Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Inilah Sirkuit yang Paling Berkelok Kelok Sepanjang Sejarah Kejuaraan Balap Dunia

Dika Cielers by Dika Cielers
7 Januari 2020
in Inside GP, List
Reading Time: 2 mins read
319 10
0
1k
SHARES
5.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Tikungan bisa menjadi poin penting bagi pembalap di MotoGP. Itulah sebabnya jumlah tikungan di sirkuit bisa memberi pengaruh besar bagi tim tim di MotoGP dalam men set up motor mereka.

Sebagian besar sirkuit pada kalender balap tahun ini memiliki sekitar 14 sampai 16 tikungan, jumlah yang wajar bagi seorang pembalap yang harus menghadapai berbagai tantangan di sirkuit dengan tikungan sebanyak itu. Namun, beberapa sirkuit mempunyai tikungan yang lebih banyak dari jumlah itu, yang berarti bahwa memerlukan perhatian khusus dalam  membuat setingan pada motor.

Diantaranya adalah :

  • Sirkuit MotorLand Aragon.

MotorLand Aragón memiliki total 17 tikungan,  10 tikungan kiri dan 7 tikungan kanan. Ini adalah salah satu sirkuit favorit bagi pembalap juara dunia Marc Marquez, yang telah banyak meraih kesuksesan di sirkuit ini, dengan total raihan lima kemenangan selama di kelas MotoGP. Sirkuit Aragon dianggap sebagai salah satu sirkuit terbaik oleh seluruh pembalap dan tim MotoGP, juga sirkuit ini telah memenangkan tiga kali penghargaan sebagai sirkuit terbaik dalam menggelar kejuaraan dunia balap Grand Prix. Salah satu alasan mengapa sirkuit ini sangat menarik bagi pembalap dan penonton adalah pada area tikungan ke 8 dan 9 yang selalu menyajikan manuver yang menghibur.

  • Berikutnya ada Sirkuit Silverstone dan Assen

Sirkuit Silverstone dan Assen menjadi sirkuit yang paling lama menggelar Grand Prix. Dengan total ada 18 tikungan, kedua sirkuit ini memiliki satu kesamaan, yaitu tingkat kompleksitasnya yang tinggi karena serentetan tikungannya. Sirkuit Silverstone memiliki 8 tikungan kiri dan 10 tikungan kanan, sementara Assen memiliki 12 tikungan kanan dan 6 tikungan kiri. Ini menjadikan Assen sebagai sirkuit dengan jumlah tikungan kanan terbanyak pada kalender balap MotoGP saat ini. Selain itu, Sirkuit Assen telah mengalami banyak perubahan seiring waktu. Di masa lalu sirkuit Assen mempunyai jalur yang lebih panjang dan tikungannya berjumlah hingga 24 tikungan.

 

  • Menurut data saat ini, sirkuit dengan putaran paling banyak tidak lain adalah Circuit of the America. Sirkuit Amerika ini memiliki 20 tikungan – 11 tikungan ke kiri dan 9 tikungan ke kanan, beberapa di antara tikungannya berjarak sangat dekat sehingga pembalap dituntut untuk mengubah arah motor dengan cepat. Sirkuit ini pun termasuk salah satu sirkuit terpanjang, dengan total panjang 5,5 km. Meskipun memiliki banyak tikungan yang menuntut pembalap untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya, sirkuit Amerika ini juga memiliki lintasan lurus terpanjang di Grand Prix saat ini, dengan panjang 1.200 meter. Membuat sirkuit ini penuh dengan tantangan ekstrem bagi para pembalap MotoGP. Tak ayal Marc Marquez yang dikenal sebagai pembalap yang sangat agresif tampaknya sangat cocok dengan karakter sirkuit ini, dengan mengoleksi enam kemenangan secara beruntun, Ia hanya sekali melewatkan kemenangan di Sirkuit Amerika tahun lalu karena terjatuh, meski ia memimpin balapan sejak awal start.

Sebagai tambahan, sirkuit yang tidak lagi menjadi bagian dari kalender balap Grand Prix tetapi memiliki banyak tikungan adalah sirkuit legendaris Nürburgring, dengan total lebih dari 70 tikungan dan lintasan sepanjang 22,8 km. Beberapa balapan pernah berlangsung di sirkuit ini antara tahun 1955 dan 1980. Sirkuit ini juga dikenal sebagai “Green Hell”, karena sirkuit ini mungkin yang paling berbahaya dan menantang di dunia dengan lintasan yang naik turun melewati hutan yang lebat dan bukit.

Namun berapapun banyaknya tikungan yang ada di sirkuit, tentunya sirkuit favorit bagi penikmat olahraga balap motor adalah sirkuit di mana para fans menyaksikan pembalap jagoan mereka bertarung dengan maksimal dan menghadirkan tontonan menarik, bukan begitu?

 

Share416Tweet260Pin94Scan
Previous Post

Honda RC211V, Awal dari Era Baru

Next Post

Phillip Island, Sirkuit yang Indah di Pinggir Laut, Sekaligus Rumit dan Berbahaya Bagi Pembalap

Related Posts

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano
Honda

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Next Post

Phillip Island, Sirkuit yang Indah di Pinggir Laut, Sekaligus Rumit dan Berbahaya Bagi Pembalap

Seri Sepang 2015 yang Ternodai Oleh Rossi, Marquez dan Lorenzo

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

19 Mei 2023
Sejarah Ducati di MotoGP.

Sejarah Ducati di MotoGP.

3 November 2022
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1301 shares
    Share 520 Tweet 325
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In