Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Apa yang Membuat Pembalap Motogp dapat Bendera Hitam Diskualifikasi

Nggak Boleh Asal Nyalip!!!

Yudha Stya Nugraha by Yudha Stya Nugraha
19 April 2023
in Analisa, Kawasaki, Opini
Reading Time: 3 mins read
323 3
0
Apa yang Membuat Pembalap Motogp dapat Bendera Hitam Diskualifikasi
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Motogp adalah olahraga yang berbahaya. Para pembalap memacu motor-motor tercepat di dunia hingga limit untuk menjadi pemenang.

Karena tingkat resiko yang tinggi, maka Motogp harus didampingi oleh peraturan-peraturan yang ketat demi keamanan dan keselamatan para pembalap.

Karena resikonya yang besar, Motogp harus didampingi peraturan yang ketat. Sumber: Motogp.com

Pembalap yang terbukti nakal dilintasan akan mendapatkan beberapa tipe hukuman yang bertingkat sesuai berat pelanggaran yang mereka dapatkan.

Pembalap umumnya mendapatkan hukuman long lap penalty, pemotongan waktu putaran dan ride through penalty untuk pelanggaran bersifat ringan hingga menengah.

Rider Through Penalty. Sumber: Motogp.com

Namun pembalap yang melakukan pelanggaran berat sehingga dapat membahayakan pembalap lain dapat didiskualifikasi dari balapan.

 

Diskualifikasi ini diberitahukan kepada pembalap lewat pengibaran bendera hitam disertai nomor balap mereka.

Jika bendera ini dikibarkan di sebelah nomor balap mereka, maka balapan selesai dan pembalap tersebut harus segera masuk ke pit.

Mekanisme Black Flag Motogp. Sumber: Motogp.com

Beberapa nama besar pernah mendapatkan bendera hitam, sebut saja Marc Marquez, Andrea Ianone dan Fabio Quartararo.

Jadi sebenarnya kelakuan-kelakuan apa saja yang bisa membuat pembalap dihadiahi bendera hitam saat balapan? Coba kita lihat.

 

Mengabaikan Penalty

Pertama adalah mengabaikan penalty atau hukuman yang diberikan sebelumnya untuk pembalap tersebut.

Misalnya, pembalap melakukan jump start atau start sebelum lampu merah start berhenti menyala. Maka umumnya pembalap akan diberikan ride through penalty.

Pit Board memberitahukan Ride Through Penalty. Sumber: Motogp.com

Jika pembalap menghiraukan hukuman ini sampai pertengahan balapan, maka pembalap tersebut dapat dihadiahi bendera hitam.

James Toseland pernah mengalami ini pada tahun 2009. Saat itu dia menghiraukan hukuman ride through penalty yang dia terima sampai pertengahan balapan.

James Toseland 2009. Sumber: Yamaha Racing.com

Sehingga akhirnya Toseland terpaksa didiskualifikasi. Perlu diingat kalau peraturan ini berlaku pada hukuman yang dari awal balapan sudah diberikan.

Jika hukuman diberikan menjelang akhir balapan, misal kalau pembalap tidak sengaja melintasi track limit lintasan, dan tidak ada waktu untuk melakukan hukuman maka pembalap tersebut biasanya akan dipotong waktu putarannya.

 

Motor Tidak Sesuai Peraturan

Pembalap juga bisa mendapatkan bendera hitam atau diskualifikasi, jika menggunakan motor yang tidak sesuai dengan peraturan atau regulasi yang berlaku.

Misal ban yang punya tekanan tidak wajar, bodi yang terlalu lebar, atau menggunakan part yang dilarang.

Biasanya sebelum balapan, motor akan dicek oleh pihak yang berwenang untuk melihat apa motor menyalahi regulasi atau tidak.

Kalau pada awal balapan motor tersebut tidak memiliki masalah, maka akan diluluskan oleh pihak pengecekan tersebut.

Namun untuk menghindari human error, maka sesudah balapan motor akan di cek kembali. Kalau ternyata ditemukan pelanggaran yang tidak terdeteksi pada sebelum balapan, pembalap akan didiskualifikasi.

Fabio Quartararo pernah mengalami hal ini, saat kemenangannya dianulir oleh pihak FIM pada GP Jepang 2018, saat itu Fabio masih membalap di kelas Moto2.

Quartararo, kemenangannya di Moto2 Jepang 2018 dianulir sesudah diketahui tekanan bannya tidak sesuai peraturan. Sumber: Motogp.com

Jadi diskualifikasi tidak hanya bisa terjadi pada saat balapan namun juga bisa terjadi sesudah balapan.

 

Berkelahi dengan Penyelenggara Race

Black flag juga bisa dihadiahkan kepada pembalap yang berkelahi dengan penyelenggara balapan.

Paling sering adalah berkelahi dengan marshal. Berkelahi dengan Marshal yang menolong sesudah crash, kemudian mencoba untuk kembali mengikuti balapan bisa membuat pembalap dihadiahi bendera hitam.

Niklas Ajo, 2012. Sumber: Motogp.com

Hal ini pernah menimpa Niklas Ajo yang membalap di kelas Moto3 pada 2012 yang lalu. Ajo dinilai sengaja menendang marshal, saat sedang mencoba mengikuti balapan ulang sesudah crash. Ajo kemudian dihadiahi bendera hitam akibat aksinya itu.

 

Membahayakan Pembalap Lain

Paling jelas tentu saja jika pembalap membahayakan pembalap lain. Pembalap bisa didiskualifikasi jika terbukti dengan sengaja membahayakan pembalap lain.

Seperti sengaja menyenggol, sengaja menabrak dan beberapa kesalahan lain yang dapat membuat pembalap mengalami kecelakaan.

Pembalap juga bisa dikategorikan membahayakan pembalap lain jika pembalap membalap tanpa kepekaan akan pembalap lain atau terlalu agresif.

Contoh pembalap yang dengan sengaja mencoba untuk mencelakakan pembalap lain adalah Romano Fenati pada GP San Marino Moto2 2018.

Insiden antara Romano Fenati dan Stefano Manzi, pada 2018 yang lalu. Sumber: Motogp.com

Pada saat itu Fenati terlibat perebutan posisi dengan Stefano Manzi. Manzi tidak sengaja melakukan manuver yang membuat Fenati melebar.

Fenati yang emosi lalu dengan sekuat tenaga menyusul Manzi, dan kemudian setelah berhasil menyusul Manzi, Fenati kemudian menarik tuas rem Manzi dengan sengaja.

Fenati lalu dihadiahi bendera hitam karena ulahnya itu, didampingi oleh beberapa hukuman tambahan sesudahnya.

Contoh pembalap yang secara tidak sengaja membahayakan pembalap lain kemudian diberikan bendera hitam adalah Marc Marquez pada GP Australia 2013.

Pada saat itu sirkuit Philip Island habis diaspal ulang, membuat aspal sirkuit sangat abrasive dan menguras ban.

Ban bahkan tidak akan bertahan sampai akhir balapan. Karena itu Dorna dan FIM membuat peraturan dadakan yang mana pembalap harus masuk ke pit untuk mengganti motor dengan ban baru pada lap 10.

Marc dihadiahi bendera hitam pada GP Australia 2013. Sumber: Motogp

Marc masuk pada lap 11 dan ini dianggap membahayakan pembalap lain, karena ban Marc bisa hancur kapan saja. Sehingga Marquez dihadiahi bendera hitam.

 

Masalah Motor

Sebenarnya ada dua jenis bendera hitam, bendera hitam yang satu adalah bendera hitam dengan titik oranye di tengahnya.

Bendera ini ditujukan untuk pembalap yang mengalami permasalahan motor, namun tidak menyadari motornya bermasalah.

Bendera ini dikibarkan jika pembalap tidak bisa menyadari adanya masalah pada motornya, tetapi bisa berakibat fatal pada pembalap lain.

Kebocoran oli yang menimbulkan asap adalah kejadian yang paling sering dihadiahi bendera ini.

Bendera hitam dengan titik oranye dipakai, jika pembalap tidak bisa mengidentifikasi masalah mesin di motor. Sumber: Motogp.com

Pembalap yang dihadiahi bendera ini harus segera kembali ke pit, karena kerusakan motornya mungkin saja dapat membahayakan dirinya atau pembalap lain yang ada dibelakangnya.

Tags: #Black Flag#MarquezDucatiHondaMotoGPRossiYamaha
Share413Tweet258Pin93Scan
Previous Post

Terkuak !! Inilah Rahasia Gaya Balap Impresif Alex Rins Di Honda RC213V

Next Post

Kemana Ban Motogp Sesudah Dipakai?

Related Posts

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang
Analisa

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Next Post
Kemana Ban Motogp Sesudah Dipakai?

Kemana Ban Motogp Sesudah Dipakai?

Livery-livery Unik yang Pernah Ada di Motogp

Livery-livery Unik yang Pernah Ada di Motogp

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In