Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Aprilia, Juru Kunci yang Siap Beri Kejutan di MotoGP 2021

Aprilia, Juru Kunci yang Siap Beri Kejutan di MotoGP 2021

Dika Cielers by Dika Cielers
21 Maret 2021
in Inside GP, MotoGP, Story, Uncategorized
Reading Time: 2 mins read
324 4
0
1k
SHARES
5.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Sirkuit Internasional Losail menjadi venue digelarnya uji coba resmi MotoGP 2021. Padahal, sebelumnya tes pramusim berencana dilangsungkan di Sepang. Sayangnya, pemerintah Malaysia memberlakukan keadaan darurat nasional akibat pandemi Covid-19.

Namun, itu tidak menjadi masalah besar untuk MotoGP terutama Aprilia. Pabrikan Italia tersebut malah beruntung saat mengaspal di Qatar. Mereka menunjukkan sinyal bahwa ini bisa jadi tahunnya Aprilia.

Hari pertama tes pramusim MotoGP 2021 cukup mengejutkan banyak pihak. Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, berhasil menjadi yang tercepat.

Tak berhenti di situ, rider Spanyol itu kembali membuat publik tercengang di hari kedua. Dengan catatan waktu 1 menit 54,152 detik, ia bertengger di peringkat ketiga.

Sampai sesi tes pramusim berakhir, Aprilia konsisten bersaing dengan para pembalap tercepat di grid MotoGP musim ini.

Ini adalah Loncatan besar bagi Aprilia jika dibandingkan dengan hasil yang mereka raih musim lalu. Lantas apa yang menyebabkan lonjakan performa dari tim yang bermarkas di Noale ini?

Mereka menjadi satu-satunya tim yang belum kehilangan konsesinya, mengingat musim lalu  sama sekali tidak mendekati podium.

Oleh karena itu, Aprilia masih bisa meneruskan pengembangan mesin di musim ini. Walaupun mesin versi 2021 ini tidak seluruhnya baru, motor Aprilia RS-GP musim ini mengalami sedikit desain ulang pada detail-detail kecil motor.

Dan hal tersebut, menurut Espargaro, berhasil meningkatkan potensi motornya. Pembalap 31 tahun itu mengatakan bahwa ada peningkatan signifikan dari segi akselerasi. Mesin baru ini lebih rileks dan lebih mulus di RPM bawah. Jadi, dia bisa memaksimalkan power motor yang lebih besar

Selain itu, adanya perubahan dari sistem aero Aprilia membuat pembalap 31 tahun itu bisa melaju lebih lancar dibandingkan musim lalu.

Memang, jika melihat sistem speed trap Sirkuit Losail, kecepatan mereka masih kalah dengan pesaing-pesaingnya. Dibandingkan dengan motor Ducati yang dipakai Johann Zarco, motor Espargaro lebih lambat 10 km/jam.

Namun, akselerasi yang lebih baik ini merupakan langkah awal tim yang sebelumnya dipimpin Fausto Gresini itu untuk bisa kompetitif di musim 2021.

Dari segi skuat, kehadiran Andrea Dovizioso yang digadang gadang akan bergabung ke Aprilia tentunya akan membuat mentalitas Aprilia semakin baik.

Umpan balik dari eks pembalap Ducati ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengembangan motor Aprilia, mengingat Dovi akan memberikan pendapatnya dari perspektif sebagai seorang ‘pembalap top’.

Berdasarkan statistik data uji coba pramusim lalu, mereka tampaknya bisa bersaing di papan atas. Motor sedikit dimodifikasi namun secara performa meningkat signifikan, yang juga memberi kepercayaan diri Aleix Espargaro untuk merebut podium. Tentu ini menjadi ancaman bagi tim-tim papan tengah MotoGP.

Tapi apakah itu semua cukup? Losail dikenal sebagai lintasan favorit Aprilia, mengingat banyak hasil positif mereka raih di salah satu lintasan Timur Tengah ini.

Kemudian, melihat hasil-hasil pramusim beberapa tahun ke belakang, di saat Aprilia tampil baik, mereka malah loyo saat musim bergulir. Dari awalnya mengancam, malah jadi terancam.

Sulit memang memprediksi akan seperti apa performa Aprilia nanti jika hanya berdasar pada tes pramusim.

Konsistensi tetap menjadi kunci apabila mereka benar-benar ingin bersaing demi podium, mengingat dari 14 seri musim lalu, pembalap Aprilia delapan kali tidak finish balapan diantaranya yang dialami Espargaro lima kali, Bradley Smith satu kali, dan Lorenzo Savadori dua kali.

 

 

 

Tags: Aprilia
Share415Tweet260Pin93Scan
Previous Post

BERITA MOTOGP 22 MARET

Next Post

Mengenal Suzuka 8 Hours, Ajang Balap Legendaris yang Valentino Rossi Pernah Tolak

Related Posts

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano
Honda

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Next Post

Mengenal Suzuka 8 Hours, Ajang Balap Legendaris yang Valentino Rossi Pernah Tolak

BERITA MOTOGP 24 MARET

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023

Mengenal Sesi Free Practice & Qualifying Practice dalam MotoGP

3 September 2020
Mesin Formula 1 dari waktu ke waktu

Mesin Formula 1 dari waktu ke waktu

29 Juni 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1301 shares
    Share 520 Tweet 325
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In