Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Balap Dirt Track, Latihan Favorit Bagi Para Pembalap MotoGP

Dika Cielers by Dika Cielers
15 Desember 2020
in Inside GP, MotoGP, Story, Teknologi
Reading Time: 2 mins read
322 3
0
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Banyak pembalap yang membalap di ajang balap motor dunia memanfaatkan waktu senggangnya dengan balapan dirt track. Marc Marquez misalnya, adalah salah satu dari mereka. Faktanya memang jumlah penggemar balapan dirt track semakin bertambah dalam beberapa waktu ini.

Hal apa yang membuat tertarik pembalap MotoGP untuk berlatih dirt track? lalu apa sebenarnya balapan dirt track itu?

Balapan dirt track adalah salah satu jenis balapan yang bermula di Amerika. Biasanya lintasan balapan dirt track menggunakan lintasan tanah liat atau permukaan yang kasar dengan lintasan berbentuk oval yang hanya memiliki belokan yang tidak tajam atau bahkan tidak ada dan arah balapannya berlawanan arah jarum jam.

Kompetisi ini hanya memiliki beberapa sesi kualifikasi pendek dan terdiri dari 6 hingga 16 putaran atau lebih, tergantung pada tiap babak. Jumlah pembalapnya pun sedikit, paling sdikit 6 dan terkadang lebih dari 12 dalam beberapa babak awal. Pembalap tercepat akan lanjut ke babak berikutnya hingga babak final.

Dalam balapan ini, pembalap harus membuat motornya selip saat berbelok. Dalam balapan, sangat penting untuk mengetahui bagimana teknik mengerem, memiringkan motor, memainkan putaran gas yang tepat, dan menikung dengan dua ban yang slide. Namun, salah satu faktor paling penting dan impresif adalah bagaimana pembalap melakukan slide dengan kaki kiri ke tanah untuk mengontrol dan memperlama motor agar tetap dalam keadaan slide. Untuk dapat melakukan ini mereka menggunakan sepasang sepatu logam khusus.

 

Lalu Apa yang spesial dari motor yang digunakan dalam balapan dirt track?

Motor yang digunakan adalah motor yang desainnya berasal dari motocross dan perbedaan utama apabila dibandingkan dengan motor yang digunakan dalam kategori balap yang lain adalah motor dirt track tidak memiliki rem depan. Bannya pun sengaja di desain hanya memiliki grip yang terbatas. Sama halnya di ajang Grand Prix MotoGP, motor dirt track memiliki perbedaan kapasitas silinder dan lintasan yang berbeda dalam setiap kategori. Di Amerika Serikat, motor ini dapat menembus kecepatan 210 km/jam saat melaju di lintasan yang panjangnya 1,6 km

Dengan kecepatan seperti itu lalu timbul pertanyaan. Jika motor ini tidak ada rem depan, lalu bagaimana bisa pembalap menghentikan laju motornya?

Caranya adalah Dengan melakukan sliding yang baik, para pembalap dapat menikung dengan kecepatan penuh, memiringkan motor dan menjadikan ban belakang slide. Hal Ini dapat membuat kecepatan motor turun . Beberapa pembalap lebih suka untuk menggunakan pengereman rem belakang untuk menciptakan slide.

 

Lalu mengapa banyak pembalap MotoGP sering berlatih balap motor dirt track?

Alasan utama pada pembalap sekarang ini berlatih balapan dirt track adalah untuk melatih kendali efek slide pada motor dan mempersiapkan kekuatan fisiknya. Marc Marquez mengakui bahwa latihan dirt track merupakan salah satu latihan terbaik dan menyenangkan dalam melatih sensitifitas dalam mengontrol bukaan gas motor. Banyak Para pembalap MotoGP sudah melakukan hal ini sejak mereka masih kecil, dan memulai balapan ini dari usia lima tahun. Sama hal nya dengan Marc, beberapa legenda Grand Prix MotoGP juga berlatih olah raga ini, misalnya, Edie Lawson, Wayne Rainey, Kevin Scwantz dan Valentino Rossi tentunya.

 

 

Share412Tweet257Pin93Scan
Previous Post

Berita MotoGP 15 Desember

Next Post

Kenapa Ducati Lebih Memilih Jack Miller Ketimbang Mempertahankan Andrea Dovizioso ?

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Next Post

Kenapa Ducati Lebih Memilih Jack Miller Ketimbang Mempertahankan Andrea Dovizioso ?

Siapa yang Akan Jadi Tim Satelit Suzuki di MotoGP 2022 ?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In