Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Analisa

Bagaimana Nasib Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo & Cal Crutchlow di MotoGP 2021 ?

Dika Cielers by Dika Cielers
10 November 2020
in Analisa, Ducati, Honda, MotoGP, News, Yamaha
Reading Time: 3 mins read
323 7
0
1k
SHARES
5.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

3 kali runner up MotoGP Andrea Dovizioso dipastikan tidak akan membalap di musim MotoGP 2021 sebagai pembalap maupun test rider, Dovizioso memilih untuk mengambil cuti panjang tahun depan

Menurut kabar yang diberitakan, Dovizioso menolak sejumlah tawaran untuk menjadi test rider dan akan menunggu tawaran yang menggiurkan di tahun depan sebelum memutuskan untuk kembali balapan di tahun 2022

Pembalap italia berusia 34 tahun ini sebelumnya secara dramatis mengumumkan perpisahaannya dengan Ducati di awal musim ini, hanya beberapa jam sebelum dia meraih kemenangan pertamanya sekaligus satu satunya kemenangan di musim ini, tepatnya ia raih di GP Austria

Dovizioso dikabarkan sangat tidak bahagia dengan internal tim Ducati selama beberapa tahun terakhir, inilah yang membuat Dovi memutuskan hengkang dengan tanpa ada jaminan untuk membalap di musim depan

Sejak saat itu Dovizioso diisukan akan mengambil beberapa proyek balap di tahun depan, baik sebagai pembalap maupun sebagai pembalap ujicoba

Dovizioso awalnya diyakini hampir menandatangani kontrak untuk bergabung bersama mantan rivalnya Dani Pedrosa sebagai test rider di KTM, dan akan dijanjikan mendapatkan kesempatan untuk menggantikan pembalap utama KTM apabila ada yang cidera atau tidak bisa membalap

Kemudian Dovi juga dikaitkan dengan kemungkinan untuk bergabung bersama Aprilia sebagai pengganti Andrea Iannone jika Iannone gagal mencabut hukuman larangan balapnya karena masalah doping

Namun, diyakini bahwa Dovizioso terlalu tinggi dalam mematok harga di pasar pembalap untuk dapat mendapatkan kesempatan balapan di musim depan. Dovizioso menginginkan gaji yang pantas bagi seorang pembalap yang bisa runner up 3 kali MotoGP dan menuntut adanya peningkatan investasi dalam pengembangan motor Aprilia, yang mana tentunya ini sangat memberatkan Aprilia dan akhirnya kesepakatan dengan Aprilia pun tidak terjadi

Selain Aprilia, Dovizoso juga dikabarkan menjalin komunikasi dengan Honda dan Yamaha. dengan Honda, Dovizioso diisukan mendapat ketertarikan untuk menggantikan Marc Marquez yang sampai saat ini belum ada kepastian sampai kapan Marquez akan bisa membalap lagi akibat cidera serius di tangan kanannya

Dovizioso memang dulunya adalah pembalap Honda saat memulai debutnya di MotoGP, dan pernah menghabiskan 3 tahun bersama Repsol Honda. Dovizioso juga pernah menjadi bagian dari skuad Yamaha di tahun 2012 saat dia membalap untuk tim satelit Yamaha Tech3 sebelum akhirnya bergabung ke Ducati di tahun berikutnya

Dovizioso akhirnya memutuskan untuk tidak menerima tawaran sebagai pembalap ujicoba sekaligus pembalap cadangan, dan lebih berharap untuk menemukan kesempatan untuk kembali balapan di tahun 2022

Itu mungkin tidak semudah yang dibayangkan bagi pembalap berusia 34 tahun ini, mengingat usianya yang sudah semakin tua dan terus masuknya talenta talenta muda baru yang masuk ke MotoGP

Tempat kosong sebagai test rider Yamaha tampaknya akan beralih ke mantan rekan setimnya di Tech3 Yamaha Cal Crutchlow, yang mana pihak Aprilia juga akan memperebutkannya untuk menjadi pembalap utama di musim depan

Sebelum membela Ducati Team pada 2014 dan LCR Honda pada 2015, Crutchlow diketahui pernah menjadi pembalap Yamaha, bahkan sejak turun di ajang WorldSupersport dan WorldSuperbika. Pada 2011, ia pun pindah ke MotoGP sebagai debutan dan membela Monster Yamaha Tech 3.

Pembalap inggris ini sudah mengonfirmasi bahwa dia tidak lagi menjadi pembalap LCR Honda tahun depan, digantikan oleh Alex Marquez yang juga terpaksa rela terdepak dari Repsol Honda demi memberi jalan kepada Pol Espargaro. Sejak itu, masa depan Crutchlow pun jadi tanda tanya besar di paddock MotoGP.

Namun sebenarnya dia belum ingin pensiun sepenuhnya sebagai pembalap. Dengan kembali ke Yamaha sebagai test rider sekaligus pembalap wildcard dan cadangan tampaknya akan sangat cocok baginya. Menurut rider berusia 35 tahun ini, peran test rider lebih cocok untuk gaya hidupnya yang sekarang, karena bebannya lebih ringan, apalagi ia ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya.

Keadaan ini membuat Aprilia kekurangan 1 pembalap, karena tim Aprilia sendiri mengakui bahwa tidak akan memperpanjang kontrak Andrea Iannone yang kemungkinan besar akan dilarang balapan selama 18 bulan.

Sosok Bradley Smith yang selama ini menggantikan tempat Andrea Iannone tampaknya juga bukan pilihan Aprilia untuk menjadikannya sebagai pembalap utama Aprilia di tahun depan, ini  sudah terlihat ketika di GP Valencia kemarin ia malah digantikan oleh juara Superbike Italia, Lorenzo Savadori

Di lain pihak, dari Yamaha sendiri dikabarkan mengalami keretakan hubungan dengan Jorge Lorenzo, yang ditunjuk sebagai test rider mereka pada akhir Januari lalu usai memutuskan pensiun pada akhir 2019. Jebloknya performa sang lima kali juara dunia di uji coba Portimao, Portugal, pada awal Oktober lalu, kabarnya menjadi penyebabnya.

Jorge Lorenzo pun mengaku telah mendapatkan tawaran dari Aprilia untuk menjadi test rider, namun tidak menutup kemungkinan juga bila ia akhirnya menjadi pembalap utama menggantikan Andrea Iannone di musim depan. Saat ini memang belum ada tanda tangan resmi dari Lorenzo, tapi komunikasi intens antara Lorenzo dan Aprilia tengah berlangsung. Bagi pabrikan asal Noale Italia ini, bisa mendapatkan Jorge Lorenzo, seorang juara dunia 5 kali dengan pengalaman yang tak diragukan dan sensitivitasnya terhadap motor merupakan sesuatu yang sangat berharga demi mendukung pengembangan motor Aprilia yang saat ini sedang kesulitan di MotoGP.

Saat ini keputusan ada di tangan Lorenzo. Jika dia ingin kembali ke paddock MotoGP sebagai pembalap utama, motor Aprilia sudah disiapkan untuknya dan kesepakatan bisa langsung ditandangani.

Meskipun ia sebenarnya merasa lebih cocok dengan motor Yamaha, pembalap asal Spanyol berusia 33 tahun ini mengaku tertantang membantu Aprilia mengembangkan motor Aprilia RS-GP. Yang mana Lorenzo juga punya sejarah manis bersama Aprilia saat dirinya pernah membawa Aprilia juara dunia 2 kali di kelas 250cc tahun 2006 dan 2007

Meski begitu, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi baik dari Yamaha, Aprilia, Crutchlow, maupun Lorenzo. Kita tunggu saja perkembangan kabar selanjutnya

Share418Tweet261Pin94Scan
Previous Post

Bahan Bakar Seperti Apa yang Dipakai Motor MotoGP ?

Next Post

Kenapa Motor MotoGP Tak Punya Starter Elektrik Seperti Motor Biasa ?

Related Posts

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang
Analisa

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Next Post

Kenapa Motor MotoGP Tak Punya Starter Elektrik Seperti Motor Biasa ?

Kilas Balik 20 Tahun Karier Andrea Dovizioso di Grand Prix MotoGP

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In