Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home MotoGP

BERITA MOTOGP 24 MARET

BERITA MOTOGP 24 MARET

Dika Cielers by Dika Cielers
23 Maret 2021
in MotoGP, News
Reading Time: 4 mins read
315 10
0
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Tanpa Valentino Rossi, Maverick Vinales Lebih Leluasa Kerja di Yamaha

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengaku ada suka duka yang ia rasakan usai Valentino Rossi pindah ke Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021. Lewat Moto Reveu, Vinales mengaku motivasinya jadi agak berkurang, namun langkah ini juga memberinya ruang yang lebih leluasa mengembangkan YZR-M1.

Vinales diketahui telah mengidolakan Rossi sejak anak-anak, dan ia pun tak menyangka bakal jadi tandem panutannya di Yamaha pada 2017-2020. Empat tahun berbagi garasi dengan The Doctor, Top Gun tak memungkiri dirinya punya banyak pelajaran yang telah dipetik.

Kini ia bertandem dengan Fabio Quartararo. Ia mengakui punya pandangan yang sama dengan El Diablo, mengingat ia kerap beda arah pengembangan dengan Rossi.

Selama bertandem dengan Rossi, Vinales mengaku dapat motivasi tambahan, karena mengalahkan sembilan kali juara dunia seperti Rossi pasti memberikan kebanggaan tersendiri bagi siapa pun. Duel mereka yang paling sengit pun terjadi di MotoGP Prancis 2017, yang akhirnya dimenangi Vinales usai Rossi terjatuh pada lap terakhir.

Namun, di lain sisi, pembalap berusia 26 tahun ini yakin dirinya kini punya kebebasan lebih besar dalam menyuarakan umpan baliknya soal pengembangan YZR-M1 kepada para insinyur Yamaha. Menurutnya, bertandem dengan Rossi memberikan tekanan mental tersendiri baginya.

 

Andi Gilang Belum Perlihatkan Potensi Sesungguhnya

Musim 2021 akan menandai debut Andi Gilang di kelas Moto3. Rider asal Bulukumba, Sulawesi Selatan itu diturunkan Honda Team Asia ke Moto3 lantaran skuad memilih mempromosikan Ayumu Sasaki untuk berlaga di Moto2.

Andi Gilang dipasangkan dengan Yuki Kunii. Memiliki rekan setim baru, pembalap Indonesia tersebut jelas dituntut dapat melebihi performa Kunii, mengingat telah memiliki pengalaman dua tahun tampil pada kategori Moto2.

Namun, uji coba resmi yang dilalui Andi Gilang di Sirkuit Losail tidak berjalan mulus. Bahkan kalau boleh dibilang jauh dari kata memuaskan. Berkaca dari hasil posisi, mengalami penurunan. Menempati urutan ke-21, lalu ke-25, dan akhirnya ke-27.

Bagaimana dengan catatan waktu? Andi Gilang mencetak 2 menit 07,348 detik pada hari pertama. Lap time-nya kemudian tak mengalami peningkatan dalam hari kedua, yakni 2 menit 07,720 detik.

Andi Gilang pun menuntaskan hari terakhir tes pramusim Moto3 Qatar dengan menghuni posisi ke-27 alias paling buncit. Dia terpaut hampir 3,5 detik dari rider tercepat Jaume Masia.

Meski begitu, menurutnya Waktu putarannya tidak mencerminkan potensi yang sebenarnya, dan Andi Gilang tetap merasa termotivasi untuk menunjukkan bagaimana ia bisa mendapatkan hasil bagus di Qatar

 

Diprotes Rival, Honda Tetap Minta Stefan Bradl Gantikan Marc Marquez

Test rider Honda Racing Corporation (HRC), Stefan Bradl, memastikan dirinya akan kembali jadi pengganti sementara Marc Marquez dalam MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada 26-28 Maret.

Marquez yang menjalani masa pemulihan patah tulang lengan atas kanan sejak Juli 2020, sepekan belakangan ini memang sudah berlatih dengan minibike dan motor RC213V-S di beberapa sirkuit. Namun, kedua program latihan ini ternyata belum cukup membuktikan fisiknya siap kembali balapan, walau respons klinisnya positif.

HRC pun mengumumkan bahwa Marquez dan tim medisnya yang ada di Hospital Ruber Internacional, Madrid, Spanyol, memutuskan mengambil langkah yang menurut mereka bijak, yakni tak langsung kembali berkompetisi akhir pekan ini di Qatar, demi menunggu konsolidasi tulangnya menjadi ideal.

HRC tak spesifik menyatakan bahwa Marquez juga akan absen dari MotoGP Doha pada 2-4 April, namun menyebut Marquez baru akan menjalani pemeriksaan medis selanjutnya pada 12 April. Meski begitu, Marquez dijadwalkan akan tetap hadir di Qatar pekan depan untuk menerima dosis vaksin Covid-19 kedua.

Uniknya, keputusan HRC meminta Bradl kembali jadi pengganti Marquez ini diambil di tengah protes dari tim-tim lain. Tim-tim ini menyuarakan rasa tak sreg mereka melihat Bradl menjabat peran test rider sembari balapan, layaknya pembalap pabrikan berkonsesi, seperti Aprilia.

Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, dan Team Principal Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, yakin HRC dapat keuntungan menurunkan Bradl balapan sepanjang 2020 sebagai pengganti Marquez sambil tetap menjalankan tugasnya sebagai test rider dan menjalani uji coba.

 

Tetap Ingin Punya 2 Tim Satelit, Ducati Negosiasi dengan VR46 dan Gresini

Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, menyebut pihaknya tetap ingin menurunkan dua tim satelit di MotoGP 2022, meski Esponsorama Racing menegaskan hengkang dari kelas para raja akhir musim nanti.

Selama ini, Ducati memang dikenal sebagai pabrikan dengan tim satelit terbanyak. Sampai tahun 2018, mereka bahkan punya empat tim satelit. Namun, Aspar Team mundur dari MotoGP pada akhir musim, dan kedua slotnya diambil alih oleh Petronas Yamaha SRT. Sejak 2019, Ducati pun menurunkan Pramac Racing dan Esponsorama Racing.

Sejak tahun lalu, Esponsorama sudah menyatakan juga akan mundur dari MotoGP pada akhir 2021, dan tahun ini mereka melebur dengan tim balap Valentino Rossi, Sky Racing VR46. Tim Rossi juga tak malu-malu lagi mengaku ingin turun sebagai tim utuh di MotoGP 2022, dan kemungkinan mengambil slot Esponsorama sangatlah besar.

Meski begitu, bukan rahasia lagi bahwa VR46 juga tengah melakukan negosiasi dengan Yamaha, yakni pabrikan di mana Rossi menjadi ikon perusahaan. Juga tak menutup kemungkinan tim ini akan jadi tim satelit Suzuki. Di lain sisi, Ciabatti juga menyatakan ada kemungkinan peran Esponsorama digantikan oleh Gresini Racing.

Pada akhir 2020, Gresini Racing resmi mengumumkan akan melepaskan diri dari struktur tim pabrikan Aprilia Racing, mengingat pabrikan asal Noale, Italia, itu bertekad menurunkan tim mandiri pada 2022. Ciabatti menyatakan negosiasi sudah berjalan, namun tersendat-sendat karena Fausto Gresini baru meninggal dunia akibat Covid-19.

Di lain sisi, Gresini juga tak menutup kemungkinan untuk menjadi tim satelit Aprilia Racing pada 2022, dan semua keputusan ada di tangan Keluarga Gresini dan Direktur Komersial Tim, Carlo Merlini. Namun, yang jelas, Ciabatti akan terus mengamati pergerakan ‘pasar’ tim satelit, termasuk langkah apa yang akan dilakukan Suzuki.

 

Merasa Cukup Kuat, Valentino Rossi Bisa Bersaing di Losail

Menyongsong musim ke-26 nya sebagai pembalap Grand Prix bersama tim baru Petronas Yamaha, Valentino Rossi bertekad bangkit dari musim yang buruk. The Doctor berada di posisi ke-15 klasemen setelah hanya meraih satu podium, dan absen di dua balapan akibat COVID-19.

Perjalanan The Doctor di musim 2021 dimulai akhir pekan ini, dengan dua balapan di Sirkuit Losail, Qatar. Dan berkaca dari tes pra-musim pekan lalu, pembalap 42 tahun itu yakin bisa bersaing.

Memang, Rossi mengawali tes dengan tidak ideal setelah hanya menempati posisi ke-19 di dua hari awal. Namun, pada tiga hari lanjutan ia menemukan kecepatan dengan YZR-M1 yang kini berkelir Petronas, dengan menyudahi tes di posisi ke-11, terpaut 0,8 detik dari rekor laptime tak resmi yang ditorehkan Jack Miller dari Ducati.

Kecepatan balapan lebih sulit untuk dinilai daripada biasanya setelah hari terakhir tes tidak relevan dengan kawasan trek terkena badai pasir, namun Rossi merasa dirinya berada dalam sekelompok besar pembalap dengan potensi podium dan ia merasa dan keseimbangan motornya bagus.

Share411Tweet257Pin93Scan
Previous Post

Mengenal Suzuka 8 Hours, Ajang Balap Legendaris yang Valentino Rossi Pernah Tolak

Next Post

Para Pembalap Moto2 yang Berpotensi Jadi Bintang MotoGP

Related Posts

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?
Analisa

Pengembangan Motor Yamaha M1 2024 di Misano Gagal Total ?

15 September 2023
Next Post
Para Pembalap Moto2 yang Berpotensi Jadi Bintang MotoGP

Para Pembalap Moto2 yang Berpotensi Jadi Bintang MotoGP

BERITA MOTOGP 26 MARET

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023

Sirkuit Laguna Seca dan Tikungan Corkscrew yang Legendaris

17 Februari 2020
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022

Tim Nastro Azzurro Honda nya Valentino Rossi Sebenarnya Tim Satelit atau Pabrikan ?

9 Juni 2020
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In