Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Inilah Perlengkapan Khusus Pembalap MotoGP untuk Balapan Hujan

Dika Cielers by Dika Cielers
5 November 2020
in Inside GP, List, MotoGP, Teknologi
Reading Time: 3 mins read
325 3
0
1k
SHARES
5.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Balapan dalam kondisi kering dan basah butuh penyesuaian. Bukan hanya penyesuaian dari segi teknis atau motor, tapi juga perlengkapan atau riding gear pebalap. Saat hujan turun di lintasan, pembalap dan anggota tim harus bersiap menghadapi masalah yang kemungkinan besar akan terjadi saat balapan.

ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan pembalap untuk menghadapi menghadapi balapan

  • yang pertama Helm

    Salah satu dampak negatif yang utama saat balapan di tengah hujan adalah tingkat kelembapan yang tinggi dapat meningkatkan kondensasi atau pengembunan. Kondisi tersebut dapat mengganggu visibilitas pebalap. Helm yang digunakan saat wet race memiliki lebih banyak ruang untuk ventilasi .


    Namun, hal ini tidak mengurangi dampak dari masalah lain, yang utamanya disebabkan oleh faktor manusia yang tidak dapat dihindari, yaitu pernapasan. Maka itu, helm memiliki masker yang mengarahkan udara yang dihembuskan ke bawah, menjauhi kaca helm.

 

  • Yang kedua adalah Visor Helm

Visor helm juga tak hanya satu jenis saja yang disediakan. Ada beberapa tingkat kecerahan yang berbeda untuk kondisi kering dan basah. Visor helm yang lebih gelap dapat melawan cahaya yang intens dan layar yang lebih terang meningkatkan penglihatan dalam kondisi cahaya redup.

Layar helm yang tersedia untuk cuaca hujan cenderung lebih cerah. Perangkat ini juga memiliki layar internal, terpisah dari yang utama, yang berfungsi untuk menjaga suhu yang seimbang di dalam helm dan juga dapat mengurangi kondensasi pada visor. Penting juga untuk menjaga permukaan tetap bersih dan kering dengan menggunakan proses perawatan khusus.

Dan juga visor khusus hujan ini dilengkapi penutup karet pada bagian atasnya untuk memastikan kaca helm tidak kemasukan air hujan yang masuk dari atas yang dapat mengganggu konstentrasi pembalap.

 

  • Yang ketiga adalah Knee Slider


Menikung dengan posisi rebah dalam kondisi basah sangatlah berbahaya. Sementara, pebalap harus melakukannya untuk meraih hasil terbaik. Knee slider yang digunakan dalam kondisi wet race lebih tebal dari yang biasa dan lebih cepat menyentuh aspal. Sehingga, menjaga motor tidak terlalu miring. Dengan begitu, knee slider dapat menawarkan perlindungan yang lebih besar.

 

  • Yang keempat, Sarung Tangan

Sarung tangan yang digunakan dalam cuaca hujan cenderung tidak terlalu kaku dan ringan. Sehingga lebih nyaman bagi pembalap dan memungkinkan ketangkasan yang lebih besar saat memegang stang motor. Kenyamanan tambahan datang dengan hilangnya perlindungan dari sarung tangan yang dirancang untuk cuaca kering, yang mana itu lebih tebal tetapi membuat pembalap kesulitan saat membalap dalam kondisi basah. Untuk itu, ada berbagai macam sarung tangan yang bisa digunakan dalam kondisi hujan. Tergantung pilihan pembalapnya sendiri apakah lebih memutuskan sarung tangan yang lebih nyaman atau yang lebih safety

 

  • Yang kelima sepatu balap

Sepatu balap hujan hanya digunakan untuk curah hujan yang tinggi. Sepatu ini tidak memiliki banyak ventilasi. Alasannya sederhana, agar air tidak masuk dan kaki terendam air di dalam sepatu. Seperti halnya sarung tangan, sepatu balap hujan juga cenderung dibuat dalam berbagai variasi yang berbeda tergantung pada preferensi pembalap untuk kenyamanan dan perlindungan.

 

  • Kemudian yang terakhir adalah baju balap

Penyesuaian juga dilakukan pada baju balap atau wearpack. Meskipun tidak ada wearpack khusus yang digunakan dalam balapan saat hujan deras, melindungi pakaian dari air sangat penting. Sebab, bahannya sangat mudah menyerap air dan membuatnya menjadi tidak nyaman saat balapan.

 

Untuk mencegah hal ini terjadi, produk tahan air ditambahkan ke sepatu bot, sarung tangan, dan wearpack. Jika kondisi cuaca hujan cukup deras, pebalap juga bisa menggunakan jas hujan khusus.

Penggunaan perlengkapan balap dalam kondisi wet race memang sedikit tidak mengindahkan faktor-faktor seperti perlindungan, kenyamanan dan efektivitas. Pembalap dituntut harus beradaptasi dengan kondisi tersebut dan perlengkapan balap dirancang untuk membantu semua pebalap dalam proses adaptasi ini agar dapat memberikan yang terbaik selama balapan.

 

Share416Tweet260Pin94Scan
Previous Post

Sejarah Hadirnya Fairing Winglet di MotoGP

Next Post

Tim Milik Valentino Rossi VR46 Akhirnya Melangkah ke MotoGP Bekerjasama Dengan DUCATI

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Next Post

Tim Milik Valentino Rossi VR46 Akhirnya Melangkah ke MotoGP Bekerjasama Dengan DUCATI

Bahan Bakar Seperti Apa yang Dipakai Motor MotoGP?

Bahan Bakar Seperti Apa yang Dipakai Motor MotoGP ?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In