Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Story

Haruchika Aoki, Mentor Valentino Rossi Saat Mengawali Karir Balap di Kelas 125cc

Dika Cielers by Dika Cielers
11 November 2021
in Story
Reading Time: 2 mins read
316 13
0
1k
SHARES
5.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Mungkin saja jumlah raihan juara dunia Valentino rossi tak seperti sekarang ini jika di awal karirnya tidak bertemu dengan beberapa pembalap Jepang yang banyak menginspirasi dirinya seperti Norifumi Abe, Noboru Ueda dan yang tak kalah penting yaitu Haruchika Aoki di masa awal karirnya.

Kini, Rossi yang berusia 41 tahun, sudah mengkoleksi 9 gelar juara dunia sepanjang karirnya di ajang World Grand Prix . Satu gelar juara dunia diraih di kelas 125cc, satu di kelas 250cc dan sisanya diraih di kelas 500cc serta MotoGP .

Cerita dimulai saat sebelum Rossi terjun ke kejuaraan dunia, Valentino Rossi muda mengawali karir balapnya di kejuaraan amatir eropa. Saat itu tahun 1995 pembalap Jepang Haruchika Aoki menjadi Juara Dunia di kelas 125cc. Di tahun ini pula Haruchika Aoki dipertemukan dengan Valentno Rossi oleh seseorang, kemudian berteman dengan Valentino Rossi, saat itu Rossi sedang mengikuti kejuaraan balap 125cc level  eropa di awal tahun 1995.

Bagi Valentino Rossi sosok Haruchika Aoki sangat penting dalam karir awalnya sebagai pembalap Grand Prix. Valentino Rossi mengenal Haruchika Aoki saat pembalap jepang ini tinggal bersama dengan saudaranya di Italia yg juga pembalap, dan mereka sering hidup bersama. Pertemanan ini berkembang menjadi semakin dekat saat valentino rossi membuat debutnya di tahun 1996 di kelas 125cc.

Haruchika Aoki pun bagai seorang mentor yang mengajari semua ilmu-ilmu balap yang dimiliki Aoki. Ada saat dimana Aoki mengajak Rossi untuk masuk ke sirkuit dengan skuter untuk mengajarinya dimana titik pengereman di sirkuit yang bagus saat menyalip dan bagaimana cara yang bagus untuk mengembangkan strategi dalam balapan.

Saat valentino Rossi menjalani debutnya di kejuaraan dunia kelas 125cc dan membalap bersama Haruchika Aoki dalam 1 trek. Rossi pun kerap mengambil semua nasehat dari Aoki. Saat itu Aoki meminta Rossi untuk terus menempelnya saat balapan untuk mempelajari cara balapnya dan bagaimana Aoki mengembangkan ritme balapnya.

“Dia selalu di belakangku untuk melihat perkembangan ritme balapku, saat aku menyalip diapun melakukan hal yang sama. Saat aku mundur ke belakang diapun melakukan hal yang sama.” Tutur Aoki via MotoGP.com

Valentino Rossi dan Haruchika Aoki kembali bersaing di kategori yang sama pada musim 1998. Saat itu Rossi telah meninggalkan mentalitas anak baru dan hampir selalu finis di depan Aoki. Rossi menjadi runner-up kelas GP250 sementara Aoki finis di peringkat enam klasemen.

Aoki juga menjadi saksi langsung perjalanan Rossi menjadi juara kelas para raja ketika sama-sama bersaing di kelas GP500  pada 2001. Persaingan keduanya pada akhirnya berakhir pada tahun 2002 ketika Aoki keluar dari MotoGP. Setelah Aoki keluar, Rossi sukses meraih enam gelar juara dunia MotoGP dan masih belum pensiun hingga saat ini.

Ada momen yang menarik saat Haruchika Aoki duel dengan Alzamora di sirkuit Jerez (dibaca: herez). Saat itu di tikungan terakhir Aoki menyalip Alzamora dengan agresif tetapi tidak bisa menghentikan laju motornya dan akhirnya menyentuh motor Alzamora, hal ini membuat motor Alzamora melebar dan akhirnya Aoki pun menang balapan.

Valentino Rossi pun pernah aksi menyalip dengan agresif di tikungan terkahir saat berduel  dengan Sete Gibernau di sirkuit Jerez dan Valentino Rossi lah pemenangnya.

apakah Valentino Rossi belajar dari Haruchika Aoki saat menyalip di tikungan terakhir seperti yang dilakukannya pada Sete Gibernau di Jerez  ?

mungkin saja seperti itu…

Tags: LegendaValentino Rossi
Share416Tweet260Pin94Scan
Previous Post

Rahasia Dibalik Teknologi Elektronik di MotoGP

Next Post

Kapan dan Bagaimana Cara Pembalap Menyalip di Kelas MotoGP?

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Next Post

Kapan dan Bagaimana Cara Pembalap Menyalip di Kelas MotoGP?

Inilah 20 Pembalap Terbaik dari Berbagai Kategori di Tahun 2019

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In