BMW dan MotoGP adalah 2 bagian tak terpisahkan dalam gelaran balap motor kelas tertinggi. Meski mereka tidak menurunkan motor balapnya di MotoGP, namun BMW memiliki peranan vital dalam keberlangsungan balap di MotoGP selama lebih dari 2 dekade.
Dalam kurun waktu yang lama itu, BMW selalu mampu memberikan support terbaiknya pada event balap kelas primer itu. Pecinta balap MotoGP pastinya tidak asing dengan keberadaan mobil BMW yang selalu mengitari lintasan ketika balapan akan dimulai.
Ya, mobil-mobil itu adalah Safety Car yang bertugas mengawal jalannya lomba dan melakukan pengecekan terhadap kondisi sirkuit sebelum balapan dimulai. Dengan hadirnya BMW sebagai Safety Car, race pun selalu berjalan dengan baik dan keselamatan para pembalap pun lebih terjamin saat memacu kuda besi mereka.
Nah, sejak periode 1999 hingga kini, banyak varian BMW yang telah aktif berpartisipasi sebagai Safety Car dengan seri mobil yang terus berkembang sepanjang tahun. Seperti apakah mobil-mobil BMW yang dipakai untuk Safety Car itu? Berapa banyak varian BMW yang telah digunakan dalam ajang balap MotoGP? Untuk menjawabnya, mari kita simak informasi lengkapnya berikut ini.
Daftar BMW Yang Pernah Digunakan Sebagai Safety Car MotoGP
BMW Z3 M Coupe (E36/8) MotoGP Safety Car (1999 – 2000)
BMW Z3 M Coupe merupakan generasi E36/8 dari BMW yang juga menjadi pelopor dan cikal bakal BMW M Safety Car yang kini digunakan dalam ajang balap MotoGP. Di tahun 1999, BMW telah dikenal sebagai brand mobil ternama dan populer di dunia.
Dengan style classic dan eksotik, Z3 M Coupe mampu menyedot perhatian banyak pecinta balap era generasi 90an yang masih memakai format kelas 500cc dan bertajuk Grand Prix. Mobil 2 pintu ini ditunjang dengan performa tinggi, berkat mesin 6 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 316HP hingga 320HP.
BMW Z8 (E52), BMW M3 Coupe (E46) dan BMW M5 (E39) Safety Cars (2001 – 2003)
Pada MotoGP musim 2001-2003, BMW mengerahkan armada yang lebih besar untuk Safety Car mereka. Bintang utama dari Safety Car tersebut adalah Z8 Roadster, mobil yang juga dipakai dalam film James Bond di era awal 2000an.
Z8 menggunakan mesin V8, dimana mesin itu juga dapat memberi daya yang sama pada E39 M5 dan menghasilkan tenaga tidak kurang dari 394HP dan torsi puncaknya diangka 500 Nm. 3 seri lainnya juga diperkenalkan pada musim 2001 hingga 2003.
Mobil-mobil tersebut adalah MW Z8 (E52), BMW M3 Coupe (E46) dan BMW M5 (E39). M3 Coupe Safety Car sendiri dapat menghasilkan output power 338HP, lebih tinggi dibanding Z3 M Coupe E36/8) dan M3 sebelumnya.
BMW M6 Coupe (E63), BMW M5 (E60), BMW M3 Coupe (E46) dan M3 CSL (E46) Safety Cars (2004 – 2006)
Sejak 2004, BMW memperkenalkan varian terbaru mobil mereka dengan seri M6 Coupe (E63) sebagai Safety Car di MotoGP. M6 bergabung dengan M5 teranyar dari generasi E60. Kedua mobil yang mempunyai performa tinggi itu makin terlihat bertenaga dengan dukungan mesin V10 yang digunakan juga pada ajang balap Formula 1.
Output maksimum yang dihasilkan pun mencapai 500HP pada 7750 RPM dan torsi puncaknya yang menyentuh 520 Nm. Selain M3 Coupe (E46) yang melanjutkan perjalanannya sebagai Safety Car MotoGP, BMW juga menggunakan M3 CSL (E46) untuk tambahan armada di MotoGP.
Jika dibandingkan dengan versi standar, M3 CSL ini lebih ringan 180 kg dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 354HP dengan mesin 6 silinder. Layaknya motor di MotoGP, M3 CSL juga menggunakan serat karbon untuk body mobil dan dilengkapi suku cadang CFRP untuk bagian atap dan splitter depan.
Komponen itu juga dipakai para insinyur dalam pembangunan trotoar, untuk mengurangi bobotnya agar lebih ringan. Mobil ketiga yang meluncur di tahun 2004-2006 adalah BMW X5 (E53).
Ketiga mobil itu dipakai untuk personel yang berbeda di MotoGP. Race Director menggunakan Seri 7 (E65). Sedangkan mobil untuk medis menggunakan Seri 3 Touring (E46 LCI). Dan Safety Director mengendarai Seri 5 BMW M Sport (E61).
BMW Z4 M Coupe (E85), BMW M6 Coupe (E63) dan BMW M5 (E60) Safety Car (2007)
Z4 M Coupe hanya muncul pada satu musim di MotoGP, tepatnya di tahun 2007 sebagai armada Safety Car. Kendaraan canggih 2 pintu ini dilengkapi dengan teknologi yang sama seperti M3 Coupe (E46). Mesinnya mampu menghasilkan tenaga sampai 338HP. Bersama dengan Z4 M Coupe, model E63 M6 dan E60 M5 juga dipublikasikan sebagai unit tambahan untuk mempermudah pekerjaan Race Director di MotoGP.
BMW M3 Coupe (E92), BMW X5 M (E70), BMW X6 M (E71) dan BMW M6 Coupe (E63) Safety Cars (2008 – 2010)
Selama 3 musim (2008-2010), BMW mengeluarkan 4 varian baru mobil canggih untuk kebutuhan Safety Car MotoGP. Keempat mobil tersebut adalah BMW M3 Coupe (E92), BMW X5 M (E70), BMW X6 M (E71) dan BMW M6 Coupe (E63).
Pada seri sebelumnya, BMW Z4 M Coupe termasuk dalam mobil yang memiliki masa pakai paling singkat untuk Safety Car MotoGP, karena hanya digunakan selama 1 tahun saja dan digantikan BMW M3 Coupe (E92) untuk musim 2008 dan berlanjut ke BMW X5 M (E70), BMW X6 M (E71) dan BMW M6 Coupe untuk tahun-tahun berikutnya.
Setelah homologasi khusus dilakukan pada BMW M3 GTR (E46), mesin V8 yang baru kemudian diaplikasikan ke generasi E92 M3. Daya yang dihasilkan sangat mengesankan, sebab 8 silindernya sanggup mengeluarkan tak kurang dari 414HP.
Sementara pada musim 2010, Seri E63 M6 kembali melanjutkan misinya sebagai Safety Car yang telah dimulai pada musim 2004 dengan upgrade pada mesin dan output tenaga hingga 547HP lewat mesin TwinPower Turbo V8.
BMW 1 Series M Coupe (E82) Safety Car MotoGP (2011)
Pada MotoGP musim 2011, BMW menghadirkan 1 Series M Coupe terbarunya sebagai Safety Car. Mobil ini cukup mengesankan kinerjanya karena dinamis dan sangat cocok dipakai untuk Safety Car. Dibangun pada generasi sasis E82, 1 Seri M Coupe dinilai banyak pecinta balap sebagai penerus sejati seri model E30 M3.
BMW M menggunakan mesin 6 silinder yang dilengkapi dengan twin-turbocharging dan bisa mengeluarkan tenaga sebesar 335 HP. Pada mobil ini terdapat beberapa fitur unggulan seperti jendela polikarbonat, sistem knalpot sport yang terbuat dari titanium, spoiler belakang untuk meningkatkan cengkeraman as belakang dan sistem pengereman performa tinggi dengan 6 kaliper piston.
BMW M6 Coupe (F13M), BMW M5 (F10M) dan BMW 1 Series M Coupe (E82) Safety Cars MotoGP (2012)
Musim 2012, BMW kembali memperkenalkan varian terbaru mereka untuk Safety Car. 2 varian terbaru itu terdiri dari BMW M6 Coupe (F13M) dan BMW M5 (F10M), ditambah BMW 1 Series M Coupe (E82) yang langsung diturunkan untuk mengawal keselamatan pembalap di MotoGP.
Pada F13M M6 dan F10M M5, keduanya dilengkapi mesin V8 dengan konfigurasi Hot Inner V dan berkapasitas 4395cc. Spesifikasi tinggi itu membuat BMW mampu menghasilkan output tenaga 553HP. Dengan tambahan TwinPower Turbo, torsi yang dicapai pun dapat mencapai angka 680 Nm diawal 1500 RPM.
Akselerasi 0-100 km/jam hanya membutuhkan 4,2 detik dengan M6 Coupe. Sedangkan untuk M5 dibutuhkan waktu sedikit lebih lama, 4,4 detik. M6 Coupe memiliki splitter depan terbaru dan spoiler serat karbon di bagian belakang yang meningkatkan aerodinamis mobil.
Untuk 1 Series M Coupe (E82), sebenarnya mobil ini adalah Safety Car MotoGP 2011 dan kembali digunakan untuk musim 2012 karena dinilai masih cukup layak dengan performa yang mumpuni dan tidak kalah dari versi BMW terbaru.