Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home MotoGP

Inilah Trik Fabio Quartararo yang Bisa Membuatnya Cepat di Motor Yamaha

Dika Cielers by Dika Cielers
23 Agustus 2020
in MotoGP, Yamaha
Reading Time: 2 mins read
313 10
0
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Ada 4 kontrol utama dari sebuah motor MotoGP, yaitu gas, kopling, rem depan dan rem belakang. Keempat alat ini bisa juga digunakan untuk melakukan hal yang tidak biasanya dilakukan. Sebagai contoh, kontrol gas pada motor bisa juga digunakan untuk memberikan efek slide pada motor untuk menikung dengan agresif saat di tikungan, lalu kopling pada motor MotoGP bisa juga digunakan sebagai kontrol traksi, meskipun ini dilakukan sebelum era elektronik dimulai, dan lain sebagainya

Alat yang paling sering digunakan dari semuanya tadi adalah rem belakang. Yang mana para pembalap menggunakannya untuk menghentikan motor sebelum masuk tikungan, mengubah arah motor saat masuk tikungan dan mengurangi efek wheelie pada saat keluar tikungan.

Dua pembalap Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi pernah mengatakan bahwa alasan mengapa Fabio Quartararo bisa sangat cepat diatas motor Yamaha adalah, karena dia sangat menguasai penggunaan rem belakang motornya sehingga ia bisa menghentikan motor lebih cepat dari pembalap lain. Hal ini tidak hanya menghemat waktu saat mengerem tapi juga meningkatkan kecepatannya saat di lintasan lurus, jadi dia tidak perlu mengambil resiko terlalu banyak saat melakukan pengereman saat memasuki tikungan

Teknik ini juga salah satu yang sangat dikuasai Marc Marquez. Bisa dilihat saat Marquez mengerem saat akan masuk ke tikungan lambat, ban belakang motornya selalu bergerak ke kanan dan ke kiri. Lalu dia membanting bagian belakang motornya ke sisi yang berlawanan seperti pembalap rally dan di momen yang tepat dia mengarahkan motornya masuk ke dalam tikungan

Di era ban Bridgestone, banyak pembalap yang sulit untuk menggunakan rem belakang untuk menghentikan motor, ini karena grip ban depan bridgestone sangat kuat jadi pembalap bisa mengerahkan kekuatan pengeremannya hanya pada ban depan melalui cakram depan

Namun di era sekarang teknik seperti itu tidak bisa digunakan. Grip ban depan Bridgstone memang lebih kuat daripada ban belakangnya, namun ban belakang Michelin grip nya lebih kuat daripada ban depannya. Jadi pembalap sangat membutuhkan ban belakang untuk membuat motor berhenti melaju.

Kebanyakan pembalap sekarang adalah seorang late braker yang kuat, terkadang mereka mengerem sampai ban depannya terkunci atau hampir terkunci. Inilah mengapa teknik pengereman rem belakang lebih penting di era sekarang. Dan inilah yang membuat pembalap seperti Bradley Smith kesulitan di MotoGP, karena gaya balapnya yang terlalu menggunakan rem depan, sementara di era ban Michelin ini teknik rem belakang lebih penting

Di era MotoGP sekarang, tidak hanya bagaimana pembalap menggunakan rem belakang, namun juga bagaimana pembalap mengendalikan motornya untuk tetap menjaga ban belakangnya tetap mendapat kontak dengan aspal, karena jika pembalap terlalu dalam menggunakan rem depan, ban belakang akan terangkat dan tidak bisa melakukan pengereman di titik pengereman lintasan

Teknik yang bisa dilihat saat  Quartararo akan masuk tikungan adalah dia menekan rem belakang lebih dulu sebelum dia menekan rem depan, ini dilakukan untuk memberikan tekanan pada rem belakang. Selebihnya sulit menjelaskan secara detail bagaimana Quaratararo bisa sangat cepat di tikungan, kecuali pihak Yamaha mau membuka akses untuk melihat data telemetri motornya,

Yang bisa kita lihat dengan jelas adalah Quartararo mempunyai gaya balap yang sangat cocok dengan karakter Yamaha. Ditambah lagi Quartararo dan timnya bisa mensetting motornya dengan tepat, seperti mengatur secara detail tekanan pada rem depan, rem belakang, posisi badan saat melakukan pengereman dan lain sebagainya, ini dilakukan untuk mendapatkan cengkraman ban yang bagus dan kekuatan pengereman pada ban depan dan ban belakang saat mendekati tikungan.

Mungkin inilah hal yang paling penting dalam meningkatkan kekuatan pada rem belakang. Yang merupakan tugas utama dari crew chief dan para mekanik untuk bekerja mengatur keseimbangan traksi ban depan maupun ban belakang pada motor Quartararo

Tags: Fabio Quartararopetronas yamahaYamaha
Share409Tweet256Pin92Scan
Previous Post

Kenapa Motor MotoGP Mesin V4 Lebih Kuat Dalam Pertarungan Dibanding Dengan Mesin Inline4

Next Post

Inilah 5 Pembalap yang Bisa Juara Dunia MotoGP dengan Tim Satelit,

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Next Post

Inilah 5 Pembalap yang Bisa Juara Dunia MotoGP dengan Tim Satelit,

Apa yang Membuat Rem Depan Yamaha Bermasalah di GP Styria ?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In