Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Analisa

Kenapa Banyak Pembalap MotoGP Crash di GP Portugal ?

Kenapa Banyak Pembalap MotoGP Crash di GP Portugal ?

Dika Cielers by Dika Cielers
20 April 2021
in Analisa, MotoGP
Reading Time: 2 mins read
325 4
0
Kenapa Banyak Pembalap MotoGP Crash di GP Portugal ?

Johann Zarco Crash Saat Mengejar Pecco Bagnaia

1k
SHARES
5.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
Johann Zarco Crash Saat Mengejar Pecco Bagnaia

Balapan GP Portugal lalu menyajikan banyak pembalap top yang menjadi korban dari sirkuit Algarve, banyak dari mereka yang terjatuh karena hilangnya grip ban depan motor mereka.

Tahun lalu Alex Rins pernah terjatuh saat sedang mengejar pemenang balapan GP Portugal saat ini yaitu Fabio Quartararo. Kemudian pemimpin klasmen sebelum balapan GP Portimao Johann Zarco, yang seharusnya bisa menjadi runner up juga terjatuh di lap berikutnya setelah Alex Rins.

Setelah itu dilanjut dengan pemenang balapan GP Portugal tahun lalu dan pembalap tuan rumah Miguel Oliveira, Jack Miller dan 9 kali juara dunia Valentino Rossi. Mereka semua juga menjadi pembalap yang gagal menyentuh garis finish.

Jadi apa yang membuat para pembalap top ini terjatuh di GP Portugal ?

Diketahui memang temperatur lintasan disana lebih tinggi pada saat balapan ketimbang sesi Free Practice yang mereka lakukan di hari jumat dan sabtu, oleh karena itu dengan perbedaan kondisi lintasan yang terjadi menurut Rins itulah penyebab utamanya.

Rins mengungkapkan bahwa saat dirinya melihat balapan Moto3, lintasannya hampir seperti lintasan di Qatar. Ada banyak debu di lintasan, meski seiring berjalannya balapan racing line di lintasannya semakin lebih baik.

Rins menambahkan kinerja ban Michelin disini tidaklah buruk, karena dirinya bisa membuat kecepatan balapan yang bagus dan bisa menempel Fabio Quartararo, namun mungkin kondisi lintasannya tidak 100% bersih.

Penilaian ini juga diamini oleh Valentino Rossi yang juga terjatuh. Rossi juga mengakui bahwa yang membuatnya terjatuh kala sudah berada di posisi ke 11 adalah karena kesalahannya sendiri dan bukan disebabkan oleh pembalap lain.

Rossi menambahkan bahwa di tikungan tempat dirinya terjatuh adalah tikungan yang sangat menguras ban depannya, dan saat ban mediumnya sudah terlalu panas akhirnya membuat cengkraman ban depannya pun hilang meskipun sudah berada di racing line yang benar.

Banyaknya debu dan kondisi lintasan yang lebih panas dari biasanya mungkin juga menjadi bagian dari terjatuhnya Jack Miller saat sedang berada di posisi ke 6.

Kali ini Miller mengakui dia membuat kesalahan di waktu yang salah saat berada di kondisi lintasan yang panas dan juga kondisi ban yang tidak mendukung. Miller menjelaskan bahwa saat itu tekanan ban motornya sudah berada pada batasnya, hal ini berbeda dengan Aleix Espargaro yang selalu mengerem lebih dulu ketimbang Miller yang selalu melakukan late braking. Inilah yang membuat ban depan Miller cepat panas dan tekanan ban depannya naik, yang akhirnya membuatnya terjatuh di zona penereman.

Dua pembalap lainnya yang juga gagal menyelesaikan balapan di hari minggu lalu tahu pasti apa yang membuat mereka terjatuh. Oliveira yang diketahui sangat tidak nyaman dengan alokasi ban Michelin yang diberikan sepanjang minggu lalu mengatakan bahwa motor KTM sangat membutuhkan karet ban yang keras untuk bisa tampil maksimal, tapi bahkan dengan ban keras yang dipakai di GP Portugal kemarin pun belum cukup keras bagi motor KTMnya. Inilah yang membuat balapan kemarin Oliveira kesulitan dan ban depannya mengalami overheat dengan cepat.

Di kubu Pramac Racing, ada masalah mekanis kecil yang sebenarnya dialami pemimpin klasmen sebelumnya Johann Zarco. Saat terjatuh, awalnya Zarco berpikir dirinya membuat kesalahan kecil saat menurunkan gigi, tapi setelah timnya menganalisa data ternyata motornya memiliki masalah dengan gearbox pada saat itu.

Inilah yang membuat Zarco tidak menggunakan gigi yang tepat di area tikungan itu yang mana zona pengereman di tikungan tempat dia terjatuh sangatlah krusial. Selain itu kondisi ban depannya juga tidaklah begitu bagus dan Zarco juga mengakui dia juga terlalu banyak menekan motornya

Kegagalan Zarco dalam meraih poin di GP Portugal kemarin membuatnya harus turun ke posisi ke 4 klasmen akhir pembalap, sekarang Zarco terpaut 21 poin dari rekan senegaranya Fabio Quartararo

Share416Tweet260Pin94Scan
Previous Post

Siapakah Pedro Acosta, Rookie Sensasional Berusia 16 tahun Ini?

Next Post

Apa Yang Membuat Yamaha Bisa Menang 3 Kali Beruntun ?

Related Posts

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?
Analisa

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano
Honda

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.
Story

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp
Inside GP

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023
Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat
Story

Shoya Tomizawa, Talenta Jepang yang Pergi Terlalu Cepat

31 Agustus 2023
Next Post
Apa Yang Membuat Yamaha Bisa Menang 3 Kali Beruntun ?

Apa Yang Membuat Yamaha Bisa Menang 3 Kali Beruntun ?

Tikungan Waterfall Sirkuit Sachsenring, Tikungan Paling Menantang di MotoGP

Tikungan Waterfall Sirkuit Sachsenring, Tikungan Paling Menantang di MotoGP

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

Melihat Sirkuit MotoGP di India yang 5 Kali Lebih Mahal dari Mandalika

9 Desember 2022
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023

Mengenal Sesi Free Practice & Qualifying Practice dalam MotoGP

3 September 2020
Mesin Formula 1 dari waktu ke waktu

Mesin Formula 1 dari waktu ke waktu

29 Juni 2022
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

Melihat Modifikasi Teranyar Motor Honda RC213V & KTM RC16 Jelang MotoGP Misano

8 September 2023
Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

Sering Dipandang Sebagai Penggembira Saja, Ini dia Deretan Tim Satelit Terbaik di Sepanjang Era Motogp.

31 Agustus 2023
Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

Jumlah Kompon Dikurangi, Ini Dia Jatah Ban dan Cara Mengolah Ban Pembalap Motogp

31 Agustus 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1760 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1301 shares
    Share 520 Tweet 325
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In