhir balapan, atau pembalap mereka bisa melewati garis finis di 3 urutan terdepan.. Repsol honda salah satunya yang bisa melakukan semua ini, dan telah membuktikannya sebanyak enam kali. Ini Menunjukan betapa kuatnya tim Repsol Honda dibanding rival rival mereka saat itu

Pertama kali tim Repsol Honda melakukan sapu bersih semua podium terjadi di balapan yang tidak biasa di sirkuit Imola di Grand Prix Italia 1996. Saat itu, Balapan harus dihentikan karena hujan turun deras, dan race direction memutuskan para pemenang dipilih berdasarkan para pembalap yang berhasil memasuki garis finis di lap 16. Itulah kenapa, Mike Doohan, yang memulai balapan di pole position, berhasil meraih podium utama. Ditemani oleh rekan setimnya Alex Criville dan Tadayuki Okada.

Akhir balapan yang tidak biasa ini merupakan  pertama kalinya Tim Honda Repsol meraih semua podium di tahun 1996, namun ini barulah awal dari hal hebat yang terjadi di musim balap berikutnya.

Di tahun 1997, pembalap Repsol Honda diisi oleh Mick Doohan, Alex Criville, Takuma Aoki, dan Tadayuki Okada. Dengan amunisi seperti ini Tim Honda Repsol total mengamankan tidak kurang dari empat kali kemenangan sempurna.

Yang pertama terjadi di Sirkuit Suzuka selama balapan di GP Jepang, dan posisi podiumnya sama seperti waktu di Imola Italia: Mick Doohan meraih podium pertama, Alex Criville podium kedua, dan Tadayuki Okada podium ketiga. Pertarungan memperebutkan podium utama antara Doohan dan Criville pada lap terakhir menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi para fans MotoGP saat itu. Publik Jepang juga cukup gembira dengan pembalap muda tuan rumah Takuma Aoki bisa melewati garis finis di urutan ke 4.

A Criville M Doohan T Okada Repsol Honda
1997 GP Espagne 04 05 1997
©Photo:J Olivares

Selanjutnya, Para penggemar balap motor spanyol dipuaskan oleh kemenangan sempurna Repsol Honda yang kedua di sirkuit Jerez selama musim balap 1997. Karena seperti yang diharapkan, berkat motivasi ekstra dari para penonton balapan di kandangnya sendiri, Alex Criville bisa menyalip juara dunia Mick Doohan dan akhirnya bisa melintasi garis finish sebagai pemenang di kandangnya sendiri, sementara podium ketiga ditempati Okada, dan Aoki sekali lagi fisnih di urutan keempat.

M.Doohan T Okada T Aoki Repsol Honda.GP Germany 20 07 1997.©Photo:J Olivares

Berikutnya saat balapan dilaksanakan di Sirkuit Nurburgring, Alex Criville tidak menjadi bagian kemenangan sempurna yang diraih Repsol Honda karena ia masih menderita cidera yang dialami di balapan sebelumnya. Kali ini, Mike doohan sekali lagi menempati podium pertama, disusul Okada serta Aoki yang berhasil finish di belakangnya selisih 6 detik. Bisa dikatakan, cara Mick Doohan memenangkan Grand Prix German ini sangat sempurna, meski diawal lomba pembalap Australia melakukan start yang buruk namun ia mampu menjadi yang terdepan, sekaligus meraih: Pole Position dan fastest lap di GP Jerman ini

Kemenangan Sempurna terakhir yang diraih Repsol Honda di musim 1997 terjadi di GP Indonesia di sirkuit Sentul. Saat itu melibatkan sebuah pertarungan sengit antara Mick Doohan dan Tadayuki Okada di lap terakhir, yang diakhiri dengan manuver ciamik pembalap asal Jepang di 2 tikungan terakhir, membuatnya keluar sebagai pemenang dengan margin hanya 0,069 detik. Mick Doohan harus puas menempati podium kedua, dan Alex Criville di podium ketiga.

Sapu bersih podium Repsol Honda terkahir diraih pada 1999. Sekali lagi ini terjadi di Spanyol, saat GP catalunya digelar pada 20 Juni. Dari tiga pembalap yang melangkah ke podium, dua diantaranya adalah pembalap spanyol. Sang juara itu adalah Alex Criville, yang meraih finish dengan margin 0,06 detik dari Okada dan Sete Gibernau di podium ketiga dengan selisih 4 detik.

Tags: Alex CrivilleHonda RepsolLegendaMick Doohan
Share430Tweet269Pin97Scan
Previous Post

Awal Mula Berkembangnya Kelas Kelas di Grand Prix MotoGP

Next Post

Tugas Penting Para Mekanik dan Teknisi Tim MotoGP

Related Posts

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano
Honda

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Next Post

Tugas Penting Para Mekanik dan Teknisi Tim MotoGP

Saat Kondisi Hujan, Settingan Motor MotoGP Apa yang Harus Diganti ?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023

Mengenal Sesi Free Practice & Qualifying Practice dalam MotoGP

3 September 2020
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

19 Mei 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1301 shares
    Share 520 Tweet 325
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In