Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Bahan Bakar Seperti Apa yang Dipakai Motor MotoGP ?

Dika Cielers by Dika Cielers
31 Januari 2022
in Inside GP, MotoGP
Reading Time: 3 mins read
713 8
0
Bahan Bakar Seperti Apa yang Dipakai Motor MotoGP?

Bahan Bakar Seperti Apa yang Dipakai Motor MotoGP?

2.3k
SHARES
12k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Penasaran bahan bakar jenis apa yang dipakai tim-tim MotoGP untuk menggeber motornya sampai kecepatan lebih dari 300km per jam? Dari spesifikasi yang diberikan Dorna Sports, ternyata bahan bakar MotoGP setara Pertamax Turbo.

Sebagaimana bagian-bagian lain dalam balapan MotoGP, penggunaan bahan bakar juga diatur dengan detil dan tegas oleh Dorna. Pada kelas MotoGP Dorna membebaskan setiap tim memilih suplier bahan bakar, namun semua harus sesuai dengan ketentuan FIM dan dites beberapa hari sebelum dipakai pada raceday.

Satu hal yang pasti, bahan bakar MotoGP wajib bebas timbal. FIM dan Dorna ternyata tidak menuntut digunakan bahan bakar dengan nilai oktan atau RON (baca: ron ) tinggi untuk dipakai setiap tim. Hanya saja, ditetapkan kalau kisaran RON-nya berada di angka 95 sampai 102.

Itu artinya, BBM setara Pertamax Turbo dengan RON 98 bisa dipakai untuk balapan MotoGP.

Nilai oktan bahan bakar motor MotoGP bisa dibilang tidak terlalu tinggi. Malah ada pabrikan yang sengaja memakai bahan bakar dengan nilai oktan tidak terlalu tinggi.

Kenapa di ajang MotoGP dibatasi tidak terlalu tinggi?

Itu untuk menghindari lambatnya proses pembakaran yang disebabkan bahan bakar dengan nilai oktan terlalu tinggi. Bahan bakar nilai oktan terlalu tinggi akan lambat dibakar karena perlu kompresi tinggi juga. Akibatnya kompresi tinggi membuat panas dan tekanan mesin jadi tinggi juga.

Ini sangat merugikan motor MotoGP yang perlu ketahanan dipakai puluhan lap. Oleh karena itu angka oktannya cukup yang rendah saja supaya motor MotoGP kompresinya tak terlalu tinggi dan awet.

Tapi Ada syarat dan kebutuhan lain yang harus dipenuhi untuk sebuah bahan bakar dipakai tim-tim MotoGP.

Misalnya, bahan bakar yang dipakai harus lulus standarisasi ISO 5164. Selain itu Dorna dan FIM juga memberi batasan jumlah sulfur, oksigen, nitrogen, titik didih, jumlah residu, stabilitas oksidasi dan beragam atribut lainnya untuk setiap bahan bakar yang dipakai.

Selain itu, soal pengisian bahan bakar MotoGP juga ada aturan ketat. Dorna melarang seluruh tim mengisi bahan bakar seenaknya. Pengisian tanki bahan bakar hanya boleh dilakukan sebelum balapan dimulai, itupun bahan bakarnya harus sudah lolos pemeriksaan oleh tim teknis.

Pihak MotoGP membuat regulasi yang mengatur bahwa temperatur bensin tidak boleh kurang dari 15 derajat Celcius dari suhu sekitar saat di ruang penyimpanan. Jadi, jika temperatur sekitar 25 derajat Celcius, maka temperatur bensin tidak boleh kurang dari 10 derajat Celcius.

Ketika motor masih keluar dari paddock hingga pebalap berbaris di starting grid, temperatur bensin pasti akan naik akibat panas dari mesin atau cuaca. Maka itu, beberapa tim MotoGP akan menyelimuti atau menutup bagian tangki dengan penutup aluminium foil.

Pemasangan penutup aluminium foil ini dimaksudkan agar temperatur bensin tetap terjaga dan tidak terlalu tinggi. Alumunium foil akan menyerap panas, sehingga bensin yang dipakai tidak berubah tingkat kerapatannya. Hal tersebut juga dilakukan untuk menghindari menguapnya bensin secara berlebih yang dapat berakibat jumlah bensin menjadi berkurang. Sebab, setetes kecil bensin pada motor balap MotoGP akan sangat berpengaruh terhadap performa dan hasil balap.

Setiap tim juga tidak diizinkan menambah atau mengurangi bahan bakar selama balapan. Dan Dorna juga membatasi jumlah bahan bakar yang boleh dibawa masing-masing motor pada setiap balapan. Pada kelas MotoGP angkanya dibatasi hanya 22 liter.

Terkait tanki bahan bakar wajib menggunakan material anti bocor/rembes. Ini untuk memastikan bahan bakar masih berada dalam tempatnya bahkan saat motor mengalami crash dalam kecepatan tinggi.

Juga untuk alasan keamanan dan keselamatan, handlebar motor wajib berjarak minimal 30 mm dengan tanki saat dalam posisi berbelok penuh.

Untuk siapa yang berhak menyuplai bahan bakar motor MotoGP, Dorna dan FIM membebaskan setiap tim memilih suplier bahan bakar yang akan mereka gunakan. Tim Repsol Honda memakai bahan bakar dari Repsol, sementara Ducati sudah sejak awal terjun di MotoGP memakai Shell.

Untuk kelas Moto2 dan Moto3 semua tim menggunakan satu merek. Dan Mulai tahun 2020 ini Petronas menjadi penyedia tunggal bahan bakar dua kelas tersebut.

 

Tags: Bahan Bakar MotoGPBahan bakar MotoGP Sesuai DornaBBM MotoGPBBM MotoGP sesuai FIMSpesifikasi Bahan Bakar MotoGP
Share913Tweet571Pin205Scan
Previous Post

Tim Milik Valentino Rossi VR46 Akhirnya Melangkah ke MotoGP Bekerjasama Dengan DUCATI

Next Post

Bagaimana Nasib Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo & Cal Crutchlow di MotoGP 2021 ?

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Next Post

Bagaimana Nasib Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo & Cal Crutchlow di MotoGP 2021 ?

Kenapa Motor MotoGP Tak Punya Starter Elektrik Seperti Motor Biasa ?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023

Sirkuit Laguna Seca dan Tikungan Corkscrew yang Legendaris

17 Februari 2020
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In