Saat balapan sedang berlangsung dan tiba tiba ada suatu kondisi di lintasan yang membuat pembalap dalam bahaya, seperti tumpahan minyak di lintasan, cuaca yang tidak mendukung, atau apapun itu, bendera merah wajib dikibarkan untuk menandai bahwa balapan harus dihentikan.
Ketika race director memutuskan untuk mengibarkan bendera merah dan menghentikan balapan yang sedang berlangsung, itu artinya keputusan ini tidak dapat dianggap sepele. Saat momen ini dilakukan, bendera merah akan dikibarkan di setiap pos Marshall, yang berarti pembalap harus melambat dan kembali ke jalur pit.
Untuk memastikan tidak ada pembalap yang mencoba mengambil keuntungan di lap terakhir sebelum bendera merah dikibarkan, posisi pembalap pada lap ini tidak akan dianggap dan posisi pembalap dari lap sebelumnya lah yang akan diperhitungkan saat akan memulai balapan lagi nantinya .
Saat bendera merah dikibarkan, pembalap harus melambat dan kembali ke garasi mereka seaman mungkin. Maksud dari munculnya bendera merah ini sudah jelas bahwa : saat ini membalap di lintasan sangat berbahaya, jadi untuk sementara lintasan ditutup. Bagi mereka yang mengabaikan salah satu dari aturan ini dapat menyebabkan pembalap itu diskualifikasi langsung atau mungkin mendapat sanksi lainnya.
Tentu saat pembalap masuk ke garasi mereka, ini adalah waktu yang sibuk, karena di situasi ini tim dapat mengambil keuntungan untuk melakukan penyesuaian setingan pada motor. Ketika balapan dimulai kembali, biasanya balapan ini lebih singkat dan memberikan tantangan berbeda dengan balapan aslinya. Oleh karena itu, pemilihan ban dan penyesuaian setingan pada motor sangat diperlukan untuk memastikan kinerja yang terbaik karena balapan yang kedua ini akan sangat berbeda drastis.
Nah, saat semua pembalap sudah aman berada di garasi mereka masing masing, mereka semua harus menunggu keputusan dari race director, apakah balapan akan dimulai lagi nantinya atau tidak…ini tergantung pada situasi yang akan terjadi nantinya.
balapan dapat dimulai kembali dengan beberapa cara berbeda, diantaranya :
- Yang pertama, Apabila balapan harus dihentikan saat baru berlangsung kurang dari 3 lap.
Jika hal ini terjadi maka pembalap akan kembali ke lintasan dan balapan akan dimulai lagi dari awal, tapi dengan satu lap lebih sedikit. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk mengulang balapan, maka balapan akan dibatalkan dan tidak ada poin yang diberikan.
- yang kedua, Apabila balapan harus dihentikan saat balapan sudah dijalankan lebih dari 3 lap tapi belum menyelesaikan 2/3 dari total putaran yang harus ditempuh.
Jika hal ini terjadi, maka pembalap akan mulai balapan dari grid seperti pada posisi mereka saat balapan sebelum bendera merah dikibarkan, dan pembalap akan menyelesaikan putaran yang tersisa. Apabila karena kondisi yang tidak memungkinkan bagi pembalap untuk kembali melakukan balapan, maka balapan ini akan dibatalkan, dan setengah dari poin yang seharusnya akan diberikan sesuai posisi 1 lap pembalap sebelum bendera merah dikibarkan.
- yang ketiga, Apabila balapan harus dihentikan saat balapan sudah dijalankan lebih dari 2/3 dari total putaran yang harus ditempuh
Jika balapan harus dihentikan di kondisi seperti ini, maka balapan sudah selesai dan poin akan diberikan berdasar urutan pada posisi pembalap satu lap sebelum bendera merah dikibarkan
Untungnya, balapan tidak sering terhenti di tengah jalan. Meskipun MotoGP adalah olahraga yang dapat mendatangkan banyak kesulitan,, dedikasi penyelenggara, tim MotoGP kepada para pembalap dan staf di lintasan memungkinkan kita untuk menikmati pertunjukan yang luar biasa ini.