Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Analisa

Kenapa Perangkat Holeshot dan Shapeshifter Device Sangat Penting Bagi Suzuki ?

Kenapa Perangkat Holeshot dan Shapeshifter Device Sangat Penting Bagi Suzuki ?

Dika Cielers by Dika Cielers
13 Juli 2021
in Analisa, Inside GP, Suzuki
Reading Time: 2 mins read
328 7
0
Kenapa Perangkat Holeshot dan Shapeshifter Device Sangat Penting Bagi Suzuki ?

Joan Mir

1.1k
SHARES
5.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
Joan Mir

Saat ini perangkat Holeshot dan Shapeshifter merupakan perangkat paling baru di MotoGP, yang mana perangkat ini dimulai oleh pabrikan Ducati di akhir tahun 2018 dengan perangkat holeshot, dan kemudian perangkat shapeshifter di akhir 2019.

Seperti yang sudah diketahui bahwa perangkat holeshot dan shapeshifter ini punya kesamaan fungsi yaitu kedua perangkat ini menurunkan bagian belakang motor dalam rangka untuk menurunkan center of gravity atau titik massa motor, yang mana ini bisa mengurangi efek wheelie sehingga pembalap bisa membuka gas lebih agresif dan berakselerasi lebih cepat. Perangkat holeshot digunakan pada saat start, sedangkan shapeshifter digunakan pada saat motor keluar tikungan yang dilanjut dengan lintasan lurus yang panjang.

Sekarang ini semua pabrikan di MotoGP memiliki perangkat Holeshot ataupun shapeshifter kecuali Suzuki, dan ini tentu sangat merugikan pembalap juara dunia bertahan Suzuki.

Para pembalap motor GSX-RR Joan Mir dan Alex Rins tampil sangat bagus di tahun 2020 namun di tahun ini Rins belum sekalipun mencicipi podium, sementara Mir belum kembali naik ke puncak tertinggi. Mir saat ini masih berada di peringkat 5 klasmen, tertinggal 55 poin dari Fabio Quartararo di puncak klasmen. Ini bukanlah jarak poin yang tidak bisa dikejar selama Mir mendapatkan perangkat shapeshifter.

Suzuki tentu sangat paham bahwa perangkat holeshot ini akan membuat perbedaan mencolok pada penampilan Mir dan Rins di setiap seri balapnya. Setidaknya ada 3 keuntungan dari dimilikinya perangkat ini.

Yang pertama perangkat ini akan memberikan keuntungan waktu lebih cepat 0,1 hinnga 0,3 detik di setiap putaran lapnya di sesi kualifikasi, yang mana ini sama saja seperti naik ke 1 atau 2 baris starting grid. Ini merupakan peningkatan yang signifikan mengingat Mir belum pernah mendapat hasil kualifikasi di 2 baris terdepan di musim ini. Sejauh ini torehan terbaik Mir hanya bisa start di baris ketiga sebanyak tiga kali.

Bandingkan dengan Quartaro yang sudah delapan kali start di barisan terdepan dan sekali di barisan kedua, yang mana Quartararo dikenal sebagai pembalap yang sangat paham tentang pentingnya start paling tidak di 2 baris terdepan, karena dengan motor inline4 yang lebih lamban dari motor V4, pembalap motor inline4 akan sulit keluar dari rombongan pembalap yang di tengah.

Yang kedua, holeshot device ini akan memberi keuntungan waktu 0,1 hingga 0,2 detik pada saat start dan akan masuk ke tikungan pertama. Di momen paling awal balapan ini dari sekitar 40an menit waktu balapan sangatlah penting, karena posisi awal pembalap di tikungan pertama punya efek yang sangat besar pada apa yang bisa terjadi selama 25 lap berikutnya di balapan.

Bilamana pembalap bisa merangsek ke rombongan depan dari start maka pembalap bisa menjaga kecepatan balapan dan mengelola ban lebih baik sepanjang balapan, karena saat pembalap diharuskan bertarung saling overtake dengan pembalap lain, pembalap tentu akan menjadi lebih agresif dalam membuka gas, sehingga ban belakang akan spin lebih sering dari biasanya, selain itu pembalap tentu akan lebih agresif dalam melakukan pengereman keras yang mana berakibat pada ban depan yang overheat. Dan kalaupun pembalap itu bisa keluar dari rombongan pembalap yang di tengah dan berusaha bertarung dengan pembalap paling depan maka kesempatan untuk menangnya kecil, karena ban sudah mulai habis daripada pembalap paling depan sehingga tidak ada lagi senjata yang bisa dipakai.

Perangkat shapeshifter juga sama pentingnya selama balapan berlangsung. Pembalap yang punya perangkat Shapeshifter di motornya bisa meng-overtake lawannya lebih mudah, sementara pembalap yang tidak punya perangkat itu akan mudah untuk diovertake.

Suzuki diketahui sudah mulai membuat perangkat shapeshifternya dan ada kemungkinan motor GSX-RR akan dipersenjatai dengan perangkat ini ketika MotoGP akan kembali dari libur panjangnya di Red Bull Ring Agustus mendatang.

 

Tags: Joan MirSuzuki
Share424Tweet265Pin95Scan
Previous Post

4 Kandidat Pengganti Maverick Vinales di Monster Yamaha MotoGP 2022

Next Post

Bagaimana KTM Mampu Melahirkan Banyak Pembalap Muda Berbakat ?

Related Posts

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano
Honda

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Next Post
Bagaimana KTM Mampu Melahirkan Banyak Pembalap Muda Berbakat ?

Bagaimana KTM Mampu Melahirkan Banyak Pembalap Muda Berbakat ?

Cerita Dibalik Julukan-Julukan yang Disandang Para Pembalap MotoGP

Cerita Dibalik Julukan-Julukan yang Disandang Para Pembalap MotoGP

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

Struktur Tim di Motogp dan Apa Saja Kerjanya

19 Mei 2023
Detail Soal Sirkuit Buddh International, Sirkuit Terbaru Motogp.

Detail Soal Sirkuit Buddh International, Sirkuit Terbaru Motogp.

31 Juli 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1301 shares
    Share 520 Tweet 325
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In