Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Story

Assen TT, Sirkuit Paling Bersejarah dalam Grand Prix MotoGP

Assen TT, Sirkuit Paling Bersejarah dalam Grand Prix MotoGP

Dika Cielers by Dika Cielers
17 Juni 2021
in Story
Reading Time: 3 mins read
340 4
0
Assen TT, Sirkuit Paling Bersejarah dalam Grand Prix MotoGP

Sirkuit Assen

1.1k
SHARES
5.7k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
Sirkuit Assen

Seri balap Grand Prix MotoGP di Belanda biasa disebut Dutch TT  atau TT Assen, singkatan TT yang dimaksud adalah ‘Tourist Trophy’, sebuah istilah yang berasal dari balapan yang terkenal yaitu Isle of Man. Selama bertahun-tahun, istilah ‘Grand Prix’ menjadi lebih disukai daripada ‘Tourist Trophy’, dan Dutch TT adalah satu-satunya seri balap di Grand Prix MotoGP yang masih mempertahankan akronim ini.

Balapan Jalanan Assen

Ajang balap Dutch TT pertama kali digelar di tahun 1925, dan semenjak itu balapan selalu digelar disana tiap tahunnya, kecuali selama masa perang dunia kedua yang terjadi antara tahun 1940 dan 1945. Assen merupakan satu satunya sirkuit yang masih menggelar Grand Prix MotoGP sejak kejuaraan ini pertama kali digelar tahun 1949. Namun karena tahun lalu pandemi belum mereda, Dorna Sports membatalkan seri MotoGP 2020 di Sirkuit Assen yang awalnya dijadwalkan berlangsung pada 28 Juni.

Panjang lintasan yang sebenarnya dari sirkuit Assen ini adalah 28 km dan awalnya digunakan sebagai jalan yang menghubungkan kota kota kecil disekitarnya. Kemudian di tahun 1955, dibangunlah sirkuit permanen dengan panjang 7,7 km, yang didesain khusus untuk menggelar balapan motor.

Di tahun 2006, desain sirkuitnya dimodifikasi, panjang sirkuit dikurangi menjadi 4,75km, lalu di tahun 2010 modifikasi dilakukan lagi sehingga panjang sirkuit menjadi 4,55km seperti sekarang ini.

Sirkuit Assen ini memiliki 60.000 kursi penonton. Sirkuit yang dikelola Dutch Tourist Trophy ini pun mampu menampung 100.000 orang yang antusias menonton gelaran balap motor.

Sementara bagi para pembalap sendiri, Sirkuit Assen merupakan salah satu trek dengan lebar tikungan yang sempit. Dengan hanya 487 meter lintasan lurus terpanjang, para pembalap yang melaju di Assen akan menemukan 6 tikungan kiri dan 12 tikungan ke kanan.

Mengaspal di Sirkuit Assen, para pembalap akan melewati tikungan dengan lambat namun berubah dengan cepat. Tantangan lainnya pembalap juga harus melewati aspal selebar 14 meter yang mana ini cukup menyulitkan untuk menyalip.

Dari awal digelarnya seri balap Assen sampai tahun 2015, balapan MotoGP selalu digelar pada hari sabtu. Ada tiga alasan mengapa seri balapan di Assen harus digelar  di hari sabtu, salah satu alasan yang paling utama adalah sirkuit bersejarah ini terletak bersebelahan dengan gereja. Sejak dulu, wilayah Assen memang didominasi penganut agama Kristen Protestan, yang melarang aktivitas di luar gereja pada hari Minggu, jadi diputuskanlah balapan digelar sehari lebih awal.

Ternyata, peraturan tersebut juga memberikan dampak positif untuk balapan di Belanda. Sebab, dengan digelarnya balap pada hari Sabtu banyak penonton yang datang dari luar daerah bahkan luar negeri. Khususnya warga Skandinavia yang ikut hadir. Sebab, dengan balap dihari Sabtu mereka bisa melakukan perjalanan pulang selama satu hari penuh di hari Minggu. Dengan begitu, mereka bisa tetap menjalankan kerja dan aktifitas lainnya di hari Senin. Inlilah yang membuat GP Belanda sering disebut sebagai “The Cathedral” ajang balap motor.

Alasan lainnya adalah hari minggu merupakan hari dimana diselenggarakannya festival ternak di Assen, oleh karena itu balapan tidak bisa digelar di hari minggu.

GP Belanda juga menyimpan Fakta-fakta MotoGP yang menarik selama sirkuit ini menjadi tuan rumah. Di sirkuit ini, tidak ada pebalap yang memenangi GP Belanda sebanyak Valentino Rossi pada kelas MotoGP dan 500cc. Total delapan kemenangan diraih Rossi, yang pertama pada 2002 dan terakhir pada 2017. Namun Setelah kemenangan di MotoGP Belanda pada 2017, Rossi belum pernah lagi jadi juara.

Pada 14 balapan terakhir di MotoGP Belanda, tidak pernah ada pebalap yang berhasil mempertahankan kemenangannya. Pembalap terakhir yang dua kali beruntun menang di Assen hanyalah Valentino Rossi pada 2004 dan 2005.

Sirkuit Assen juga dikenal menjadi sirkuit yang menjadi titik lemah pabrikan Ducati. Meski begitu, Ducati pernah merasakan satu kemenangan bersama Casey Stoner di tahun 2008, ini menjadi kemanangan satu satunya bagi Ducati.

Sirkuit Assen merupakan sirkuit legendaris MotoGP yang selalu menjadi tuan rumah MotoGP sejak tahun 1949. Sayangnya di tahun 2020 ini untuk pertama kalinya balapan di Assen harus dibatalkan akibat pandemi virus corona.

Kendati demikian,  Assen masih memegang rekor sebagai sirkuit dengan jumlah balapan motor kelas utama terbanyak dengan 71 kali mengelar Grand Prix.
Share436Tweet272Pin98Scan
Previous Post

Rossi: Thought of last lap Marquez duel very worrying!

Next Post

Mengenal Red Bull Ring, Sirkuit dengan Kecepatan Tertinggi diantara Kalender Balap MotoGP

Related Posts

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Andrea Iannone, Pembalap Hebat yang Karirnya Hancur Akibat Dopping
Story

Andrea Iannone, Pembalap Hebat yang Karirnya Hancur Akibat Dopping

31 Agustus 2023
Teknologi-Teknologi Motogp yang Ada di Motor Jalan Raya
Teknologi

Teknologi-Teknologi Motogp yang Ada di Motor Jalan Raya

31 Juli 2023
Lima Pembalap Satelit Terbaik di Era Motogp
Inside GP

Banyak Ditentang, Kenapa Aero Fairing dan Holeshot Device Masih Tetap Dipakai di Motogp.

31 Juli 2023
Next Post
Mengenal Red Bull Ring, Sirkuit dengan Kecepatan Tertinggi diantara Kalender Balap MotoGP

Mengenal Red Bull Ring, Sirkuit dengan Kecepatan Tertinggi diantara Kalender Balap MotoGP

Sebelum Marc Marquez, Inilah Pembalap Pertama yang Melakukan Teknik Elbow Down

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022
Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

19 Mei 2023
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1301 shares
    Share 520 Tweet 325
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In