Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home MotoGP

Kala Jonathan Rea Pernah Membuktikan Dirinya Pantas di MotoGP

Dika Cielers by Dika Cielers
23 Juni 2020
in MotoGP, Story
Reading Time: 3 mins read
325 3
0
1k
SHARES
5.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Banyak pembalap melakukan perpindahan dari MotoGP ke World SuperBike ataupun sebaliknya dalam 3 dekade terakhir,, Sebut saja Cal Crutchlow, Ben Spies, Marco Melandri, Max Biaggi, Nicky Hayden, dan masih banyak lagi.

Dalam dekade terakhir ini, kesuksesan pembalap yang pindah dari World Superbike ke MotoGP sangatlah sedikit,,penyebab utamanya karena perbedaan regulasi antara ajang balap motor produksi dan motor prototype, ditambah lagi keengganan dari pabrikan untuk membuat mesin khusus untuk ajang balap Superbike.

Namun terkadang, bintang dari ajang Superbike mampu membuktikan kalau dia pantas menjadi pembalap MotoGP.

Seperti yang terjadi di tahun 2012, saat 2 kali juara dunia MotoGP Casey Stoner terpaksa harus absen 3 seri balapan karena menderita cedera engkel kakinya, Tim Honda Repsol kemudian memanggil Jonathan Rea (baca: Rey) untuk menggantikan posisi Stoner di seri balap San Marino dan Aragon.

Sebelumnya, Rea menjalani debutnya di World Superbike di tahun 2009 dengan motor Hondanya, dan semenjak itu dia juga beberapa kali berhasil meraih podium dan kemenangan dengan motor Honda Fireblade CBR1000RR nya.

Tapi beralih dari motor dengan spec mesin Superbike ke spec mesin pabrikan Honda RC212V MotoGP sangatlah jauh berbeda. Ditambah lagi perbedaan dari ban, Elektronik dan rem karbon yang digunakan,, bisa dibilang MotoGP merupakan dunia yang jauh berbeda dari yang Rea hadapi di ajang Superbike

Sederhananya, melakukan balapan di Misano dan Aragon merupakan pekerjaan yang sangat berat. Ditambah lagi dalam sebulan dia harus menjalani balapan 4 minggu berturut turut,, 2 untuk MotoGP dan 2 untuk World SuperBike. Ini berarti dia harus bisa beradaptasi dengan hal teknis yang berbeda setiap minggunya, seperti pada ban, rem, elektronik dan banyak hal lainnya, mengingat dia belum pernah sekalipun mencicipi motor MotoGP

Rea cukup sulitmenjalani debut pertamanya di Misano . Hujan turun Pada sesi Free Practice di hari jumat dan di hari sabtu, membuat percobaan pertama  pada motor MotoGP di kondisi lintasan kering harus ia lakukan pada sesi kualifikasi. Meski catatan waktunya terpaut 1,5 detik dibelakang peraih pole position saat itu Dani Pedrosa, Rea masih bisa meraih hasil yang cukup baik, yaitu di posisi ke sembilan. Pada balapan di hari minggu ia berhasil finish di urutan ke 8 terpaut 43 detik dari pemenang balapan saat itu Jorge Lorenzo. Hasil yang cukup bagus bagi seorang yang baru 3 hari menjajal motor prototype MotoGP.

Di minggu berikutnya Rea harus kembali balapan di World Superbike di seri Portugal, dimana dia berhasil meraih podium, dan minggu berikutnya lagi dia kembali balapan di MotoGP seri Aragon. Pada sesi kualifikasi ia menempati posisi ke 7, catatan waktunya hanya terpaut 1 detik dari peraih pole position Jorge Lorenzo, dan terpaut 0,4 detik dari pembalap tim satelit Honda LCR Stefan Bradl. Lalu pada race di hari minggu Rea berhasil finish di urutan ke 7, terpaut 32 detik dari pemenang balapan sekaligus rekan setimnya Dani Pedrosa.

Rea sebenarnya ditugaskan untuk terus menjadi pengganti Stoner di seri balap berikutnya di Motegi dan Sepang, karena awalnya Stoner dijadwalkan akan kembali balapan di Phillip Island. Namun pembalap Australia ini ternyata bisa turun balapan di Motegi, membuat Rea harus kembali balapan di World Superbike.

Jonathan Rea memang hanya bisa tampil 2 seri balapan di tahun 2012 bahkan dengan motor Honda yang sulit waktu itu, meski begitu Rea  mampu tampil mengesankan. Bukan tidak mungkin jika Rea diberi paket motor yang bagus di MotoGP, dia bisa menunjukan hasil yang bagus.

Mungkin masih belum cukup kuat untuk menyaingi Marc Marquez, tapi setidaknya dia pasti bisa menang 2 seri Grand Prix di MotoGP

Jonathan Rea adalah pembalap yang hampir tak terkalahkan di Superbike, bahkan tahun lalu saat Alvaro Bautista sempat unggul jauh dengan motor Ducati Panigale V4R nya, Rea masih bisa mempertahakankan mahkota juaranya. Semua ini tak lain karena bakatnya  yang luar biasa.

 

Tags: jonathan reawsbk
Share415Tweet260Pin93Scan
Previous Post

4 Pembalap Top MotoGP Ini Ternyata Dulunya Hidup Pas-pasan

Next Post

Akankah Lorenzo kembali ke Ducati untuk jadi tandem Miller jika Dovizioso hengkang?

Related Posts

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano
Honda

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Next Post

Akankah Lorenzo kembali ke Ducati untuk jadi tandem Miller jika Dovizioso hengkang?

MotoGP Spanyol, 3 Duel Terpanas dan Paling Kontroversial di Jerez

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022

Mengenal Sesi Free Practice & Qualifying Practice dalam MotoGP

3 September 2020
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Mesin Formula 1 dari waktu ke waktu

Mesin Formula 1 dari waktu ke waktu

29 Juni 2022
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1302 shares
    Share 521 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In