Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Analisa

Apa yang Membuat Miguel Oliveira Begitu Spesial di Motor KTM RC16 ?

Apa yang Membuat Miguel Oliveira Begitu Spesial di Motor KTM RC16 ?

Dika Cielers by Dika Cielers
23 Juni 2021
in Analisa, Inside GP, MotoGP
Reading Time: 2 mins read
314 10
0
Apa yang Membuat Miguel Oliveira Begitu Spesial di Motor KTM RC16 ?

Miguel Oliveira dan Paul Trevathan

1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
Miguel Oliveira dan Paul Trevathan

Miguel Oliveira saat ini sedang menjadi pembalap rising star MotoGP. Pada tiga balapan terakhir, pembalap 26 tahun asal Portugal ini telah mencetak poin lebih banyak dari pembalap lain dengan kemenangan di Barcelona dan runner up di Mugello dan Sachsenring. Secara signifikan ketiga sirkuit ini cukup berbeda, yang mana cukup memberi tantangan bagi pembalap sekaligus motor mereka.

Ini memberikan indikasi bahwa motor KTM RC16 yang talah mendapat modifikasi sasis yang diperkenalkan di Mugello telah menjadi penantang baru perebutan gelar dunia. Dan bila Oliveira bisa terus mengungguli raihan poin dari Fabio Quartararo di seri seri berikutnya, dia tentu akan bisa menjadi penantang Quartararo di perebutan gelar dunia pembalap.

Namun di satu sisi Oliveira tidak terlalu menganggap signifikan terhadap update terbaru sasis motor RC16, yang mana sasis ini telah memberikan keseimbangan kekakuan agar motor bisa menikung lebih baik.

Miguel Oliveira mengaku bahwa hal yang paling membuat peningkatan performanya secara signifikan bukanlah hanya sasis terbaru semata, namun Oliveira juga meyakini bahwa pembalap yang lebih memahami bagaimana mengeluarkan potensi maksimal dari setiap detail motornya adalah pembalap yang paling cepat pada akhirnya. Jadi menurut Oliveira hal yang membuatnya tampil baik adalah karena dia berhasil melakukan hal ini lebih baik dari pembalap lain.

Jadi apa yang membuat Oliveira begitu spesial, yang sekarang ini menjadi pembalap KTM paling berpengalaman ?

Yang paling membuat perbedaan dari pembalap lain adalah, Oliveira sangat memiliki tekad yang kuat, fokus dan kecerdasan.

Hal inipun diakui oleh crew chiefnya Paul Trevathan, menurutnya Oliveira relatif mudah membalap dengan motor KTMnya, dan Oliveira masih mempunyai kapasitas untuk berpikir banyak hal mengenai manajemen ban dan strategi balap apa yang harus dilakukan ketika balapan berlangsung. Kapasitas berpikir mengenai hal inilah yang membuat Oliveira cukup impresif.

Keunggulan Oliveira ini membantunya dalam mengkalkulasi hal hal yang akan terjadi dalam sepersekian detik yang kaitannya dengan gaya balap di atas motor ketika balapan berlangsung.

Itulah mengapa Oliveira terlihat sangat terkendali pada balapan di Sachsenring. Saat Oliveira sedang mengejar Marc Marquez, Oliveira jarang sekali membawa motornya keluar dari racing line dan membuat kesalahan, meskipun pada saat itu dia sedang mengeluarkan semua potensi motor KTM RC16 nya. Lalu pada lap lap akhir Oliveira menyadari sudah cukup mengejar Marquez. Ini telah menunjukan bahwa Oliveira bisa menggunakan motor seperti yang dia mau dan motornya terlihat sangat stabil. Ini terjadi bukan hanya karena update dari sisi motornya saja namun ini karena bakat dari Oliveira itu sendiri.

KTM awalnya mengawali musim 2021 dengan buruk akibat dari pergantian desain ban depan Michelin. Oliveira hanya mencetak 9 poin di 5 balapan pertama, bila dibandingkan dengan 3 balapan terakhir Oliveira sudah mencetak 65 poin sejak modifikasi sasis dan bahan bakar baru tiba. Tentu hal ini tidak terlepas dari andil Oliveira yang mau memahami cara kerja elektronik dan juga dengan sasis motor. Semua ini memberikan kemudahan umpan balik bagi para insinyur KTM untuk meningkatkan motor.

Bahkan ini sudah terlihat selama musim debut MotoGPnya di 2019 bersama tim Tech3, Bos tim Herve Poncharal dibuat terkesan oleh feedback yang jelas dan kemampuan Oliveira dalam mempercepat pengembangan mesin KTM.

Dan tentu saja, performa apik Oliveira musim ini baru saja dimulai. Tahun lalu Oliveira meraih 2 kemenangan di Red Bull Ring dan Portimao, namun dia tidak meraih satu podium pun, jadi ketika motornya bekerja dengan baik Oliveira akan cepat dan sebaliknya pun begitu. Sekarang Oliveira 1 langkah atau bahkan 3 langkah lebih baik.

Balapan selanjutnya adalah Assen dan selanjutnya balapan back to back di Red Bull Ring, dimana KTM akan sangat unggul sementara Yamaha secara historis akan kesulitan disana.

Share410Tweet257Pin92Scan
Previous Post

Silverstone, Sirkuit yang Berevolusi Dari Pangkalan Militer Menjadi Sirkuit Ternama Dunia

Next Post

4 Kandidat Pengganti Maverick Vinales di Monster Yamaha MotoGP 2022

Related Posts

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang
Analisa

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Next Post
4 Kandidat Pengganti Maverick Vinales di Monster Yamaha MotoGP 2022

4 Kandidat Pengganti Maverick Vinales di Monster Yamaha MotoGP 2022

Kenapa Perangkat Holeshot dan Shapeshifter Device Sangat Penting Bagi Suzuki ?

Kenapa Perangkat Holeshot dan Shapeshifter Device Sangat Penting Bagi Suzuki ?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022
Analisa Perbandingan Kecepatan Mesin 2-tak Vs 4-tak Di MotoGP, Mana yang Lebih Cepat?

Analisa Perbandingan Kecepatan Mesin 2-tak Vs 4-tak Di MotoGP, Mana yang Lebih Cepat?

4 Mei 2023

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In