Luca Marini mengakhiri tes pascamusim MotoGP 2022 di Valencia dengan menjadi yang teratas. Laptime Marini 1 menit 30.032 detik mengalahkan torehan waktu Maverick Vinales di posisi kedua, dan pembalap Mooney VR46 Racing Team lainnya sekaligus debutan terbaik 2022, Marco Bezzecchi, di posisi ketiga.
Bagaimanapun juga, hal hal yang lebih menarik dari tes resmi ini tentu adalah saat pabrikan pabrikan MotoGP meluncurkan komponen komponen baru untuk menghadapi MotoGP 2023.
Lalu apa saja komponen komponen baru yang diuji oleh keenam pabrikan ini ?
- Honda

Joan Mir sudah pindah ke Repsol Honda dan pihak Honda sangat ingin membuat Mir langsung bisa tampil bagus di Honda. Di tes Valencia kemarin Mir mencoba motor dengan mesin standar RC213V 2022 dan di motor ini dipasangkan piranti aero baru yang Marc Marquez telah gunakan baru baru ini sekaligus swingarm dari Kalex.

Motor yang dipakai Mir juga dipasangkan bentuk air intake yang berbeda yang sebetulnya ini pernah diuji coba di Tes Misano lalu. Marc Marquez pun mencoba air intake ini.


Honda juga melakukan update tail unit. Bisa dilihat pada motor berkelir hitam menggunakan tail unit yang sudah diupdate dan juga knalpot yang berbeda. Piranti ini sebenarnya sudah pernah diuji Stefan Bradl beberapa kali, seperti di GP Spanyol saat Bradl mendapat jatah wildcard.
Sementara itu Alex Rins yang pindah ke tim LCR Honda untuk tahun depan, menguji motor yang masih menggunakan sasis yang digunakan Nakagami saat ini. Rins juga menguji 1 motor standar RC213V 2022. Kedua motor ini masih menggunakan aero standar 2022, yang berarti motor ini masih menggunakan sayap versi 2022 tapi tidak memasangkan downwash duct di faring samping motornya.
- Yamaha

Sementara itu, Yamaha menguji sasis baru. Mudah untuk menebaknya bahwa ini sasis baru karena sasis ini belum dicat dan masih warna alumunium yang baru disikat. Tapi perbedaan detailnya ada pada bekas las-lasan pada bagian mainbeam atas sasis yang belum pernah terlihat sebelumnya,

Bila dibandingkan dengan sasis standar 2022, maka tidak ada bekas las lasan pada sasis ini.

Baik Quartararo dan Morbidelli menguji motor yang masih berkelir hitam ini. Motor ini tampak benar benar standar dari luar, jadi kemungkinan di motor ini dipasangkan mesin baru 2023.

Yamaha juga menguji 2 paket aero baru. Ini adalah salah satu bentuk aeronya.
Dan ini adalah paket aero keduanya dengan sayap atasnya tampak sangat mirip dengan motor KTM dan GASGAS.
- KTM

Tahun ini Pol Espargaro pindah ke tim Tech3 GASGAS. Pol menguji 2 motor, satu motor seperti yang bisa dilihat disini adalah motor standar 2022 dan juga satunya dengan update sasis yang digunakan Brad Binder pada balapan minggu lalu.

Motor yang memakai sasis yang diupdate itu juga memiliki tail unit baru dan knalpot seperti ini.

Dan juga, bisa dilihat disini Miller menggunakan sasis baru di motor keduanya. Menariknya, saat Miller pertama kali menunggangi motor KTM, pihak KTM langsung memberinya motor dengan sasis baru ini yang baru saja digunakan di GP Valencia minggu lalu. Biasanya hal yang dilakukan oleh tim bagi pembalap baru adalah memberikan motor standard terlebih dahulu agar pembalap bisa mendapatkan feeling yang bagus, lalu kemudian mencoba komponen baru agar bisa merasakan peningkatan performa motornya atau tidak.
Mungkin KTM melakukan ini karena mereka sangat yakin dengan peningkatan performa motor dari sasis ini.

Kemudian KTM juga menguji paket aero baru di sesi kedua tes. Sekilas terlihat cukup mirip dari yang terdahulu tapi ada cukup banyak perubahan kecil.
Yang pertama, sayap yang atas lebih besar dan menekuk sedikit lebih ke bawah dengan permukaan sayapnya didesain ulang walaupun profil lebar sayapnya mirip.
Sayap sidepodnya juga diupdate menjadi lebih tinggi dan tidak terlalu keluar dari fairingnya. Di bagian bawah, sayap fairingnya menonjol persis seperti desain yang dibuat Aprilia.
Ada juga detil kecil pada ujung depan fairing hampir tidak ada sirip hiu seperti fairing terdahulu.
- Ducati

Ducati juga melakukan sedikit update pada aero. Bisa dilihat disini, sedikit perbedaan antara aero baru dan lama. Perubahannya ada pada antara dua sayap depan yang atas dan bawah tampak lebih rapat jaraknya dibanding yang lama, juga air intakenya juga diupdate. Kemudian tampak angle fairing depan dan ketinggian windscreennya juga terlihat berbeda.
Di tes Valencia kemarin Ducati sedang mencari distribusi bobot motor dan keseimbangan motor yang pas. Ini bisa dilihat dari salah satu motor Enea Bastianini yang mendapatkan update tangki bahan bakar. Perubahan fuel tank ini memang agak sulit dilihat, namun bila dilihat dengan cermat bentuknya agak berbeda.

Zarco menguji fairing samping bawah baru seperti model Aprilia. Fairing samping ini berguna untuk mengalirkan udara di samping motor agar membantu motor tertarik ke bawah pada saat menikung dengan kemiringan tinggi, yang mana ini bisa membantu meningkatkan grip ban dan motor yang lebih stabil saat menikung.

Bagnaia juga sempat menguji side fairing menonjol ini seperti KTM, meskipun tampaknya Pecco Bagnaia tidak begitu suka dengan piranti ini.
Bisa dilihat juga betapa berbedanya bentuk side fairing ketika Ducati memasang side fairing versi Aprilia dibanding side fairing Ducati yang memasang downwash duct.

Update juga dilakukan pada motor Bagnaia dan Bastianini. Motor mereka hanya ada 1 wingnut di atas triple clamp. Wingnut ini digunakan untuk mengaktifkan holeshot device, jadi sepertinya Ducati telah menghilangkan salah satunya.