Subscribe
Starting Grid
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1
No Result
View All Result
Starting Grid
Home Analisa

Siapa yang Paling Tertekan Dalam Mengahadapi Musim Balap 2021 ?

Siapa yang Paling Tertekan Dalam Mengahadapi Musim Balap 2021 ?

Dika Cielers by Dika Cielers
14 Januari 2021
in Analisa, Inside GP, MotoGP, Opini
Reading Time: 5 mins read
320 3
0
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Musim MotoGP 2020 bisa dibilang musim yang luar biasa dan diakhiri dengan juara dunia baru. Untuk musim 2021 bakal ada banyak pembalap yang akan berada di tim baru

Pembalap pembalap yang pindah tim ini pastinya akan menghadapi musim balap 2021 dengan tekanan besar, begitu juga dengan tim tim yang tahun lalu telah memperlihatkan hasil yang impresif maupun yang mengecewakan

Mari kita lihat siapa saja yang paling harus membuktikan diri di tahun ini

  • Yang pertama KTM

 

Musim 2020 tidak diragukan lagi merupakan musim yang luar biasa bagi KTM, karena berhasil menjadi tim papan atas di MotoGP setelah empat musim berkompetisi di kejuaran balap motor paling bergengsi ini. KTM berhasil meraih 3 kemenangannya di Brno, Red Bull Ring dan Portimao dengan pembalapnya Brad Binder dan Miguel Oliveira

Bagaimanapun, kesuksesan ini akan membawa tekanan lebih, dan performa apik tahun lalu telah menciptakan beban berat bagi KTM

Beban KTM adalah untuk memastikan KTM bisa tampil lebih baik di 2021 dan bisa memperebutkan titel gelar dunia

Tekanan macam ini juga datang dari dalam tubuh KTM sendiri. CEO KTM Stefan Pierer merupakan orang yang mempunyai motivasi tinggi dan sekarang mereka telah menunjukan bahwa KTM mampu untuk melakukan itu.

 

  • Kemudian ada Pol Espargaro

 

Peningkatan yang ditunjukan oleh Takaaki Nakagami dan Alex Marquez sepanjang tahun 2020 mempunyai arti bahwa memprioritaskan Pol Espargaro dalam membantunya beradaptasi dengan motor Honda tidak lagi semudah yang dibayangkan sebelumnya.

Dan dengan telah dilakukannya operasi ketiga Marc Marquez berarti dia tidak akan fit sepenuhnya untuk memulai musim balap tahun ini. Sebenarnya ini kesempatan bagus bagi Pol Espargaro untuk mengembalikan motor tim Repsol Honda bisa bertarung di barisan depan, meskipun ini akan menjadi beban berat bagi Espargaro

Namun tampaknya ini bukan masalah. Espargaro tahu dia datang ke Honda untuk mengemban peran penting ini di Honda. Dia sudah terbiasa mengendarai motor KTM dan motor KTM sudah berulang kali sering dibanding bandingkan dengan Honda RC213V

 

  • Berikutnya Andrea Dovizioso

 

Strategi Andrea Dovizioso untuk cuti dari musim balap 2021 setelah tidak bisa menemukan tim yang kompetitif memang terlihat sangat beresiko. Rasanya sulit melihat ambisi Dovizioso untuk kembali ke MotoGP di tahun 2022 akan berjalan lebih mudah baginya karena cuti yang dilakukannya ini

Setelah tidak lagi mendapat kursi di Ducati dan menolak tawaran KTM dan Aprilia, sekaligus kesempatan menjadi test rider bagi Honda, kesempatan terbaik bagi Dovizioso untuk kembali kompetitif lagi adalah di tahun ini

Ini tentu menjadi tahun yang tidak mengenakkan bagi Dovizioso bila hanya bisa menunggu tawaran datang padanya untuk kembali membalap di tahun ini

 

  • Selanjutnya ada pembalap tim pabrikan Ducati

 

Jack Miller dan Francesco Bagnaia bisa dibilang line up pembalap MotoGP yang unik. Miller diketahui hanya punya kontrak 1 tahun dengan opsi perpanjangan 1 tahun, sementara Bagnaia dikabarkan setuju dengan kontrak dengan durasi 2 tahun. Situasi yang cukup jarang di MotoGP

Ini juga menunjukan bahwa Ducati tidak 100% yakin  dengan kontrak jangka panjang bagi para pembalapnya ini sebagai solusi dalam mendapatkan gelar juara dunia yang sudah lama hilang

Meskipun Jack Miller adalah pembalap terbaik dan tercepat Ducati di 2020, namun belum pernah menang dengan motor Desmosedici, sementara penampilan Bagnaia di akhir musim cukup jelek meski di awal musim dia cukup impresif

Kedua pembalap ini juga mendapat tekanan dari pengganti mereka di Pramac, yaitu kembalinya performa Zarco yang mulai meningkat dan pembalap rookie berbakat Jorge Martin yang siap menggantikan mereka bila tak tampil baik di tim pabrikan

 

  • Lalu ada Johann Zarco

 

Jika Jorge Martin gagal mengalahkan salah satu dari duo pembalap Ducati pabrikan di tahun ini maka dia pasti akan diberikan kesempatan lagi tahun depan. Tahun ini bukanlah tahun penentuan bagi karirnya di MotoGP. Namun bagi rekan setimnya, ini beda cerita

Zarco melakukan kesalahan besar di 2019 dan harus merasakan konsekuensinya. Karir MotoGPnya yang awalnya cerah hampir tamat saat dia dan KTM harus berpisah

Untungnya dia mendapatkan kesempatan di Ducati untuk membuktikan bahwa dia belum habis dan menunjukan bahwa dia masih memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan di kelas MotoGP ini

Tapi juga tidak bisa dibantah bahwa dia sudah berumur 30 tahun, karena dia datang ke MotoGP cukup terlambat

 

  • Selanjutnya Aprilia

 

Musim balap 2020 adalah bencana besar bagi Aprilia, karena di tahun lalu Aprilia benar benar gagal dalam memanfaatkan motor RS-GP yang sepenuhnya baru dan mesin yang dikonfigurasi ulang total. Yang mana motor Aprilia sebenarnya cukup menjanjikan di tes pra musim tapi hasil yang diraih dalam balapan sangat mengecewakan

Walaupun motor baru ini cukup ada kemajuan yang membuat Aleix Espargaro menunda untuk pensiun dan kembali memperpanjang kontrak 2 tahun. Keluhan besar datang dari Aprilia akibat dari penundaan dan dipersempitnya jadwal balapan di 2020 yang membuat pengembangan motor RS-GP 2020 terganggu

Meski begitu dengan data satu musim penuh yang bisa dianalisa sepanjang musim dingin tahun ini dan 9 hari uji coba sebelum dimulai balapan di Qatar, alasan ini seharusnya tidak muncul lagi tahun ini

Secara teori ini akan memberikan Aprilia kesempatan untuk belajar dari musim 2020, dengan menyempurnakan strategi pengembangan elektroniknya dan memulai musim balap dengan lebih baik

 

  • Berikutnya Valentino Rossi

 

Jelas tidak ada yang bisa merusak posisi Valentino Rossi sebagai legenda MotoGP, tetapi setelah musim 2020 yang merupakan musim terburuknya di kelas utama, sangat penting baginya untuk menemukan kembali performa terbaiknya di awal tahun ini, jangan sampai ada kesan bahwa dia terjebak terlalu lama dalam performanya yang menurun ini.

Memang, motor Yamaha 2020 ini masih jauh dari sempurna, dan juga penampilan Rossi sempat terganggu dengan covid 19, tapi tak bisa dipungkiri perolehan poin Rossi sangat jauh dari rekan sesama pembalap Yamaha

Musim 2021 ini bukan berarti dia harus bisa bertarung memperebutkan gelar dunia dengan tim barunya Petronas SRT, tapi raihan podium MotoGP seharusnya jadi target minimumnya dan kemenangan ke 90 nya akan sangat mewarnai akhir karir Valentino Rossi

 

  • Selanjutnya Yamaha

 

Masalah Yamaha kembali muncul di tahun lalu yaitu kecepatan Yamaha M1 yang menjadi titik paling lemah. Ditambah lagi, motor dengan spesifikasi lebih tua tampaknya lebih unggul di beberapa aspek ketimbang motor versi 2020

Pembalap yang seharusnya memberikan kebanggaan bagi Yamaha yaitu Maverick Vinales juga kembali tampil dengan kebingungan soal masalah performa motor Yamaha ini

Tahun ini pengembangan mesin sedang dibekukan. Bila Dengan hadirnya test rider baru Yamaha Cal Crutchlow dan masuknya Fabio Quartararo ke dalam tim pabrikan di 2021 tetap tidak memberikan kemajuan bagi Yamaha dalam memperebutkan gelar dunia, maka petinggi Yamaha MotoGP pasti akan mempertimbangkan terjadinya perubahan besar pada tim Yamaha

 

  • Kemudian yang terakhir adalah Dorna

 

Dorna telah melakukan pekerjaan yang bagus di tahun 2020 dengan menjalankan seri balapan hampir satu musim penuh meskipun banyak rintangan yang menghadang akibat pademi virus corona

Dengan ditundanya balapan hingga Juli, membuat  Dorna harus memastikan seri balapan hanya digelar sebanyak 14 seri sampai akhir tahun lalu. Berkat jumlah seri balap yang terpaksa dikecilkan seperti itu memungkinkan kita menikmati salah satu kejuaran balap paling kompetitif yang akan selalu diingat

Bagaimanapun ini berarti bahwa tekanan untuk menjamin gelaran MotoGP 2021 bisa berjalan lebih lancar dan lebih baik dari tahun lalu

Ini bukanlah tugas yang mudah bila pandemi virus corona masih terus merajalela di seluruh dunia. karena adanya tambahan seri balap di luar eropa dan banyak permintaan dari tim MotoGP untuk memastikan bahwa kalender balap final untuk segera ditetapkan

Timbul juga pertanyaan akan seperti apa nantinya MotoGP 2021 saat vaksin mulai diberikan. Tim tim di MotoGP butuh tamu yang datang di paddock dalam rangka untuk menyenangkan para sponsor, dan awak media butuh akses masuk ke pitlane agar bisa melaporkan jalannya balapan dengan baik

Dorna harus mengatasi masalah masalah ini lebih cepat dan lebih baik kelak

Share410Tweet256Pin92Scan
Previous Post

Berita MotoGP 7 Januari

Next Post

Berita MotoGP 15 JANUARI

Related Posts

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang
Analisa

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.
Story

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.
Inside GP

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab
Story

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023
Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike
Analisa

Inilah Alasan Kenapa MotoGP era 800cc Masih Lebih Cepat Daripada Superbike

29 September 2023
Next Post

Berita MotoGP 15 JANUARI

Mengenal Homologasi dan Urgensinya dalam Dunia Balap

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

Bermesin Hanya 1600cc, Kenapa Mobil F1 bisa menghasilkan 1000 Horse Power ?

23 Oktober 2022
Menguak Sejarah Penggunaan Brake Lever Protector Dan Fungsi Vitalnya Di MotoGP

Mengupas Tuntas Siapakah The Rain Master Terhebat Di MotoGP

5 Mei 2023
Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

Sirkuit Bersejarah Di MotoGP Yang Kini Tidak Dipakai Lagi (Part 1)

13 Februari 2022

MotoGP Vs Kawasaki H2R! Bisakah MotoGP Kalahkan Kehebatan H2R? Ini Analisanya!

4 Desember 2022
Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

Motor Honda RC213V 2024 Produk Gagal ?

14 September 2023
Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

Melihat Update Komponen Baru di MotoGP Jepang

2 Oktober 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Ini Dia Perpindahan Tim Pembalap Motogp yang Paling Besar Dampaknya Pada Kejuaraan

29 September 2023
Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

Fantastic 4, Empat Pembalap Terhebat di Motogp di Tahun 2000an.

29 September 2023
Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

Lebih Sulit Beradaptasi Ganti Merek Ban daripada Ganti Motor.

29 September 2023
Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

Colin Edwards, Rekan Setim Valentino Rossi yang Paling Akrab

29 September 2023

Popular

  • Kegagalan sebuah tim kaya.

    Kegagalan sebuah tim kaya.

    1761 shares
    Share 704 Tweet 440
  • Mengenal Arm Pump, Momok Menakutkan yang Banyak Dialami Para Pembalap MotoGP

    1304 shares
    Share 522 Tweet 326
  • Cerita Maverick Vinales Pernah Marah dan Mogok Balapan Saat di Moto3

    1093 shares
    Share 437 Tweet 273
  • Schumacher Yang Bukan Schumy.

    1061 shares
    Share 424 Tweet 265
  • Menelisik Sejarah Dan Keunikan Sirkuit Portimao Di MotoGP

    1059 shares
    Share 424 Tweet 265
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
FINIS

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • Story
  • Inside GP
  • Analisa
  • Teknologi
  • List
  • Formula 1

© 2021 StartingGrid.id - Informative MotoGP Blog.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In