Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Apa Sebenarnya Peran dari Tim Satelit MotoGP?

Dika Cielers by Dika Cielers
8 Juni 2020
in Inside GP
Reading Time: 3 mins read
304 23
0
Apa Sebenarnya Peran dari Tim Satelit MotoGP
1k
SHARES
5.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pertarungan tim MotoGP sangatlah ketat. Tiap tim dan pembalap menyuguhkan performa terbaik mereka untuk berada di depan. Namun diantara tim-tim yang berlaga, selain tim pabrikan, balapan MotoGP juga diwarnai oleh hadirnya beberapa tim satelit.

Lalu apa sesungguhnya tugas dari sebuah tim satelit?

Sebelum menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu kita mengetahui dulu apa itu tim satelit dan tim pabrikan di MotoGP.

Tim pabrikan merupakan tim yang langsung dikelola langsung oleh pabrikan motor tersebut. Ini berakibat tim ini memiliki pendanaan yang sangat besar sehingga bisa merekrut para pembalap hebat, insinyur yang terbaik dan anggota tim yang berkualitas,, serta mendapat dukungan langsung dalam mendapat suplai komponen motor terbaru  dan yang tak kalah penting sponsor sponsor besar yang menyokong tim ini. Tim pabrikan juga memberikan dukungan teknis yang lebih bagus dan bahkan dukungan psikologis bagi pembalapnya. Gaji yang didapat di tim pabrikan juga jauh lebih besar ketimbang tim satelit. Inilah mengapa setiap pembalap di MotoGP berkeinginan untuk bergabung ke tim pabrikan.

Lalu apa itu tim satelit,,?

tim satelit merupakan tim yang sebenarnya tidak mempunyai motor di MotoGP. Mereka harus menyewa motor dari pabrikan yang berkompetisi di MotoGP, Ini dikarenakan motor MotoGP biasanya tidak untuk dijual ke pihak manapun. Seberapa bagus kualitas mesin atau komponen motor yang tim satelit dapatkan,, itu tergantung seberapa besar budget yang bisa mereka bayar.

Budget tim satelit mayoritas hanya berasal dari sponsor dan ini tentunya sangat terbatas dibanding tim pabrikan, karenanya perbedaannya sangat besar jika dilihat dari dukungan teknis kepada para pembalap tim satelit ini. Umumnya pabrikan hanya memberikan komponen komponen yang lebih sedikit ke tim satelit karena mereka tentu tidak suka jika dikalahkan oleh tim satelit ini. Namun begitu, akhir akhir ini pabrikan mulai memberikan motor terbaru mereka kepada tim satelit.

Lalu apa peran sesungguhnya tim satelit ini bagi tim pabrikan?

Yang pertama adalah tim satelit ini bisa mengumpulkan data yang bisa digunakan oleh tim pabrikan. Data disini berkaitan dengan informasi yang bisa digunakan untuk mempercepat pengembangan dalam membangun dan menyiapkan motor baru yang lebih cepat dan kuat di tahun mendatang. Data ini terdiri dari kontrol traksi, akselerasi motor, engine map, keseimbangan sasis, ban, mesin dan masih banyak lagi.

Pengumpulan data ini sangat penting di 3 tahun terakhir ini setelah  FIM (baca: Ef Ai Em) membuat aturan untuk menurunkan jumlah sesi uji coba tim MotoGP dalam rangka untuk meningkatkan jumlah seri balapan setiap tahunnya. Hal ini berakibat kurangnya tim pabrikan untuk memperoleh data yang bisa digunakan dalam pengembangan motor mereka. Namun hal ini berimbas positif dalam mengurangi biaya yang dikeluarkan tim pabrikan untuk sesi uji coba.

Jadi, dengan lebih sedikitnya kesempatan tim pabrikan untuk melakukan uji coba dan mengumpulkan data, maka mempunyai tim satelit sangat berguna dalam hal pengumpulan data

Yang kedua adalah tim satelit ini bisa mendongkrak marketing dari pabrikan motor itu sendiri.

Sebagai contoh pembalap Fabio Quartararo mungkin masih berada di tim Petronas Yamaha Sepang Racing Team, namun dia masih sebagai pembalap dari motor Yamaha. Tentu mempunyai lebih dari satu tim yang berkompetisi di MotoGP akan lebih besar kemungkinannya di lihat oleh para penggemar di sirkuit maupun di Televisi.

Yang ketiga adalah tim satelit ini sebagai tim pertama bagi para pembalap muda.

Pembalap muda dan masih berstatus pembalap debutan ini biasanya dikontrak oleh tim satelit, sebelum akhirnya mereka akan dipromosikan ke tim pabrikan. Tentu akan beresiko jika menempatkan pembalap debutan yang masih muda dan minim pengalaman di tim pabrikan, mereka pasti akan kesulitan untuk langsung tampil bagus di motor pabrikan. Meskipun ada pengecualian untuk hal ini,,namun ini seperti yang dilakukan oleh tim pabrikan Yamaha dan Ducati.

Semua hal ini tentu akan menimbulkan pertanyaan,, jika peran tim satelit ini sangat penting, kenapa semua tim satelit tidak memakai spesifikasi motor yang sama dengan tim pabrikan?

jawabannya adalah karena biayanya sangat mahal. Menyewa motor MotoGP dalam satu musim untuk satu pembalap bisa menelan biaya Rp 30 milyar, ini belum biaya komponen elektronik dan yang lainnya. Oleh sebab itu tim satelit biasanya menyewa motor yang lebih tua untuk menekan biaya.

Namun begitu pabrikan top seperti Honda, Yamaha dan Ducati sekarang ini memberikan motor dengan spek pabrikan kepada pembalap hebat yang bernaung di tim satelit mereka. Inilah yang membuat persaingan MotoGP menjadi semakin seru.

Tags: pemilik tim motogppengertian tim satelit motogpperbedaan motor satelit dan pabrikantim pabrikan motogptim satelit hondatim satelit motogptim satelit yamahatim satelit yang pernah juara di motogp
Share414Tweet259Pin93Scan
Previous Post

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

Next Post

Apa itu Seamless Shift Gearbox pada Motor MotoGP?

Related Posts

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano
Honda

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Next Post

Apa itu Seamless Shift Gearbox pada Motor MotoGP?

Rivalitas yang Kembali Muncul di Tahun 2021 Antara Marc Marquez vs Pol Espargaro

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023

Mengenal Sesi Free Practice & Qualifying Practice dalam MotoGP

3 September 2020
Mesin Formula 1 dari waktu ke waktu

Mesin Formula 1 dari waktu ke waktu

29 Juni 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1301 shares
    Share 520 Tweet 325
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In