Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Inilah Perbedaan Perawatan Motor MotoGP dan Motor Sport Jalanan

Dika Cielers by Dika Cielers
30 Oktober 2020
in Inside GP, MotoGP
Reading Time: 2 mins read
321 3
0
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kita selalu melihat tim tim MotoGP bekerja tanpa lelah di garasi selama belangsungnya balapan Motogp. Bayangkan, Bisakah  kalian melakukan perawatan yang melelahkan seperti itu pada motor harianmu? Kita akan membandingkan perawatan pada sebuah motor balap dengan sebuah motor standar Honda CBR 1000RR sebagai sebuah titik acuan,

Sebuah tim motogp harus selalu mengecek motor setelah selesai melakukan setiap sesi pada pekan balap, lalu apa saja yang harus dicek pada motor MotoGP?

  • Yang pertama adalah ban

Seperti yang kita lihat di setiap pekan balap Motogp, ban harus selalu diganti, bahkan saat masih berlangsungnya sesi Free Practice, kualifikasi atau balapan. Ban balap didesain untuk memberikan performa maksimum, yang artinya umur ban sangat pendek – sangat jarang ban yang digunakan ini bisa bertahan lebih dari satu kali balapan. Di sisi lain, Ban pada Motor sport kalian, , harus mempunyai keseimbangan antara keawetan dan efisiensi . Ban ini dapat digunakan lebih dari 10.000km, dan itu sebaiknya di cek paling tidak sekali sebulan.

  • Yang kedua adalah Rem

Meskipun satu set piringan cakram dapat digunakan untuk sesi berikutnya, biasanya piringan cakram ini tidak akan bertahan sepanjang pekan balap. Minyak rem harus diganti dan harus di ‘bleeding’ di setiap sesi. Berbeda dengan motor kalian, yang punya umur kira-kira untuk 15.000km sebelum harus di servis . Lebih bagus apabila mengganti minyak dan membleeding rem setiap dua tahun.

  • Yang ketiga Suspensi

Di motogp, komponen pada suspensi dapat dirubah beberapa kali dalam satu pekan balap dikarenakan banyaknya modifikasi dan penyetelan yang dilakukan untuk menemukan setingan yang tepat pada motor, adapun pada motor yang kita gunakan sehari hari, kita harus memastikan untuk mengganti seal dan oli tepatnya setiap 30.000 km dan harus memeriksa suspensi setiap kali kita memakainya

  • Yang keempat Coolant

Kru tim MotoGP selalu terlihat mengecek kompenen-komponen motor setelah selesai menyelesaikan setiap sesi dan mengganti coolant pada akhir hari. Sistem pendingin pada motor sport standar seharusnya di cek saat melakukan servis dan coolant harus diganti setiap tiga tahun

  • Yang kelima Lubricant

Sangat penting untuk mengecek kondisi lubricant motor pada setiap sesi motogp. Kru pit menambahkan lubricant sesuai yang dibutuhkan atau bahkan mengganti seluruhnya, tergantung kebutuhan saat Pekan balap berlangsung. Di motor kita, oli dan filter harus diganti setiap servis, meskipun kondisi oli butuh dicek paling tidak satu bulan sekali. Lubricant harus menjamin keawetan mesin dan pada hal ini harus menghemat bahan bakar.

  • Berikutnya adalah kopling

Selama pekan balap, elemen penting ini dicek berulang kali dan komponen ini diganti sesuai kebutuhan setelah melalui pengecekan detail yang melelahkan. Pada motor yang kita gunakan,  Kita bisa menggunakan kopling yang sama untuk 30.000km

  • Yang ketujuh adalah busi

Busi  memiliki ketahanan yang bagus, dan butuh dicek setiap 24.000km dan diganti setiap 48.000km setiap 4 kali cek. Tidak mengejutkan bila   busi yang digunakan  di level kompetisi yang tinggi seperti MotoGP ini membutuhkan pengecekan setiap kali selesai sesi dan diganti jika diperlukan.

  • Yang terakhir Rantai

Rantai harus diberi pelumas dan disesuaikan setiap selesai sesi di motogp, sekaligus juga harus diperiksa dan diganti jika deperlukan. Adapun pada motor kita, komponen ini juga butuh dicek secara berkala. Setiap 1000 km kita harus mengecek kekenderun rantai dan memberi pelumas pada rantai.

Jika kalian berpikir merawat dan mengecek semua bagian dari motor kalian sendiri adalah sebuah pekerjaan yang melelahkan, bayangkan seperti apa lelahnya orang orang yang bekerja di tim motogp yang selalu melakukan rutinitas ini hampir di setiap selesai sesi balapan, yang mana ini dilakukan hanya setiap 100km.

Apakah kamu bisa melakukannya?

 

Share411Tweet257Pin92Scan
Previous Post

Apakah Pembalap Juara Dunia Tanpa Kemenangan Layak Disebut Juara Dunia ?

Next Post

Mengenal Sirkuit Sepang, Sirkuit Indah Kebanggaan Malaysia

Related Posts

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano
Honda

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Next Post

Mengenal Sirkuit Sepang, Sirkuit Indah Kebanggaan Malaysia

Tito Rabat, Pembalap yang Kegigihannya Terlupakan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022

Mengenal Sesi Free Practice & Qualifying Practice dalam MotoGP

3 September 2020
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Mesin Formula 1 dari waktu ke waktu

Mesin Formula 1 dari waktu ke waktu

29 Juni 2022
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1302 shares
    Share 521 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In