Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Inside GP

Apa Saja Update Komponen Komponen Baru yang Diuji di Test Valencia?

pabrikan pabrikan MotoGP meluncurkan komponen komponen baru untuk menghadapi MotoGP 2023.

Dika Cielers by Dika Cielers
9 November 2022
in Inside GP, MotoGP
Reading Time: 4 mins read
315 10
0
Apa Saja Update Komponen Komponen Baru yang Diuji di Test Valencia?

paket aero baru KTM

1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Luca Marini mengakhiri tes pascamusim MotoGP 2022 di Valencia dengan menjadi yang teratas. Laptime Marini 1 menit 30.032 detik mengalahkan torehan waktu Maverick Vinales di posisi kedua, dan pembalap Mooney VR46 Racing Team lainnya sekaligus debutan terbaik 2022, Marco Bezzecchi, di posisi ketiga.

Bagaimanapun juga, hal hal yang lebih menarik dari tes resmi ini tentu adalah saat pabrikan pabrikan MotoGP meluncurkan komponen komponen baru untuk menghadapi MotoGP 2023.

Lalu apa saja komponen komponen baru yang diuji oleh keenam pabrikan ini ?

  • Honda
Motor yang dipakai Mir

Joan Mir sudah pindah ke Repsol Honda dan pihak Honda sangat ingin membuat Mir langsung bisa tampil bagus di Honda. Di tes Valencia kemarin Mir mencoba motor dengan mesin standar RC213V 2022 dan di motor ini dipasangkan piranti aero baru yang Marc Marquez telah gunakan baru baru ini sekaligus swingarm dari Kalex.

air intake baru RC213V

Motor yang dipakai Mir juga dipasangkan bentuk air intake yang berbeda yang sebetulnya ini pernah diuji coba di Tes Misano lalu. Marc Marquez pun mencoba air intake ini.

tail unit 2022
tail unit 2022
update tail unit baru

Honda juga melakukan update tail unit. Bisa dilihat pada motor berkelir hitam menggunakan tail unit yang sudah diupdate dan juga knalpot yang berbeda. Piranti ini sebenarnya sudah pernah diuji Stefan Bradl beberapa kali, seperti di GP Spanyol saat Bradl mendapat jatah wildcard.

Sementara itu Alex Rins yang pindah ke tim LCR Honda untuk tahun depan, menguji motor yang masih menggunakan sasis yang digunakan Nakagami saat ini. Rins juga menguji 1 motor standar RC213V 2022. Kedua motor ini masih menggunakan aero standar 2022, yang berarti motor ini masih menggunakan sayap versi 2022 tapi tidak memasangkan downwash duct di faring samping motornya.

 

  • Yamaha
Yamaha uji sasis baru

Sementara itu, Yamaha menguji sasis baru. Mudah untuk menebaknya bahwa ini sasis baru karena sasis ini belum dicat dan masih warna alumunium yang baru disikat. Tapi perbedaan detailnya ada pada bekas las-lasan pada bagian mainbeam atas sasis yang belum pernah terlihat sebelumnya,

sasis standar yamaha 2022

Bila dibandingkan dengan sasis standar 2022, maka tidak ada bekas las lasan pada sasis ini.

motor Yamaha yang diduga dipasangkan mesin baru

Baik Quartararo dan Morbidelli menguji motor yang masih berkelir hitam ini. Motor ini tampak benar benar standar dari luar, jadi kemungkinan di motor ini dipasangkan mesin baru 2023.

paket aero baru yamaha

Yamaha juga menguji 2 paket aero baru. Ini adalah salah satu bentuk aeronya.

Dan ini adalah paket aero keduanya dengan sayap atasnya tampak sangat mirip dengan motor KTM dan GASGAS.

 

  • KTM
motor standar 2022 Pol Espargaro

Tahun ini Pol Espargaro pindah ke tim Tech3 GASGAS. Pol menguji 2 motor, satu motor seperti yang bisa dilihat disini adalah motor standar 2022 dan juga satunya dengan update sasis yang digunakan Brad Binder pada balapan minggu lalu.

tail unit dan knalpot baru KTM

Motor yang memakai sasis yang diupdate itu juga memiliki tail unit baru dan knalpot seperti ini.

sasis motor baru yang langsung diuji Jack Miller

Dan juga, bisa dilihat disini Miller menggunakan sasis baru di motor keduanya. Menariknya, saat Miller pertama kali menunggangi motor KTM, pihak KTM langsung memberinya motor dengan sasis baru ini yang baru saja digunakan di GP Valencia minggu lalu. Biasanya hal yang dilakukan oleh tim bagi pembalap baru adalah memberikan motor standard terlebih dahulu agar pembalap bisa mendapatkan feeling yang bagus, lalu kemudian mencoba komponen baru agar bisa merasakan peningkatan performa motornya atau tidak.

Mungkin KTM melakukan ini karena mereka sangat yakin dengan peningkatan performa motor dari sasis ini.

paket aero baru KTM

Kemudian KTM juga menguji paket aero baru di sesi kedua tes. Sekilas terlihat cukup mirip dari yang terdahulu tapi ada cukup banyak perubahan kecil.

Yang pertama, sayap yang atas lebih besar dan menekuk sedikit lebih ke bawah dengan permukaan sayapnya didesain ulang walaupun profil lebar sayapnya mirip.

Sayap sidepodnya juga diupdate menjadi lebih tinggi dan tidak terlalu keluar dari fairingnya. Di bagian bawah, sayap fairingnya menonjol persis seperti desain yang dibuat Aprilia.

Ada juga detil kecil pada ujung depan fairing hampir tidak ada sirip hiu seperti fairing terdahulu.

 

  • Ducati
update aero Ducati sedikit ada perubahan

Ducati juga melakukan sedikit update pada aero. Bisa dilihat disini, sedikit perbedaan antara aero baru dan lama. Perubahannya ada pada antara dua sayap depan yang atas dan bawah tampak lebih rapat jaraknya  dibanding yang lama, juga air intakenya juga diupdate. Kemudian tampak angle fairing depan dan ketinggian windscreennya juga terlihat berbeda.

 

 

Di tes Valencia kemarin Ducati sedang mencari distribusi bobot motor dan keseimbangan motor yang pas. Ini bisa dilihat dari salah satu motor Enea Bastianini yang mendapatkan update tangki bahan bakar. Perubahan fuel tank ini memang agak sulit dilihat, namun bila dilihat dengan cermat bentuknya agak berbeda.

Zarco menguji fairing samping bawah baru seperti model Aprilia

Zarco menguji fairing samping bawah baru seperti model Aprilia. Fairing samping ini berguna untuk mengalirkan udara di samping motor agar membantu motor tertarik ke bawah pada saat menikung dengan kemiringan tinggi, yang mana ini bisa membantu meningkatkan grip ban dan motor yang lebih stabil saat menikung.

Bagnaia menguji side fairing menonjol

Bagnaia juga sempat menguji side fairing menonjol ini seperti KTM, meskipun tampaknya Pecco Bagnaia tidak begitu suka dengan piranti ini.

Bisa dilihat juga betapa berbedanya bentuk side fairing ketika Ducati memasang side fairing versi Aprilia dibanding side fairing Ducati yang memasang downwash duct.

update wing nut pada motor

Update juga dilakukan pada motor Bagnaia dan Bastianini. Motor mereka hanya ada 1 wingnut di atas triple clamp. Wingnut ini digunakan untuk mengaktifkan holeshot device, jadi sepertinya Ducati telah menghilangkan salah satunya.

Tags: tes valencia
Share412Tweet258Pin93Scan
Previous Post

Kenapa ada stiker bergambar headlamp pada bagian depan motor WSBK?

Next Post

Melihat Lebih Dalam Apa Saja Update Komponen yang Yamaha Kembangkan Untuk MotoGP 2023

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Next Post
Melihat Lebih Dalam Apa Saja Update Komponen yang Yamaha Kembangkan Untuk MotoGP 2023

Melihat Lebih Dalam Apa Saja Update Komponen yang Yamaha Kembangkan Untuk MotoGP 2023

Aerodinamika Formula ; Bagimana mungkin bilah-bilah serat karbon tipis itu menghasilkan gaya tekan melebihi bobot mobil?

Aerodinamika Formula ; Bagimana mungkin bilah-bilah serat karbon tipis itu menghasilkan gaya tekan melebihi bobot mobil?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022
Analisa Perbandingan Kecepatan Mesin 2-tak Vs 4-tak Di MotoGP, Mana yang Lebih Cepat?

Analisa Perbandingan Kecepatan Mesin 2-tak Vs 4-tak Di MotoGP, Mana yang Lebih Cepat?

4 Mei 2023

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In